Eksperimen Ini Beberkan Kuota Data yang Terpakai Buat Main Mobile Legends!

Ayo berapa kira-kira kamu ngabisin kuota selama sebulan buat Mobile Legends?

Eksperimen Ini Beberkan Kuota Data yang Terpakai Buat Main Mobile Legends!

Kamu pasti penasaran kan, berapakah mobile data yang terpakai buat main Mobile Legends? Apalagi kalau kuota kamu sedang sekarat, cukup gak ya buat main sekali dua kali? Di sini saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut!

Mobile Legends adalah game MOBA yang harus dimainkan secara online. Untuk itu, maka pemainnya harus terkoneksi secara terus-menerus dengan internet.

[duniaku_baca_juga]

Ada dua cara untuk terkoneksi ke internet ketika kamu bermain Mobile Legends di smartphone. Pertama adalah menggunakan wifi, lalu yang kedua adalah menggunakan mobile data dari penyedia jasa seluler seperti Telkomsel, Indosat Ooredo, Tri, XL, dan lain sebagainya.

Kalau kamu sedang memiliki akses wifi, mungkin kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota mobile data. Akan tetapi, koneksi wifi terkadang juga tidak bisa diandalkan, contohnya adalah di rumah saya. Saya lebih sering menggunakan mobile data ketimbang koneksi wifi.

Jika kamu sering bermain Mobile Legends menggunakan mobile data, tentu akan sangat membantu jika kamu tahu berapa banyak data yang dihabiskan ketika bermain Mobile Legends.

Kondisi dan cara penghitungan

Saya sendiri pada eksperimen ini menggunakan Telkomsel (Kartu Halo) sebagai penyedia layanan data seluler dengan lokasi Kramat Jati, Jakarta Timur. Di daerah ini ping dari koneksi saya cukup stabil pada warna hijau, walau terkadang ada momen-momen tertentu muncul warna kuning atau bahkan merah (lag).

Saya menghitung data yang terpakai melalui fitur yang ada di OS Android. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini dengan menuju Setting > SIM cards & mobile networks > Set data plan. Pada menu tersebut, aktifkan "Data usage notifications".

Sekarang, kamu sudah bisa melihat data yang terpakai setiap harinya pada status bar.

Eksperimen Ini Beberkan Kuota Data yang Terpakai Buat Main Mobile Legends! Kini jumlah data yang kamu gunakan setiap hari dan setiap bulan bisa diketahui.[/caption]

Menggunakan data yang muncul tersebut, saya membandingkan jumlah data awal sebelum saya bermain Mobile Legends dan setelahnya. Di sini saya hanya mencoba satu Classic Match Mobile Legends dengan durasi kurang dari 20 menit.

Untuk pengaturan network Mobile Legends sendiri saya memilih Speed Mode dalam kondisi on. Jadi secara umum akan memakan data lebih banyak dibandingkan jika Speed Mode dalam kondisi off.

Bagaimana hasilnya?

Eksperimen Ini Beberkan Kuota Data yang Terpakai Buat Main Mobile Legends!

Gambar di atas merupakan jumlah data awal yang terpakai sebelum saya bermain satu Classic Match Mobile Legends. Pada hari itu (16/3/2018), saya baru menggunakan mobile data sebanyak 15,72 MB.

Eksperimen Ini Beberkan Kuota Data yang Terpakai Buat Main Mobile Legends!

Gambar di atas menunjukkan jumlah data yang terpakai setelah saya bermain satu Classic Match Mobile Legends selama kurang dari 20 menit. Jumlah total data yang telah saya gunakan pada hari itu adalah 20,92 MB.

Jadi, jika dihitung selisih antara kondisi awal sebelum bermain Mobile Legends dan setelahnya, maka mobile data yang terpakai buat main Mobile Legends adalah:

20,92 MB - 15,72 MB = 5,2 MB


Itulah perikiraan mobile data yang habis untuk main satu pertandingan Mobile Legends yang berdurasi kurang lebih 20 menit. Jika kamu bermain lebih lama atau sebentar, tentu besar data yang diperlukan akan berubah sesuai durasi.

Jika kamu bermain 10 kali setiap harinya, maka perkiraan data yang habis adalah 52 MB. Kamu bermain 10 kali setiap hari selama 30 hari? maka data yang kamu gunakan adalah 1.569 MB atau 1,5 GB.

[read_more id="372139"]

Wah lumayan juga ya.

Menurut kamu, apakah 5,2 MB dalam jangka waktu 20 menit adalah angka yang wajar bagi sebuah game mobile online? Kira-kira berapa besar data yang kamu habiskan dalam sehari sehari?

Dipublikasikan pertama kali di Teknosaurus.com.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU