Gaming Makin Mantap! Android P dikabarkan dapat Dukungan Vulkan Graphics!

Hadirnya Vulkan Graphics untuk Android P akan meningkatkan performa pada sisi gaming!

Gaming Makin Mantap! Android P dikabarkan dapat Dukungan Vulkan Graphics!

Sebagai entri terbaru dari sistem operasi Android, versi terbaru yang disebut bernama Android P dikabarkan akan mendapatkan sejumlah fitur terbaru, salah satunya adalah dukungan Vulkan Graphics agar gaming semakin mantap!

 

Seri terbaru Android P yang sebelumnya diumumkan oleh Google pada Maret 7 kemarin merupakan versi terbaru dari sistem operasi Android yang populer. Sejumlah fitur-fitur terbaru untuk sistem operasi ini ditambahkan, terutama pada sisi tampilan.

Fitur terbaru seperti peningkatan tampilan pada layar notifikasi memberikan akses yang lebih intuitif bagi para pengguna. Disamping dengan fitur untuk menampilkan detil pesan dengan lebih menarik, beberapa aplikasi messenger mendapatkan fitur tambahan untuk memberikan balasan dengan sekali tekan.

Fitur menarik lainnya adalah fitur anti rotasi yang dapat diaktifkan melalui tombol rotasi yang berada pada system bar. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir layar akan berotasi secara tiba-tiba. Namun tentunya, ini bukanlah fitur yang menjadi pokok pembicaraan kali ini.

Jika kalian ingat dengan Vulkan Graphics, maka berita kali ini akan membahas seputar teknologi Vulkan yang akan mendorong performa gaming pada ponsel pintar android.

Dilansir melalui Digit, Android P dikabarkan akan menerima versi terbaru dari Vulkan yang diperkenalkan oleh Khronos Group. Terhitung dua tahun semenjak Vulkan diperkenalkan, Vulkan Graphics API 1.1 hadir sebagai versi terbaru yang membawakan peningkatan paling signifikan.

 

Versi terbaru dari Vulkan Graphics ini menghadirkan fitur yang disebut sebagai subgroup operation, di mana pembagian beban akan lebih dioptimalkan kepada GPU. Ditambah lagi, versi terbaru Vulkan memiliki dukungan untuk lebih dari satu GPU.

Ini artinya, performa saat bermain game di ponsel pintar android akan semakin optimal dengan tampilan grafis yang juga ditingkatkan. Peningkatan performa pada penggunaan aplikasi VR juga akan sangat bermanfaat, mengingat fitur VR saat ini semakin banyak digunakan dengan periferal seperti Google Cardboard.

Android P sendiri direncanakan akan dirilis pada Google I/O Developer Conference selanjutnya. Pengguna android masih memiliki waktu yang cukup panjang sebelum mereka bisa menyaksikan kemampuan Vulkan Graphics dalam menjalankan game-game terbaru.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU