Jangan Salah Sangka! Ini Klarifikasi Resmi Mengenai Durasi Infinity War!

Salut untuk Lembaga Sensor Film Indonesia! Karena meskipun dicerca dan di-bully karena kesalahpahaman yang disebabkan oleh pihak lain, mereka masih tetap bersabar untuk menjelaskan dan menutup perkara durasi Avengers: Infinity War ini!

Mengakhiri drama salah paham durasi aktual film Avengers: Infinity War yang menyebabkan kehebohan hingga ke media nasional dan internasional, pihak Lembaga Sensor Film Republik Indonesia akhirnya memberikan klarifikasi resmi lewat akun Twitter mereka!

Yak, inilah babak penutup dari drama salah paham durasi Avengers: Infinity War yang menyebabkan kehebohan luar biasa, tidak hanya dari kalangan geek dan penggemar film saja, namun juga sampai ke ranah media nasional dan internasional. Tidak hanya itu, bahkan sutradara Joe Russo juga ikut mengutarakan rasa kagetnya terhadap isu pemotongan durasi film Infinity War ini.

Sebagai penyegar ingatan, beberapa hari yang lalu sebuah akun Instagram yang biasanya membahas hal-hal yang berhubungan degan film mengunggah sebuah screenshot dari situs resmi Lembaga Sensor Film Indonesia, yang memperlihatkan klasifikasi resmi untuk film Avengers: Infinity War yang sudah lulus sensor.


CONTINUE READING BELOW

Joe Russo Kaget dengan Sensor Infinity War yang Dilakukan Indonesia!

“Sebagai seorang seniman, kamu tidak ingin siapapun menyensor atau memotong filmmu.” –Joe Russo. Sang sutradara menyampaikan rasa kagetnya terhadap sensor Infinity War.


Yang menarik perhatian adalah, durasi yang tertera berbeda 7 menit dengan yang ada di situs-situs info film populer seperti IMDb. Di IMDb, durasi film tersebut adalah 156 menit, sedangkan di situs LSF Indonesia “hanya” sepanjang 149 menit. Sehingga menyebabkan kehebohan karena muncul dugaan akan ada total 7 menit dari durasi film ketiga Avengers tersebut akan dipotong.

infinity war

Namun ternyata durasi yang tertera di situs LSF Indonesia tersebut merupakan durasi yang valid, di mana baik Disney maupun lembaga-lembaga sensor dari negara lain sudah mengkonfirmasi bahwa durasi film Infinity War adalah 149 menit, dengan beberapa situs membulatkannya menjadi 150 menit. Adapun durasi 156 menit yang tertera di IMDb tersebut hanyalah durasi placeholder/tentatif yang mereka ambil dari data bioskop AMC awal Maret lalu sebelum direvisi dengan durasi valid.

Menutup kasus salah paham durasi ini, hari ini pihak LSF Indonesia akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi lewat akun Twitter resmi milik mereka, yang menjelaskan klasifikasi film Avengers: Infinity War serta menerangkan proses sensor-menyensor mereka secara ringkas.

Selagi memiliki kesempatan, LSF Indonesia juga memberikan sindiran halus nan menggelitik kepada pihak-pihak yang masih bersikeras bahwa durasi film Avengers: Infinity War adalah 156 menit dan ada 7 menit durasinya yang dipotong oleh pihak LSF Indonesia, meskipun sudah dijelaskan berkali-kali bahwa sumber yang mereka cantumkan tidak lagi valid.

https://twitter.com/lembaga_sensor/status/985781290405277696


CONTINUE READING BELOW

UPDATE: Tidak ada Sensor atau Pemotongan Durasi untuk Avengers: Infinity War!

Sempat beredar kabar bahwa durasi Avengers: Infinity War dipotong hingga 7 menit untuk penayangannya di Indonesia, akhirnya terungkap bahwa durasi yang tertera di situs Lembaga Sensor Film Indonesia tersebut benar!



Nah, bagaimana? Sudah jelas bukan? Inilah kenapa sebelum kita menelan dan menyebarkan informasi-informasi seperti ini, sebaiknya kita telaah dan gali lagi lebih dalam, untuk mencegah terjadinya misinformasi yang sampai-sampai menyebabkan kehebohan, seperti pada kasus Avengers: Infinity War ini.

Terlebih lagi, pihak yang sering dicerca dan ditindas dalam kasus ini adalah pihak LSF Indonesia yang dituduh menipu, padahal yang menyebarkannya duluan adalah orang-orang yang menelan informasi mentah-mentah dan enggan menelusuri lebih dalam lagi, kasihan bukan? Semoga kasus ini menjadi pelajaran untuk kita semua mengenai penyebaran misinformasi dan disinformasi yang bisa mencelakai banyak pihak.

Akhir kata, penulis mengucapkan selamat menikmati film Avengers: Infinity War tanpa sensor sama sekali yang akan tayang akhir April ini! Dan jangan lupa, tontolah film sesuai kategori umur kalian, ya!

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.