Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana?

Ori atau bajakan? Mana yang Kamu pilih?

Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana?

Pilih original atau bajakan? Tentu saja hal ini akan menjadi pilihan berat bagi gamer. Beberapa gamer memiliki alasan kuat tersendiri mengapa mereka harus menggunakan produk original dan beberapa gamer lainnya juga punya alasan kuat untuk menggunakan produk bajakan.

Tentu hal ini tidak bisa disalahkan. Seperti halnya sebuah hal baik dan jahat, maka pertempuran antara original dengan bajakan pasti akan selalu ada. Kalo kata orang bijak, itu merupakan keseimbangan dunia di mana ada hal baik dan hal buruk.

Tapi kita kesampingkan itu dulu karena kali ini Duniaku.net akan membahas mengenai original atau bajakan, lebih tepatnya untuk mengetahui plus serta minus di antara kedua produk ini. Yang namanya pilihan, sudah pasti akan memiliki kekurangan serta kelebihan. Begitupun dengan pilihan antara menggunakan produk original atau bajakan.

Mungkin tanpa basa-basi yang terlalu panjang, kita langsung saja yuk bahas mengenai kekurangan dan kelebihan produk original dan bajakan. Artikel ini bisa dibilang akan menjadi solusi bagi kalian yang bingung memilih antara menggunakan produk original atau bajakan. Langsung saja kita bahas, cekidot!

Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana? Sumber: Steam[/caption]

Fitur Lengkap!

Pertama yang akan kita bahas adalah soal kelebihan dari menggunakan game original. Seperti yang telah kita ketahui, membeli produk original berarti membuat kita membeli produk legal fresh langsung dari sang developer. Karena hal ini kita tentu bisa mengakses segala fitur yang ada di dalam game tersebut tanpa ribet! Ribet di sini kita tidak perlu menggunakan crack atau keygen, atau semacamnya demi bisa menghidupkan fitur yang ada misalnya mode online.

Selain itu fitur yang tersedia dari game original lainnya adalah update produk yang bisa membuat kita mendapatkan produk ter-update dengan beragam file yang baru untuk mengatasi masalah di versi game sebelumnya. Selain itu, masih terkait masalah update, kita juga memiliki fitur untuk menurunkan versi file yang telah di-update ke versi file sebelumnya bila kita tidak sreg dengan update yang baru.

Semua fitur itu bisa dengan mudah kita akses dengan beberapa klik saja lho. Selain itu fitur yang tak kalah keren di versi original adalah adanya fitur multiplayer yang bisa kita akses dengan sangat mudah. Fitur multiplayer ini sangat keren karena kita bisa bermain online dengan banyak orang melalui sambungan internet. Ini membuat game tersebut tidak membosankan dalam waktu yang lama.

Membantu Untuk Stabilkan Keuangan

Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana? Sumber: Steam[/caption]

Salah satu hal positif yang bisa kalian dapatkan adalah bahwa game original mampu menstabilkan keuangan kalian. Alasan ini mungkin akan langsung membuat kalian menentukan pilihan di antara game original atau bajakan. Lantas, kenapa game original bisa membuat keuangan kalian stabil? Bukannya harganya lebih mahal? Bukankah DLC-nya juga mahal?

Memang tidak salah bila kalian bertanya mengenai hal ini, tapi dengan menggunakan game original, kalian tentu akan menabung untuk waktu yang lama (kecuali kalian anak sultan). Proses menabung yang lama inilah yang pada akhirnya melatih kalian untuk mengukuR pengeluaran dan pemasukan secara baiik. Selesai menabung, kalian akan memilih game, dan kemudian membelinya.

Karena kalian membeli game dari hasil susah payah, tentu kalian akan menyayangi game tersebut dan memainkannya hingga seluruh fitur yang ada di game tersebut atau achievement yang ada di game itu kalian tuntaskan.

Untuk melakukan itu kalian tentu butuh waktu yang lama. Hasilnya, dalam waktu satu tahun kalian hanya membeli beberapa game original. Bandingkan ketika menggunakan game bajakan, kalian membelinya dengan harga murah dan kemudian memainkannya tidak tuntas (hanya menamatkan storyline misalnya).

Bermain game original juga membuat kalian memilah-milah mana game yang layak dimainkan dan juga tidak layak dimainkan. Saya pernah membaca sebuah artikel bahwa pengeluaran gamer yang main game original lebih sedikit dari gamer yang main versi bajakan.

File yang Terjamin dari Virus

Game original tentu akan menjamin kalian terhindar dari virus karena memang developer telah menyusun file game tersebut dengan rapi dan sedemikian rupa. Selain itu platform kalian membeli game tersebut juga tentu memiliki proteksi tingkat tinggi untuk memastikan bahwa game tersebut tidak memiliki virus.

Antivirus juga tidak akan membaca file game tersebut sebagai sebuah virus ketika kalian melakukan scanning. Hal ini tentu merupakan hal yang baik dan praktis karena kalian tidak perlu khawatir file game kalian akan rusak atau terhapus oleh antivirus ketika kalian sedang melakukan scanning. Saat mengetahui hal ini, kalian pilih mana? Original atau bajakan?

Di halaman selanjutnya, kita akan bahas mengenai hal positif dari game bajakan guys.

Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana? Sumber: Steam[/caption]

Mudah dibawa ke mana-mana

Saat seorang gamer kebingungan memilih antara game original atau bajakan, mereka akan memikirkan hal ini bahwa game bajakan itu mudah dibawa ke mana-mana dan tidak ribet. Maklum, game bajakan telah melewati sedemikian rupa proses sehingga pada akhirnya game ini bisa dibawa tanpa harus menggunakan user nama atau yang lainnya.

Bahkan kita tidak perlu khawatir lupa password akun Steam kita misalnya, karena game bajakan tidak memerlukan hal ini. Selain itu game bajakan juga bisa digunakan dengan praktis, tinggal copy dan install kemudian kita bisa memainkan game ini lho. Berbeda dengan game original yang bisa dipindah ke PC tapi harus menggunakan akun yang sama untuk memainkan game tersebut.

Murah dan Terjangkau

Hal yang paling membuat game bajakan laris adalah bahwa game ini sangat murah dan terjangkau harganya. Seorang pelajar dengan uang saku yang tidak begitu banyak bisa menabung dalam waktu singkat untuk membeli game bajakan lho. Bila dibandingkan untuk membeli game original, si pelajar dengan uang saku terbatas ini harus menabung dengan waktu yang lebih banyak tentunya.

Bandingkan dengan uang yang sama ketika membeli sebuah game original seharga 500 ribu rupiah, berapa buah game bajakan yang bisa kita beli dengan uang sebanyak itu? Mungkin bisa lima hingga 10 game yang kita dapatkan guys dengan uang sebanyak itu. Harga terjangkau ini juga yang menjadi pertimbangan terbesar untuk gamer dengan uang yang tidak begitu banyak.

Nah, setelah ini kita akan membahas mengenai kekurangan dari game original atau bajakan! Cusss meluncur ke halaman selanjutnya.

Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana? Sumber: Steam[/caption]

Harganya Mahal

Mungkin bagi gamer dengan kondisi ekonomi yang tidak begitu banyak mengeluhkan mengapa game original harganya mahal dan bagi mereka hal ini menjadi kekurangan tersendiri. Memang harus diakui, sebuah game original terkadang memiliki harga yang luar biasa. Seperti kita ketahui, The Evil Within 2 dirilis dengan harga yang terhitung mahal yakni 799 ribu rupiah.

Bagi pelajar atau orang yang belum bekerja, hal ini tentu menjadi momok menakutkan. Bahkan bagi yang sudah kerja pun, uang sebesar 799 ribu rupiah hanya untuk video game adalah hal yang mahal. Untuk mengakalinya, tentu kita akan menabung dengan waktu yang sangat lama sampai terkumpul uang sebesar itu.

Tapi untuk saat ini, mahalnya game original meski masih jadi kekurangan, tapi bukan lagi hal yang harus ditakutkan. Beberapa developer atau portal untuk membeli game original kadang memberlakukan sistem diskon yang cukup membantu dan membuat harga sebuah game original menjadi lebih murah.

Banyaknya fitur-fitur berbayar

Sebagai gamer tentu saja kita mengeluarkan uang yang tidak sedikit ketika membeli game original. Tapi terkadang, ada beberapa developer yang keterlaluan karena banyak menelurkan fitur berbayar dalam game tersebut. Hasilnya, kita akan mengalami keterbatasan yang cukup signifikan. Hal seperti ini terjadi di game Need for Speed: Payback yang membuat game tersebut mendapatkan kecaman.

Selain itu terkadang ada beberapa developer yang menjadikan DLC sebagai alat untuk mendapatkan uang dari gamer. Hal seperti ini harus diakui menjadi kekurangan dari game-game original sehingga pada akhirnya ada gamer yang pindah ke versi bajakan karena hal ini.

1 ID 1 Game

Kekurangan lainnya dari game original adalah bahwa game ini tidak bisa dioper ke mana-man dan hanya bisa dimainkan oleh ID akun yang sama. Bila beda akun, kita tidak bisa memainkan game ini meskipun akun itu milik kita. Keterbatasan ini harus diakui menjadi kekurangan tersendiri dan akan membuat kita bingung kala kita lupa password.

Memang platform seperti Steam atau yang lainnya menyediakan fitur untuk mengingat password akun kita kembali tapi hal ini tidak sebentar karena butuh waktu yang agak lama sampai kita bisa membuka akun kita kembali. Sampai sini kalian pilih mana? Original atau bajakan?

Original atau Bajakan, Kita Harusnya Pilih yang Mana? Sumber: Steam[/caption]

Hanya Sekadar Menamatkan Cerita

Game bajakan memiliki kekurangan yang luar biasa yakni kita hanya akan menamatkan cerita saja tanpa menggali misi lainnya. Hal ini dikarenakan kita membelinya dengan harga yang murah sehingga kita jadi tidak peduli untuk memainkan game ini sampai mana. Bahkan ada beberapa orang yang hanya bermain sebentar kemudian berhenti karena mereka tidak merasa rugi akibat harga game original yang murah.

Fitur Yang Tidak Lengkap

Game original atau bajakan? Bagi sebagian gamer, fitur menjadi hal yang sangat penting dan beberapa gamer memilih untuk tidak menggunakan game bajakan karena mereka memiliki fitur yang tidak lengkap. Sebagai game bajakan, mereka hanya tok memiliki fitur untuk menamatkan cerita saja. Bahkan fitur online pun tidak tersedia di game bajakan.

Memang kalian bisa mengaktifkan fitur lainnya seperti update atau hal lainnya yang ada di game original, tapi caranya cukup ribet dan tidak mudah. Kalian harus mengutak-atik file yang ada sehingga bisa memunculkan fitur-fitur yang ada. Cara yang tidak praktis dan fitur yang tidak lengkap menjadi kekurangan terbesar di game bajakan.

Berpotensi Ada Virus

Game bajakan bisa berpotensi membawa virus ke komputer kalian lho guys. Kenapa demikian? Karena sebelum membajak, para pembajak akan mengutak-atik dulu file game original dan kemudian menguploadnya ke internet. Di sini file tersebut akan masuk ke mode yang tidak aman karena siapapun bisa mengaksesnya.

Saya ingat ketika dulu PC saya pernah eror dan CPU-nya terus menerus diangka 100 persen karena kemasukan virus setelah menginstall game bajakan.

Install yang Kadang Tidak Mudah

Kekurangan game bajakan selanjutnya adalah bahwa game ini punya metode install yang tidak mudah. Terkadang kita harus menggunakan tools seperti Daemon atau sejenisnya untuk mengekstrak file yang ada di game ini dan kemudian baru kita menginstallnya. Di samping itu, kita juga kerap mengalami masalah seperti game tidak jalan atau crash karena game tersebut tidak benar saat kita menginstallnya.

Kenyataannya tantangan ini menjadi hal yang paling mengesalkan ketika akan bermain game. Di samping itu terkadang ketika melakukan install, kita tidak punya crack file yang cocok sehingga membuat game tidak berjalan sempurna.


Nah, sepertinya itulah sisi positif dan negatif dari game original atau bajakan. Setelah mengulas hal ini, pilihan kembali ada di tangan kalian ingin pilih yang mana. Apakah kalian akan memilih game original? atau justru bajakan?

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU