Berapa Rupiah Sih Uang yang Dihasilkan Naruto Sebelum Jadi Hokage?

Sebelum jadi Hokage, Naruto sudah menyelesaikan 16 misi resmi dari Konoha. Uang yang dihasilkan selama itu berapa rupiah ya?

Berapa Rupiah Sih Uang yang Dihasilkan Naruto Sebelum Jadi Hokage?

Sebelum menjadi Hokage seperti sekarang ini, Naruto adalah seorang ninja biasa yang mendapatkan misi dari Hokage sebelumnya. Dalam berbagai databook, Naruto disebut telah menyelesaikan 16 misi resmi dari Konoha. Misi tersebut kalau didetilkan adalah: 7 misi ranking D, 1 misi ranking C, 2 misi ranking B, 6 misi ranking A. Nah, kira-kira, berapa rupiah sih uang yang dihasilkan Naruto selama itu?

Jika kamu membaca artikel sebelumnya, maka kamu tahu berapa rupiah upah yang diterima oleh seorang ninja setiap kali dia menyelesaikan misi. Upah yang diterima pun tergantung dari ranking misi yang diselesaikan. Nah, berangkat dari situlah, kita bisa menghitung berapa rupiah uang yang dihasilkan Naruto sebelum menjadi Hokage. Siap menghitung?

Uang dari Misi Rank-D

Naruto telah menyelesaikan tujuh misi ranking D. Upah paling kecil adalah 5.000 ryo dan paling tinggi adalah 50.000 ryo. Dikalikan dengan jumlah misi, Naruto telah menghasilkan 35.000 – 350.000 ryo dari misi ranking D.

Uang dari Misi Rank-C

Hanya satu misi ranking C yang diselesaikan oleh Naruto. Upah paling kecil adalah 30.000 ryo dan paling besar adalah 100.000 ryo. Jadi, Naruto menghasilkan 30.000 – 100.000 ryo dari misi resmi rank C yang dia selesaikan.

Uang dari Misi Rank-B

Naruto menyelesaikan dua misi rangking B. Upah untuk misi ini cukup banyak, antara minimal 80.000 ryo hingga maksimal 200.000 ryo. Dikalikan dengan jumlah misi yang telah diselesaikan, uang yang dihasilkan Naruto dari misi ranking B adalah 160.000 – 400.000 ryo.

Uang dari Misi Rank-A

Cukup banyak misi rank-A yang diselesaikan oleh Naruto, yaitu 6 buah misi. Upah misi ranking ini adalah minimal 150.000 ryo dan maksimal 1.000.000 ryo. Total, uang yang dihasilkan oleh Naruto dari misi ini adalah 900.000 – 6.000.000 ryo.

Total Uang yang Dihasilkan Naruto dari Misi

Berapa Rupiah Sih Uang yang Dihasilkan Naruto Sebelum Jadi Hokage?

Total uang yang dihasilkan oleh Naruto adalah minimal 1,1 juta dan maksimal 68,5 juta ryo. Bagi kamu yang belum tahu, 1 ryo sama dengan 10 yen. Nah, kalau dirupiahkan menggunakan kurs mata uang saat ini antara rupiah dan yen, maka uang yang dihasilkan oleh Naruto sebelum menjadi Hokage adalah minimal 1,4 Milliar hingga maksimal 8,7 milliar rupiah!

Jumlah yang cukup banyak? Ternyata jumlah ini termasuk sedikit di dunia Naruto. Kok bisa? Penjelasan selengkapnya ada di halaman 2!

Tidak ada data resmi mengenai berapa umur Naruto ketika menjadi Hokage. Akan tetapi uang yang dia hasilkan tersebut adalah berdasarkan misi-misi yang dia lakukan selama manga Naruto berlangsung: semenjak dia menjadi Genin hingga Perang Dunia Ninja Keempat berakhir. Tentunya, dengan catatan, tidak semua misi diperlihatkan dalam manga yah.

Uang yang Dihasilkan Naruto Per Tahun

Berapa Rupiah Sih Uang yang Dihasilkan Naruto Sebelum Jadi Hokage?

Nah, semenjak Naruto menjadi Genin (umur 12 tahun) hingga Perang Dunia Ninja Keempat berakhir (umur 17 tahun), Naruto telah menghabiskan waktu lima tahun dalam dunia tersebut. Lalu, berdasarkan hitung-hitungan di halaman sebelumnya dan dibagi lima tahun, berarti penghasilan Naruto per tahunnya adalah 280 juta hingga 1,7 milliar rupiah.

Jumlah uang per tahunnya sangat banyak ‘kan? Ternyata tidak. Jadi begini, berdasarkan perhitungan blog penjualan properti Movoto, ternyata biaya sewa kost Naruto per bulannya adalah 388 dollar per bulan. Per tahun, biaya kost Naruto menjadi 4.656 dollar—sama dengan 64 juta rupiah.

Biaya Makan Naruto Per Tahun

Berapa Rupiah Sih Uang yang Dihasilkan Naruto Sebelum Jadi Hokage?

Lalu, biaya makan Naruto per tahun juga ternyata cukup mahal meskipun mungkin hanya ramen setiap hari. Tahukah kamu kalau ramen Ichiraku benar-benar ada di dunia nyata? Harga satu mangkuk ramen tersebut adalah 850 yen, atau 108 ribu rupiah. Asumsikan Naruto memakan ramen setiap hari selama setahun tiga kali sehari, maka biaya makan per tahun adalah 118 juta rupiah.

Tentunya, ini dengan asumsi bahwa yang Naruto makan setiap hari adalah ramen. Sementara ramen sendiri adalah makanan yang relatif murah, maka jumlah ini adalah jumlah minimal yang dikeluarkan oleh Naruto per tahunnya untuk makan—bisa jadi lebih banyak, mengingat Naruto kemungkinan besar memakan makanan lain selain ramen.

Total Pengeluaran (Kost + Makan) Per Tahun

Biaya hidup Naruto kalau dihitung hanya dari kost dan makan saja per tahunnya, maka dia menghabiskan 182 juta rupiah per tahun. Sisa uang Naruto dari uang yang dia dapatkan selama menjalankan misi per tahun adalah minimal 97 juta rupiah atau maksimal 1,5 milliar rupiah.

Perlu diingat, bahwa angka pengeluaran ini adalah angka minimal karena meski menyisakan 97 juta rupiah per tahun pun Naruto pastinya menghabiskan uang untuk keperluannya yang lain, mulai dari membayar toilet umum, membeli peralatan ninja, pakaian, laundry, dan bahkan mungkin transportasi, serta penginapan saat berpergian.

Kelihatannya pengeluaran yang saya sebutkan di paragraf sebelumnya murah, tetapi habis cukup banyak juga selama setahun jika kalian hitung. Belum lagi uang jajan dan makan selain ramen, seperti takoyaki atau okonomiyaki. Atau biaya pemandian air panas dan masih banyak lagi.

Mengingat Naruto sendiri kesulitan untuk membayar biaya makan ketika kencan bersama Hinata (yang diceritakan dalam manga one shot), sepertinya hal ini ada benarnya, bahwa 97 juta rupiah atau 1,5 milliar rupiah per tahun itu masih bisa dibilang sedikit. Haha!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU