Gara-gara PUBG, Battlefield dan Call of Duty Ikut Siapkan Mode Battle Royale!

Battle royale memang lagi nge-hits sih. Tapi apa yakin, Call of Duty dan Battlefield tidak akan kena tuntut PUBG jika terlalu mirip?

Tidak bisa dipungkiri bahwa mode battle royale menjadi salah satu tren di dunia game saat ini. Ini semua tidak lepas dari kesuksesan beberapa judul seperti PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) dan Fortnite. Keduanya sangat sukses, baik untuk versi PC maupun untuk versi mobile-nya.

Nah, kesuksesan PUBG dan Fortnite rupanya menggelitik iman dua franchise FPS yang sudah berseteru sejak lama, Call of Duty dan Battlefield. Rumor terakhir menyebutkan bahwa dua game terbaru dari masing-masing franchise, Battlefield 5 dan Call of Duty: Black Ops 4 bakal menghadirkan mode battle royale juga!

battle royale

Pertama untuk Black Ops 4. Pertama kali game ini dikonfirmasikan bulan Maret lalu lewat sebuah teaser pendek, dan bulan Mei mendatang sang developer Treyarch siap membeberkan detail lebih banyak.

Yang mengejutkan, untuk menghadirkan mode battle royale ini, Treyarch pun sampai “merelakan” tidak membuat mode campaign single player yang sudah menjadi tradisi Call of Duty sejak pertama kali muncul lebih dari satu dekade yang lalu!

Seperti dikutip dari Polygon, sumber internal Treyarch mengatakan bahwa mereka “tidak punya cukup waktu” untuk mengembangkan campaign single player jika ingin game ini dirilis tanggal 12 Oktober 2018 mendatang. Treyarch sendiri sempat mengatakan bahwa mereka ingin lebih fokus untuk mengembangkan lebih banyak mode multiplayer (termasuk Zombie) daripada mengembangkan single player-nya.

Sebenarnya Call of Duty tanpa campaign single player bukan kali pertama ini dirilis ke pasaran. Pada Black Ops 3 lalu, Treyarch juga tidak memberikan mode single player khusus untuk Xbox 360 dan PS3. Mereka hanya menyediakan mode tersebut untuk perilisan di PS4, Xbox One dan PC.

Apakah rumor ini benar? Kita tunggu detailnya tanggal 17 Mei 2018 besok!

Battlefield 5 juga melakukan hal serupa!

battle royale

Setali tiga uang dengan Black Ops 3, Battlefield 5 pun kabarnya juga akan melakukan hal serupa: menghadirkan mode battle royale. Rumornya, mode battle royale Battlefield 5 ini akan sangat mirip dengan Fortnite atau PUBG. 100 pemain akan ditempatkan di satu map yang terus mengecil, dan orang terakhir yang bertahan hidup akan menjadi pemenangnya.

Apakah elemen-elemen lain seperti terjun dari parasut serta looting akan hadir? Belum ada detail yang jelas berhubung ini masih rumor. Hehehe.

Kabarnya, mode battle royale ini akan dirilis sebagai DLC setelah versi retail dari Battlefield 5 rilis di pasaran. Ada biaya tambahan? Rumornya sih tidak. Mode ini bakal dirilis secara free to play. Tapi mungkin yah, bakal ada item in game yang nantinya bisa kamu beli sebagai kosmetik untuk karaktermu seperti di PUBG.


CONTINUE READING BELOW

Rumor: Single-Player di Black Ops 4 Digantikan dengan Mode Battle Royale?

Rumor mengenai seri Call of Duty ini tampak tidak berhenti hari demi hari. Kali ini, sebuah sumber menyebutkan mode single-player di Black Ops 4 akan dihilangkan! Sebagai gantinya, para pemain akan mendapatkan mode battle royale.


Apakah mode battle royale dari Black Ops 4 dan Battlefield 5 ini bakal menggulingkan Fortnite atau PUBG dari raja battle royale? Sepertinya sih bakal sulit, meskipun keduanya memiliki nama yang lebih besar. Belum lagi adanya ancaman tuntutan hukum dari PUBG yang mulai menuntut beberapa game battle royale dari NetEase karena sangat mirip dengan game mereka.

Bukan tidak mungkin, tuntutan tersebut juga akan melayang ke Activision dan EA bukan?

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.