Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Dari Dragon Ball Super sampai Fairy Tail, Sharingan punya banyak saingan dan padanan!

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Sharingan adalah Kekkei Genkai turun temurun keluarga Uchiha yang memiliki kekuatan luar biasa bagi siapapun di dalam klan tersebut yang mampu menyadari potensi besarnya. Berkatnya, bahkan sosok seperti Danzo pun berlomba untuk mengincar kehebatan dari mata pusaka ini.

Akan tetapi, meskipun ia termasuk salah satu dari tiga dojutsu maha besar di dalam kisah Naruto dan Boruto, bisakah kekuatan tersebut dibandingkan dengan kemampuan berelemen sama di anime lain? Keenam anime ini memiliki konsep yang mirip dengan Sharingan, namun ia juga memiliki kehebatan yang setara, atau bahkan lebih daripada dojutsu tersebut!

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Auranya? Atau matanya? Bahkan hingga akhir dari Dragon Ball Super, tidak ada yang diketahui dari Jiren selain dari statusnya sebagai salah satu makhluk terkuat di semua galaksi! Energi pelindung yang muncul cukup dengan menoleh sedikit saja sudah pasti membuat makhluk sekuat Kaguya sekalipun tumbang dengan entengnya!

Akan tetapi, Jiren tentu akan mengalami kesulitan yang luar biasa berkat kemampuan sebenarnya Kaguya Otsutsuki yang lebih mendekati para Zeno ketimbang makhluk biasa. Apalagi fakta bahwa sosok ini tidak bisa dibunuh, hanya disegel semata membuatnya menjadi makhluk yang akan sangat sulit dihabisi dengan kekuatan membabi-buta semata.

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Haki maha dahsyat Bajak Laut yang satu ini juga pantas menjadi salah satu lawan tertangguh Mugen Tsukuyomi, yang membutuhkan kondisi prima Mangekyou Sharingan! Jauh berbeda dengan bajak laut lain yang memiliki Haki ini, versi Shanks bahkan mampu menumbangkan seratus ribu orang dan merusak kapal kru sehebat Edward Newgate!

Sebagai perbandingan lebih jauh, Haki juga ialah sebuah kemampuan alami yang aktif begitu saja tanpa dibutuhkan aksi yang amat spesifik. Jelas, Shanks bisa saja mampu menundukkan klan Uchiha yang menggunakan kemampuannya dalam sekejap mata.

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Sudah pasti salah satu dari anggota terkuat klan Fairy Tail sanggup menghadapi Sharingan. Sebenarnya bukan hanya sihir The Knight yang membuat karakter yang satu ini mampu bertarung satu lawan satu dengan pengguna Sharingan terjago sekalipun, melainkan mata kanannya yang mampu melindungi dirinya dari berbagai macam ilusi, atau bahkan kutukan membatu! Jelas, hal ini tentu menjadi lawan jutsu-jutsu sedahsyat Izanami dan Izanagi yang mengutamakan faktor ilusi sebagai kekuatan utamanya!

Melalui tiga karakter ini apakah ada lagi yang mampu mengalahkan Sharingan? Masih ada! Temukan jawabannya di halaman sebelah!

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Karakter legendaris Shonen Jump ini adalah ‘Sasuke’-nya Yu Yu Hakusho. Dengan mata ketiga yang bahkan mampu mengendalikan baik Youkai maupun manusia, Hiei juga mampu menjadi lawan tangguh para pemilik Sharingan!

Seperti jutsu-jutsu ilusi di keluarga Uchiha yang menyerang langsung kondisi mental lawannya, Jagan juga berpotensi melawan balik pengaruh Sharingan ketika dihadapkan secara langsung!

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Di dalam sebuah pertarungan tidak hanya kekuatan, tapi juga strategi jitu  yang memenangkannya mau senekat apapun jurusnya. Lelouch adalah jagonya strategi yang dilengkapi dengan Geass, mata ajaib yang mampu mengubah siapapun menuruti apapun keinginan sang pemimpin pemberontakan tersebut!

Hal ini terbukti ketika dengan Geass, Lelouch berhasil mengangkat pemberontakannya menjadi salah satu kejadian sukses yang mengubah sejarah dunia Code Geass, dan tentunya hal ini paralel sekali dengan upaya menggunakan Sharingan untuk membangkitkan Kaguya Otsutsuki!

Sharingan Maha Kuat? Ini 6 Saingannya Di Anime Lain!

Kalau wanita yang satu ini sudah pasti adalah lawan yang paling berbahaya dari semua karakter di atas, terutama kalau urusan doujutsu! Cukup menggores sedikit saja garis-garis yang melintas di tatapan matanya, makhluk apapun dijamin langsung mati sekali serang!

Jelas, mengingat ini adalah karya prototipe dari Tsukihime, konsep mata mistis ini disempurnakan tidak hanya dengan garis-garis kematian semata, namun juga titik-titik kematian yang membuatnya menjadi serangan permanen yang membunuh apa saja, bahkan dewa sekalipun!

Konsep mata magis adalah hal umum di dalam Anime, namun bagaimana sang pengarang membuatnya menjadi begitu unik sebagai representasi Anime tersebut jelas akan meninggalkan kesan yang sangat dalam terhadap persepsi orang akan Anime tersebut. Sharingan misalnya.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU