Waduh, Pengembang PUBG Tuntut NetEase atas PUBG Tiruan!

Setelah sekian lama, PUBG Corp akhirnya mengajukan tuntutan mereka!

Waduh, Pengembang PUBG Tuntut NetEase atas PUBG Tiruan!

Dengan dirilisnya PUBG Mobile, cepat atau lambat pengembang PUBG sendiri akan menyapu rata game PUBG tiruan yang berseliweran. Dan benar saja, belum lama ini PUBG Corp tuntun NetEase atas game battle royale mereka yang disebut-sebut meniru PUBG!

Sebelum PUBG Mobile dirilis menuju ponsel pintar, terdapat beberapa alternatif yang dapat para gamer mainkan. Sebut saja Rules of Survival, Knives Out atau bahkan Free Fire Battlegrounds yang menghadirkan mekanika permainan yang mirip.

Segala aspek yang terdapat pada game tersebut memiliki kemiripan yang sangat identik dengan PlayerUnknown's Battleground yang merupakan pencetus game battle royale saat ini. Diturunkan melalui pesawat angkut, pemain memiliki waktu yang tidak banyak untuk bertahan diri.

Mekanika seperti lingkaran yang mengecil, pemain yang dapat memilih lokasi terjun hingga obyektif permainan yang sama cepat atau lambat pasti akan dituntut oleh pengembang PUBG sendiri.

Senin lalu, PUBG Corp mengajukan tuntutan menuju NetEase selaku publisher dari negeri tirai bambu. Tuntutan tersebut berisikan mengenai pelanggaran hak cipta terutama pada dua game milik NetEase, yaitu Rules of Survival dan Knives Out.

Melalui laporan tersebut, PUBG Corp memaparkan perbandingan PUBG dengan kedua game tersebut, bahkan hingga detil-detil lainnya seperti penggunaan senjata frying pan maupun area gudang sekalipun! Tidak lupa juga, tampilan peta pada Rules of Survival juga ikut dituntut. Waduh?!

Waduh, Pengembang PUBG Tuntut NetEase atas PUBG Tiruan!

Permasalahan tiru-meniru ini sudah menjadi permasalahan yang terjadi dari masa yang lalu. Sudah tidak heran apabila ada pengembang yang dengan sengaja memplagiat satu game untuk dibawakan ke dalam platform lain, terutama untuk pangsa ponsel pintar.

Dengan PUBG Mobile yang belum lama ini dirilis oleh Tencent, pengembang tentu saja tidak ingin melihat adanya PUBG tiruan yang tersebar, apalagi mengingat salah satu game tersebut, Rules of Survival, sangat ramai dimainkan oleh para pemilik ponsel pintar. Tentunya akan sangat wajar apabila pengembang PUBG sendiri ingin melindungi hak ciptanya.

PUBG Mobile saat ini sudah bisa kalian mainkan pada android maupun iOS tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU