Bisakah Angel Menciptakan Dragon Ball?

Dengan seluruh kekuatan yang dimilikinya, banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh para Angel dalam Dragon Ball Super. Tapi, bisakah mereka menciptakan Dragon Ball?

Bisakah Angel Menciptakan Dragon Ball?

Angel atau malaikat adalah salah satu makhluk terkuat dalam Dragon Ball Super. Angel seperti Whis dan Vados memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan sama sekali: mereka jadi penjaga dan pengawas para dewa kehancuran, dapat berteleportasi antar Universe, dan bahkan menghidupkan kembali orang mati seperti yang terlihat ketika Whis menghidupkan kembali Frieza!

Nah, kekuatan yang terakhir ini, menghidupkan kembali orang mati, membuat saya berpikir: bisakah Angel menciptakan Dragon Ball layaknya manusia Namek? Karena sejauh ini Whis menunjukkan segala hal yang bisa dilakukan oleh Dragon Ball—sementara kemampuan Dragon Ball hanya dibatasi oleh kemampuan penciptanya. Dengan kata lain, kemampuan Dragon Ball sama dengan kemampuan penciptanya.

Sayangnya, dalam seri Dragon Ball, tidak disebutkan bagaimana cara menciptakan Dragon Ball. Sejauh ini, yang dikonfirmasikan hanya material apa yang digunakan oleh bangsa Namek untuk menciptakan Dragon Ball. Tetapi, ada satu petunjuk mengenai bagaimana cara menciptakan Dragon Ball: menggunakan sihir.

Dalam seri Dragon Ball—termasuk Dragon Ball Super—terdapat konsep kekuatan yang sangat jarang dibahas atau ditelurusi secara mendalam layaknya Ki. Akan tetapi, konsep kekuatan ini sering sekali ditampilkan dan digunakan oleh beberapa karakter: sihir.

Jika Ki lebih diasosiasikan dengan kekuatan fisik seseorang, maka sihir berada pada dimensi yang benar-benar berbeda. Sihir, setidaknya dalam Dragon Ball, tidak dipengaruhi oleh kekuatan fisik seseorang. Contohnya seperti Babidy yang bisa mengontrol pikiran Dabura dan bahkan Vegeta yang jelas-jelas jauh lebih kuat daripada dirinya.

Bisakah Angel Menciptakan Dragon Ball?

Nah, sebelumnya, sudah saya sebutkan bahwa kekuatan sihir ini sering sekali ditampilkan dan digunakan oleh beberapa karakter. Sihir Babidy adalah salah satu contohnya. Contoh lain adalah sihir yang digunakan oleh bangsa Namek untuk menciptakan baju (seperti Piccolo memberikan baju kepada Gohan) atau bahkan Buu yang menggunakan sihir (diimbuhi dengan ki) untuk mengubah manusia menjadi coklat.

Dari contoh-contoh di atas, kita bisa tahu bahwa kekuatan sihir itu “ada” dalam dunia Dragon Ball. Dan kekuatan sihir ini memiliki bentuk dan kegunaan yang bisa dibilang abstrak serta berbanding terbaik dengan ki yang lebih destruktif. Lalu, bangsa Namek sendiri dikenal sebagai bangsa yang bisa menggunakan sihir.

Kesimpulannya, bisa dibilang bahwa bangsa Namek menggunakan sihir untuk menciptakan Dragon ball. Walaupun begitu, perlu diingat bahwa tidak semua manusia Namek bisa menggunakan sihir. Contohnya saja seperti Nail yang merupakan Warrior Type tidak bisa menggunakan sihir.

Lantas, kembali lagi ke pertanyaan awal: bisakah Angel menciptakan Dragon Ball? Lanjut ke halaman 2!

Dalam Dragon Ball Super, Angel atau malaikat memiliki beberapa kemampuan yang bisa dibilang termasuk dalam kategori sihir. Misalnya saja, seperti mengembalikan waktu, teleportasi antar universe (yang tentunya berbeda dengan instant transmission milik Goku), dan… menghidupkan kembali orang yang telah mati.

Bisakah Angel Menciptakan Dragon Ball?

Meskipun tidak disebutkan secara gamblang, tetapi semua kemampuan tersebut dilakukan tanpa menggunakan Ki sama sekali. Dengan kata lain, Angel juga termasuk makhluk/deity yang bisa menggunakan sihir dalam dunia Dragon Ball. Dan jika teori bahwa Dragon Ball diciptakan menggunakan sihir ini benar, maka jawabannya adalah: Ya, Angel bisa menciptakan Dragon Ball layaknya manusia Namek.

Tentu saja, Angel tidak hanya harus menggunakan sihir untuk menciptakan Dragon Ball begitu saja. Mereka membutuhkan material yang dibutuhkan untuk menciptakan Dragon Ball. Sejauh ini, semua Dragon Ball yang diciptakan oleh manusia Namek menggunakan serpihan-serpihan dari Super Dragon Ball buatan Zamara. Sayangnya, kita tidak tahu material apa yang digunakan oleh Zamara untuk menciptakan Dragon Ball.

Jadi, jika ingin menciptakan Dragon Ball buatan mereka sendiri, para Angel setidaknya harus menggunakan serpihan dari Super Dragon Ball. Dan jika mereka berhasil membuatnya, bisa dibilang Dragon Ball buatan para Angel ini bakalan lebih hebat daripada yang dibuat oleh manusia Namek karena para Angel ini berada di tingkatan yang lebih tinggi daripada manusia Namek yang dianggap sebagai dewa.

Tentu saja, bisakah Angel menciptakan Dragon Ball atau tidak masih menjadi sebuah tanda tanya besar. Teori ini tentunya belum tentu benar 100%–bisa benar dan bisa juga salah. Menurutmu sendiri, bisakah Angel menciptakan Dragon Ball? Yuk, share artikel ini dan diskusikan di kolom komentar dengan fans Dragon Ball lainnya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU