5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana?

Kamu termasuk tipe gamer yang mana nih?

5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana?

Tipe gamer yang ada di dunia ini banyak sekali dan tipe gamer merupakan hal yang umum di dalam dinamika industri games. Saya kali ini tertarik untuk membahas masalah tipe-tipe gamer ini. Mungkin dari beberapa tipe yang akan dibahas, kalian adalah salah satunya.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/29/lima-karakter-ctr-jarang-digunakan/" title="Ini 5 Karakter CTR yang Sebenarnya Kencang, tapi Jarang Digunakan!"]

Yuk, langsung saja kita bahas mengenai pembahasan tipe-tipe gamer:

[page_break no="1" title="Pemarah"]

5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana? Source: Brett Fish[/caption]

Tipe gamer yang pertama adalah gamer pemarah. Gamer dengan sifat pemarah merupakan yang paling sering kita temui. Bahkan, tipe yang satu ini merupakan tipe yang paling tidak asik apabila diajak main game multiplayer. Biasanya si gamer ini akan marah apabila game yang dirinya mainkan tidak sejalan dengan apa yang dipikirkannya.

Mulai dari bos yang sulit, puzzle yang sulit, ceritanya konyol, dan sebagainya. Namun yang paling sering adalah ketika bos, puzzle, atau musuh sulit, maka si gamer dengan tipe ini akan marah bahkan bisa sampai membanting-banting gaming gear-nya.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/29/game-terburuk-2017/" title="Game Terburuk Tahun 2017, Game Apa Saja ya Kira-Kira?"]

Gamer tipe ini juga menjadi yang paling tidak asik bila diajak main bareng contohnya seperti main bareng DOTA 2Pro Evolution Soccer, atau FIFA. Bila bermain DOTA 2gamer tipe ini akan menyalahkan teman apabila timnya kalah dan akan menyalahkan tim yang digunakannya bila sedang bermain game bola virtual seperti PES atau FIFA.

Ngomong-ngomong soal tipe gamer pemarah, saya jadi ingat salah satu rekan saya yang hobinya marah-marah bila dirinya kalah main PES. Padahal, bila bermain marah-marah justru itu akan membuat dia semakin terpuruk, hahaha.

Bahkan bukan hanya gamer biasa saja lho, karena ada juga beberapa atlet eSport yang ternyata memiliki hobi marah ketika bermain game, bahkan menyalahkan rekannya hingga akhirnya timbul perpecahan.

[page_break no="2" title="Tipe Gak Mau Ribet"]

5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana?

Tipe yang kedua adalah gamer yang tidak mau ribet. Ya, tipe gamer yang satu ini memang selalu menaruh game pada fitrahnya yakni sebagai tempat untuk membuang rasa stres dan juga sebagai hiburan. Gamer tipe ini biasanya memainkan game dengan lawan paling mudah dan tentu saja, cheat! hahaha.

Gamer yang seperti ini bukannya tidak mau menyelesaikan game dengan cara semestinya, namun gamer yang seperti ini hanya ingin santai dalam bermain game. Oiya, yang seperti ini biasanya tidak suka dengan game-game horor karena menurutnya game seperti itu bukanlah game yang bisa enjoy.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/28/game-balapan-keren-ps1/" title="Ini Dia 5 Game Balapan Keren di Playstation yang Sudah Terlupakan!"]

Bicara soal tipe gamer yang satu ini, ada salah satu rekan kantor saya yang seperti ini. Dirinya hanya mengoleksi game-game kasual seperti The Sims, harvest moon, ABZU, dan Journey. Dirinya mengatakan tidak butuh tantangan, apalagi bermain game horor, menurutnya itu tidak mengenakkan.

Jangankan game horor, gamer seperti ini pun menganggap The Witcher atau Assassin's Creed merupakan game yang pantang dimainkan. Alasannya hanya satu karena game ini menuntut kita untuk berpikir keras! Oiya, biasanya gamer tipe ini juga akan menggunakan cheat atau trainer dari awal permainan demi bisa menikmati game yang sedang dimainkan, lho!

Nah, di halaman selanjutnya ada tipe-tipe gamer yang seperti apalagi ya? Yuk Simak langsung!

[page_break no="3" title="Butuh Tantangan"]

5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana?

Gamer yang satu ini bisa dibilang merupakan gamer yang rajin, kenapa demikian? Karena gamer model seperti ini tidak akan memainkan game dengan tantangan paling mudah atau menengah. Gamer seperti ini selalu ingin memainkan game di level tersulit demi menemukan sensasi yang asyik.

Saya sendiri punya teman yang seperti ini dan suatu hari saya bertanya alasannya memainkan game dengan tingkat paling sulit dan dirinya menjawab, "kalo main game di level permainan yang gampang atau medium, mana bisa gue nikmatin itu game," begitu tuturnya.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/28/rpg-terbaik-2017/" title="Game RPG Terbaik 2017: AC Origins, NieR: Automata, dan Lainnya!"]

Bahkan biasa gamer seperti ini akan lebih mudah beradaptasi bermain game online yang notabene keras, butuh konsistensi tinggi, dan punya harga equip yang mahal. Buat teman saya tadi, game online adalah game yang sama seperti halnya game biasa.

Bahkan ketika era Dragon Nest Indonesia berjaya, dengan mudahnya dia bisa mengumpulkan uang banyak, mendapatkan berbagai equip keren dari event, dan juga punya equip yang tergolong tinggi kala itu. Itu semua didapatkannya tanpa uang real atau beli cash sama sekali.

Disamping itu, biasanya gamer model seperti ini sangat senang dengan game berbau strategi ataupun yang menantang secara mental, misalnya saja game horor yang luar biasa seram seperti Outlast. Untuk tipe gamer yang satu ini, bolehlah kalian tiru kegigihannya, guys.

[page_break no="4" title="Gamer yang Hobinya Beli Game Doang"]

5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana?

Gamer selanjutnya adalah game yang memiliki tipe hanya membeli sebuah game namun jarang sekali memainkan game yang telah dibelinya. Biasanya yang melakukan ini adalah gamer yang punya alasan untuk mengoleksi atau gamer yang kerja serta memiliki aktivitas padat.

Saya pribadi bisa dibilang gamer tipe ini karena saya sering membeli namun sangat jarang memainkannya. Bahkan, The Witcher 3Wildhunt yang telah saya beli beberapa tahun yang lalu pun belum tamat-tamat hingga saat ini.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/27/fakta-reptile-mortal-kombat/" title="Fakta-Fakta Reptile Mortal Kombat: Mulai dari Usianya yang Tua hingga Desainnya yang Unik!"]

Selain The Witcher 3, banyak sekali game yang belum saya tamatkan, yakni Assassin's Creed: Syndicate, Grand Theft Auto V, Rise of Tomb Raider, dan Batman Arkham Knight. Sisanya masih banyak sekali di library yang perlu ditamatkan. Selain saya sendiri, ada banyak gamer yang seperti ini. Namun seperti yang telah disebutkan, faktor pekerjaan merupakan yang paling menyita waktu sehingga game yang telah dibeli tadi urung dimainkan.

Oiya, saya hampir lupa. Selain faktor waktu tadi, si gamer juga hanya membeli game ini sebagai benchmark kemampuan PCnya. Tentu saja pada umumnya yang melakukan ini adalah orang-orang yang selalu menggunakan PC sebagai alat untuk bermain game karena konsol sendiri pada dasarnya selalu bisa memainkan game apapun kan?

[page_break no="5" title="Gamer yang Lapang Dada"]

5 Tipe-Tipe Gamer yang ada di Dunia ini, Kalian yang Mana? Source: Barkkley[/caption]

Gamer selanjutnya adalah gamer yang lapang dada. Biasanya gamer modelan seperti ini bermain game bersama teman hanya untuk asyik-asyikan saja dan tidak berambisi untuk memenangi apapun. Bahkan ketika menang, gamer tipe ini akan diam dan tidak lebay mengejek rekan-rekannya.

Begitupun saat kalah, gamer yang satu ini akan lapang dada menerima ejekan dari rekan-rekannya dan meskipun kalah terus, si gamer ini tetap akan meladeni tantangan rekannya. Hal ini jelas wajar karena sudah seperti yang dibilang tadi bahwa gamer seperti ini tidak punya ambisi apapun.

Yang menjadi tipe gamer ini biasanya hanyalah seorang yang tidak menyukai game atau umumnya menyukai game-game tertentu saja. Di tempat saya kuliah dulu, banyak sekali yang seperti ini.


Nah, mungkin itulah lima tipe gamer yang ada saat ini dan sebenarnya ada lagi tipe-tipe gamer di luar tipe di atas. Dari lima tipe ini, mana ya yang tipe kalian banget?

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU