Menebak Ending Manga Dragon Ball Super: Berbeda dengan Anime dan Tidak Terhubung ke Movie?

Kata Toriyama-sensei, manga Dragon Ball Super bakalan berbeda dengan animenya. Apakah ending-nya akan berbeda dan nggak ada hubungannya dengan movie-nya nanti? Ini pembahasannya!

Menebak Ending Manga Dragon Ball Super: Berbeda dengan Anime dan Tidak Terhubung ke Movie?

Sesaat sebelum anime Dragon Ball Super tamat pada bulan Maret lalu, Akira Toriyama selaku kreator original Dragon Ball pernah mengatakan bahwa manga Dragon Ball Super akan berlanjut dan memiliki perkembangan yang cukup berbeda dengan versi animenya. Dan benar saja, banyak sekali perbedaan yang cukup mencolok dan menarik dalam manga Dragon Ball Super, seperti misalnya: urutan eliminasi para petarung hingga Goku dan Hit yang bekerja sama melawan Jiren.

Berbicara mengenai perbedaan antara manga dan anime, ada dua hal yang cukup menggelitik dari keduanya. Pertama, ada kemungkinan bahwa Goku akan mendapatkan form baru selain Ultra Instinct—yang mana pernah kita bahas di artikel ini. Lalu, yang kedua adalah ending manga Dragon Ball Super.

Nah mengenai ending manga Dragon Ball Super ini, tampaknya akan sangat berbeda dengan ending dari anime. Jika ending anime Dragon Ball Super merupakan pembuka menuju Dragon Ball Super Movie, maka ending manga Dragon Ball Super tidak memiliki hubungan sama sekali dengan movie tersebut.

Hal ini disebutkan sendiri oleh berbagai pihak yang terlibat—termasuk Toriyama-sensei—ketika promosi Dragon Ball Super Movie. Mereka mengatakan bahwa movie ini merupakan lanjutan kelanjutan dari serial animenya. Di lain pihak, alur cerita menuju Tournament of Power juga berbeda cukup jauh antara anime dan manga.

Menebak Ending Manga Dragon Ball Super: Berbeda dengan Anime dan Tidak Terhubung ke Movie?

Misalnya saja seperti pertemuan antara Android 17 dan Goku di manga yang berhasil menutupi plot hole dalam anime Dragon Ball Super. Lalu, sebelum itu, ada juga kemunculan Uub ketika Goku meminta Dende untuk menunjukkan letak keberadaan Android 17. Bisa dibilang, manga yang dibuat oleh Toyotarou—yang mengaku sebagai fans berat Dragon Ball—benar-benar berusaha untuk mengikuti kisah originalnya sedekat mungkin.

Nah, kemunculan Uub ini bisa menjadi sebuah petunjuk besar bagaimana ending manga Dragon Ball Super nantinya. Lanjut ke halaman 2 untuk penjelasan selengkapnya!

Berbeda dengan versi manga, hingga anime Dragon Ball Super tamat pun Uub tidak pernah dimunculkan sama sekali. Dalam manga sendiri, disebutkan bahwa Goku berjanji pada Dende untuk menjadi guru bagi Uub saat Tournament of Power berakhir.

Kedua hal tersebut, ditambah dengan yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa Toyotarou membuat Dragon Ball Super menjadi sangat dekat dengan originalnya, maka kemungkinan besar ending manga Dragon Ball Super akan berhubungan dengan manga original Dragon Ball.

Menebak Ending Manga Dragon Ball Super: Berbeda dengan Anime dan Tidak Terhubung ke Movie?

Bagi kamu yang sudah lupa (walaupun saya yakin kamu pasti masih ingat) manga Dragon Ball diakhiri dengan Goku dkk yang berkumpul kembali di Turnamen Bela Diri Dunia (Tenkaichi Budokai). Di sana, Goku pun akhirnya bertemu dengan Uub dan setelah pertarungan yang mengejutkan banyak pihak, Goku pun pamit kepada teman-temannya lalu pergi bersama Uub untuk melatihnya.

Jadi, ya, dengan semua alasan yang telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan besar ending manga Dragon Ball Super ini akan menyambung ke manga original Dragon Ball yang dibuat sendiri oleh Toriyama.

Menurutmu sendiri bagaimana? Apakah ending manga Dragon Ball Super akan tersambung ke manga original Dragon Ball? Jangan sungkan untuk mendiskusikan hal ini dan menyuarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU