Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Reverie Council akan terjadi di Mariejois. Kalau terjadi kekacauan di sana, kemungkinan harta nasional Mariejois yang disebut-sebut Doflamingo akan terungkap. Tapi apa sebetulnya harta ini?

Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Eiichiro Oda adalah tipe penulis yang benar-benar memanfaatkan setiap detail ceritanya. Kadang karena sudah direncanakan, kadang juga karena kebutuhan, tokoh atau benda yang disebut-sebut sejak bertahun-tahun lalu akan terungkap memiliki signifikansi tersendiri. Salah satunya adalah Poseidon, salah satu Kodai Heiki atau Senjata Kuno. Senjata ini pertama disebut di Skypiea, lalu terungkap sebenarnya adalah Shirahoshi.

Nah, alur cerita setelah Whole Cake Island seharusnya adalah Reverie Council. Reverie Council akan diadakan di Mariejois.

Masalahnya begini: kalau Reverie aman-aman saja, tidak akan ada alur cerita panjang di sana. Oda hanya akan memperlihatkan sebentar saja rapat, lalu kembali ke Luffy. Kira-kira sama dengan saat Sakazuki beradu mulut dengan Gorosei. Akan terjadi sesuatu di Reverie Council, yang penulis tidak tahu apa. Sesuatu itu kemungkinan besar akan mengungkap rahasia yang telah diucapkan Doflamingo dulu: harta nasional Mariejois.

Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Mari kita mundur ke Dressrosa. Di sana, Law kebingungan kenapa seorang mantan Tenryubito bisa mengendalikan Pemerintah Dunia.

Kata Doflamingo: "Itu karena aku tahu soal harta nasional yang sangat penting... tersembunyi di Tanah Suci Mariejois! Keberadaannya cukup untuk mengguncang dunia! Menurut mereka, aku ini buronan yang memegang kartu paling berbahaya. Begitu mereka sadar mereka tidak bisa membunuhku tak peduli seberapa keras mereka mencoba, Tenryubito jadi sangat kooperatif."

Jadi yep, harta ini begitu berharga sampai Doflamingo menjadi ancaman yang begitu besar bagi Tenryubito. Ia sampai dapat memeras mereka menggunakan pengetahuan harta ini.

Lalu yang menarik: "Kalau saja aku punya kekuatan Ope Ope no Mi milikmu hari itu... aku akan bisa menggunakan harta nasional Mariejois untuk mengendalikan dunia!"

Setelah mengungkap pengetahuannya soal harta nasional Mariejois, Doflamingo lalu menyebut kemampuan Ope Ope no Mi seperti pemindahan kepribadian serta kekuatan pamungkasnya: pemberi keabadian.

Pemerintah Dunia mungkin memiliki akses kapan saja ke harta nasional Mariejois. Namun, melihat Doflamingo langsung mengungkit kekuatan pamungkas Ope Ope no Mi, tampaknya Pemerintah Dunia dan Doflamingo tak bisa menggunakan harta itu karena mereka tidak abadi. Jadi sebenarnya apa sih harta ini?

Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Mungkin ini terdengar aneh, namun salah satu dugaan penulis adalah harta nasional Mariejois sebenarnya Pluton. Yep, Pluton orisinal yang dicari-cari oleh Crocodile itu. Kalau masyarakat dunia mendengar Mariejois menyimpan Pluton, sudah tentu akan terjadi keributan.

Tapi mungkin kamu bingung: kenapa harus Pluton?Bukankah petunjuk lokasi Pluton orisinal ada di Alabasta?

Pertama, mari kita lihat Kodai Heiki yang sudah terungkap: Poseidon. Ini adalah nama dewa laut Yunani. Benar saja, kekuatan Poseidon pun kemudian terungkap mampu berinteraksi dengan para monster laut. Mengingat betapa banyak dan perkasanya monster-monster ini, Poseidon jelas adalah penguasa lautan bila dia bisa mengendalikan kekuatannya dengan benar.

Bagaimana dengan Pluton? Mungkin kamu tahu nama dewa Hades.

Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Hades memiliki nama lain: Plouton. Mengingat kekuatan Poseidon memang benar-benar berhubungan dengan laut, kapal Pluton pun kemungkinan besar terhubung dengan nyawa... mengingat Hades atau Plouton sendiri adalah dewa dari akhirat.

Faktor inilah yang membuat penulis langsung terpikir Pluton saat mendengar menggunakan harta nasional Mariejois bisa berbahaya bila penggunanya tidak abadi. Pluton mungkin adalah kapal yang tak terkalahkan, namun dengan nama dari dewa Hades, penggunanya kemungkinan besar harus mengorbankan nyawa hanya untuk mengerakkannya. Hanya mereka yang abadi yang bisa mengendalikannya.

 


Dugaan lain soal harta nasional Mariejois dapat kamu baca di halaman ketiga!

Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Berhubung bentuk Uranus saja tidak diketahui, gambar di atas adalah dewa Uranus kalau kamu tidak tahu.

Tapi ya, meski Pluton orisinal terdengar masuk akal (mengingat hubungannya dengan nyawa penggunanya), seharusnya senjata itu berada di Alabasta berhubung Poneglyph petunjuknya juga ada di sana.

Karenanya, OPLovers memperhitungkan sejak Doflamingo menyebut-nyebut harta nasional Mariejois kalau benda yang disembunyikan oleh Pemerintah Dunia itu adalah senjata ketiga: Uranus. Karena Pluton sudah disebut-sebut sejak Alabasta, lalu cetak birunya jadi konflik di Enies Lobby, sedangkan Poseidon sudah terungkap wujudnya, senjata ini memang yang paling misterius. Bisa dibayangkan Oda akhirnya akan memperkenalkannya, setelah sekian lama.

Apakah Uranus yang asli terhubung dengan nyawa? Bisa dibilang iya, tapi Uranus bukan pencabut nyawa. Dia justru adalah ayah dari para titan dan merupakan personifikasi dari langit. Salah satu anaknya, Cronus, kemudian menjadi ayah dari Zeus.

Aspek dari Uranus versi mitologi Yunani ini membuat dia diperhitungkan akan terungkap sebagai kapal terbang (aspek personifikasi langit) atau kunci dari penciptaan dunia One Piece. (Aspek ayah dari para titan, dan kakek dari para dewa).

Sebetulnya Apakah Harta Nasional Mariejois di One Piece? Ini Spekulasinya!

Desember 2017 kemarin, Eiichiro Oda menyampaikan pesan yang isinya mengejutkan: Oda akan memperkenalkan sosok legenda ke pembaca, dan sosok itu akan menjadi musuh terkuat Luffy.

Bila dihubungkan dengan harta nasional Mariejois, cara mengaktifkannya, dan fakta kalau alur cerita setelah ini harusnya adalah Reverie... mungkinkah harta tersembunyi ini justru adalah makhluk hidup?

Mungkin makhluk ini adalah sosok legendaris yang telah disangka mati. Namun kini dia koma dalam perawatan Pemerintah Dunia. Ope Ope no Mi ingin digunakan Doflamingo bukan untuk memberi keabadian kepadanya, melainkan untuk membangkitkan kembali sosok legendaris ini.


Manakah teori yang akan terungkap sebagai fakta? Mari kita nantikan saja jawaban resminya dari Eiichiro Oda.

Kalau menurut kamu sendiri gimana nih? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU