Selain Karma, Inilah 5 Acara Misteri yang Sempat Populer di Televisi

Anak 2000-an pasti hafal banget acara-acara uji nyali ini!

Selain Karma, Inilah 5 Acara Misteri yang Sempat Populer di Televisi

Sebagai salah satu genre yang cukup diminati masyarakat, televisi Indonesia tak pernah kehabisan tayangan seputar dunia mistis. Acara terbaru tentu saja Karma ANTV yang sering menjadi buah bibir di media sosial.

Reality show yang dipandu oleh Robby Purba ini sukses menarik perhatian penonton. Terlebih dengan kahadiran sosok Roy Kiyoshi yang disebut-sebut sebagai indigo dan bisa menerawang masa depan serta kepribadian seseorang.

Karma tentu bukan satu-satunya acara misteri yang pernah tayang di televisi Indonesia. Jauh sebelum itu, acara misteri sudah menjadi tren di awal tahun 2000-an. Nah acara apakah saja itu? Simak daftarnya di sini!

Bagi penggemar acara-acara misteri, pastinya sudah tak asing dengan tayangan yang satu ini. Dipandu oleh Hari Panca, Dunia Lain menjadi acara misteri fenomenal yang kerap menyajikan unsur-unsur horor yang membuat bulu kuduk merinding.

Pada beberapa episode, uji nyali dilakukan secara live sehingga penonton dapat menyaksikan langsung apa yang sedang dialami oleh peserta uji nyali. Banyak peserta yang menyerah dan tak kuat menahan gangguan dari makhluk astral.

Salah satu episode yang paling terkenal adalah ketika Dunia Lain mengadakan uji nyali di lawang sewu. Pada saat uji nyali, sebuah bayangan yang menyerupai kuntilanak tertangkap kamera dengan jelas. Video penampakan tersebut sempat heboh di dunia maya.

Jika Amerika punya Ghostbusters, maka Indonesia memiliki tim Pemburu Hantu yang dipimpin oleh ustaz Soleh Pati. Tim Pemburu Hantu biasanya mengenakan baju serba putih lalu mendatangi tempat-tempat yang konon memiliki banyak makhluk astral yang sering mengganggu. Makhluk-makhluk astral ini kemudian akan ditangkap dan dimasukkan ke dalam sebuah botol.

Tak cuma sampai di situ, aksi memburu hantu kemudian beralih ke ustaz Soleh Pati. Pria yang satu ini bisa berkomunikasi dengan makhluk astral, bahkan ustaz Soleh Pati pun bisa melukiskan wajah-wajah makhluk astral dengan mata ditutup.

Ya, mungkin Kamu pernah takjub dengan kemampuan ustaz Soleh Pati itu.

Acara misteri selanjutnya adalah Ekspedisi Alam Gaib. Beda dengan acara-acara misteri lain yang menonjolkan segmen uji nyali, di Ekspedisi Alam Gaib penonton akan diajak berekspedisi ke tempat-tempat yang konon sangat angker.

Para kru Ekspedisi Alam Gaib akan ditemani oleh penduduk sekitar, penjaga atau juru kunci, dan seorang paranormal untuk mengungkap keangkeran yang ada di daerah tersebut.

Tak jarang tempat-tempat yang telah didatangi tim Ekspedisi Alam Gaib kemudian dijadikan tempat syuting film-film horor.

Belum puas? Masih ada dua acara misteri yang sempat membuat bulu kuduk penonton merinding. Apa saja? Simak di halaman kedua!

Selain Karma, Inilah 5 Acara Misteri yang Sempat Populer di Televisi

Acara misteri yang satu ini juga enggak kalah legendaris. Dipandu oleh Leo Lumanto dan Arzeti Bilbina, Percaya Nggak Percaya menyajikan kisah-kisah misteri dan mengeksplorasi tempat-tempat yang diduga banyak penunggunya.

Salah satu kisah yang paling terkenal adalah tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di rumah angker wilayah Pondok Gede. Warga sekitar hanya menemukan gerobak dan bahan-bahan mentah yang belum sempat dimasak.

Kisah rumah pondok gede ini kemudian diangkat menjadi film layar lebar.

Masih ingat dengan istilah uka-uka? Kalau iya, berarti Kamu adalah penonton setia acara misteri Gentayangan. Uka-uka sendiri merupakan singkatan dari uji keberanian dan uji kebenaran. Jadi seorang peserta akan diuji di sebuah tempat angker dan membuktikan apakah memang benar ada makhluk astral di daerah tersebut.

Dipandu oleh Toro Margens dengan suara khasnya, Gentayangan menjadi salah satu acara paling populer di awal tahun 2000-an.


Nah mana acara misteri yang bikin Kamu merinding?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU