Kalian Wajib Tahu! Ini Game Pertama 5 Developer Besar

Game pertama adalah selalu menjadi yang paling istimewa!

Segala sesuatu pasti tidak akan datang langsung menjadi hal yang besar, termasuk perusahaan pembuat game. Mereka pasti akan terseok-seok di masa-masa awal dalam mengembangkan game dan pada akhirnya mereka mampu menjadi salah satu pemain besar di industri game. Sejatinya, ada beberapa developer besar yang mampu membuat beberapa game dengan kualitas terbaik dengan anggaran yang banyak dalam satu tahun. Tapi apakah kalian pernah tahu game pertama yang pernah dibuat oleh para developer besar ini?


CONTINUE READING BELOW

CORSAIR Luncurkan Pendingin CPU Berbasis Cairan! Hydro Series H60

Corsair, pemimpin pasar gaming periferal PC dan komponen enthusiast, meluncurkan anggota baru pendingin CPU berbasis cairan (liquid cooling), Hydro Series H60. 


Kali ini Duniaku.net sangat tertarik untuk membuat artikel soal game pertama yang dibuat oleh developer besar di dunia game. Artikel ini juga bisa menjadi napak tilas dan pengetahuan bahwa developer besar pun melakukan segalanya dari bawah. Yuk, sepertinya tanpa basa-basi yang terlalu panjang, langsung saja kita bahas mengenai game pertama developer besar yang ada di industri gaming saat ini.

1

Zombi - Ubisoft

Kalian sebagai gamer pasti tahu dong salah satu developer terbaik dan terbesar yang ada saat ini adalah Ubisoft. Ya, Ubisoft merupakan salah satu developer game ternama yang memiliki banyak studio game dan tersebar di seluruh dunia. Setahu saya, studio Ubisoft terdekat yang ada di kawasan Asia Tenggara adalah Studio Ubisoft di Singapura. Mungkin bila kalian sedang liburan ke sana bisa langsung mencoba main-main ke studi Ubisoft Singapura.

Kembali ke pembahasan, sebagai salah satu developer game terbesar, Ubisoft tentu memiliki berbagai macam franchise besar yang siap kalian nikmati seperti Far Cry atau Assassin’s Creed. Bicara soal game pertama developer besar, tentu saja Ubisoft memiliki game pertama mereka. Game pertama Ubisoft adalah ZombiYap, Zombi rilis pada tahun 1986 dan langsung di direct sendiri oleh Ubisoft selaku developer. Game ini didesain oleh seorang bernama Patrick Daher.

Di zaman dulu, game yang satu ini bisa dibilang sebagai sebuah game multiplatform karena dirilis di banyak platform seperti Amstrad CPC, Atari ST, Commodore 64, MS-DOS, dan ZX Spectrum. Game ini turut membuat industri gaming kala itu heboh dan berhasil mendapatkan berbagai macam review positif dari para kritikus game.

Game ini mengambil ide dari sebuah film bernama Dawn of the Dead besutan George A Romeo. Game yang satu ini akan memaksa kalian untuk memerankan sempat sosok protagonis yang harus bertahan hidup dari serangan zombie. Nah, bila kalian tertangkap oleh zombie tersebut dan bar HP kalian habis, maka orang yang tertangkap itu akan menjadi zombie untuk memangsa karakter yang tersisa. Untuk mengalahkan zombie tersebut kalian bisa menembaknya beberapa kali di bagian badan dan satu kali tembakan di bagian kepala.

2

Grand Theft Auto - Rockstar

Developer besar yang game pertamanya akan kita bahas adalah Rockstar. Ya, Rockstar merupakan sebuah developer yang bisa kita bilang sangat gila. Game yang satu ini punya terobosan-terobosan ciamik yang membuat kita mungkin akan geleng-geleng kepala. Terobosan unik ini bukan hanya dari segi gameplay, tapi semuanya! Bisa kita bilang, ketika kita memainkan game Rockstar, kita akan mengalami perbedaan yang siginfikan. Misalnya rasa antara GTA IV dengan GTA V sangat berbeda, meskipun sejatinya mereka sama-sama game GTA.

Itulah yang menjadi ciri khas Rockstar sejauh ini dan bagi kalian yang ngefans dengan developer yang satu ini, tentu kalian tahu dong apa game pertama yang dibesut oleh Rockstar sebagai sebuah developer? Bila tidak tahu, saya akan kasih jawabannya dan game pertama Rockstar adalah Grand Theft Auto atau kita sebut saja GTA.

Memang sebagai sebuah publisher, Rockstar sudah aktif di industri gaming sejak tahun 1999 di mana mereka bekerjasama dengan Edge of Reality selaku developer pembuat game untuk membuat Monster Truck Madness 64. Tapi kerjasama tersebut tidak berlangsung lama karena pada akhirnya Rockstar mencoba peruntungan baru dengan membuat game mereka sendiri di tahun yang sama yaitu GTA.

Game yang satu ini merupakan ide dari David Jones dan Mike Dailly. Game ini dibuat melalui tangan dingin Rockstar North untuk keseluruhan core gamenya. Sebagai sebuah game pertama dari Rockstar, GTA langsung mendapatkan popularitas yang baik dari gamer dan pada akhirnya game yang satu ini menjadi salah satu franchise paling langgeng dalam sejarah industri game. Nah, sudah tahu kan bahwa GTA merupakan game pertama developer besar?

Yuk, ada game apalagi ya yang dianggap sebagai game pertama developer besar? Langsung kita meluncur ke halaman selanjutnya guys!

Share this article

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!