Bahaya! Hacker Temukan Exploit Nintendo Switch yang Tidak Bisa Diperbaiki Nintendo!

Bahaya, Nintendo Switch ternyata memiliki celah yang sama sekali tidak bisa diperbaiki sekalipun dengan firmware update!

Para pemilik konsol portabel yang dirilis oleh Nintendo saat ini dikagetkan dengan kabar yang ‘menarik’. Sekelompok hacker berhasil menemukan Exploit Nintendo Switch yang sama sekali tidak bisa diperbaiki oleh Nintendo, maupun dengan update sekalipun.

Meretas Nintendo Switch bukanlah hal yang baru, beberapa peretas dalam beberapa waktu yang lalu telah mencari beberapa cara untuk meretas konsol portable satu ini. Di antaranya, ada beberapa hasil menarik yang mereka temukan.

Sebelumnya, para penggemar menemukan sebuah game rahasia yang disimpan oleh Nintendo. Game Golf yang hanya dapat diakses dengan menjalankan gestur khas Satoru Iwata dipercaya merupakan jimat keberuntungan yang disembunyikan oleh pihak Nintendo. Sayangnya, game ini sudah dihilangkan melalui firmware update.

Penemuan yang lebih teknis didapati dengan dijalankannya sistem operasi Linux pada Nintendo Switch. Hal ini terasa sangat menarik, mengingat dengan OS yang dapat dipasangkan pada Switch, ini membuktikan bahwa konsol portabel ini dapat menjalankan banyak hal. Dan ini hanyalah permulaan saja.


CONTINUE READING BELOW

Kena Hack! Peretas Bawakan Semua Game DOOM Menuju Nintendo Switch!

Perkembangan hacking pada Nintendo Switch memang tidaklah cepat, namun progress-nya kian hari kian terlihat. Kali ini, seorang peretas berupaya untuk membawakan semua game DOOM menuju Nintendo Switch


Melalui penemuan sekelompok peretas, exploit Nintendo Switch yang baru saja muncul ini ternyata bukan hal yang baru, setidaknya untuk hardware yang digunakan. Celah yang ditemukan ini ternyata berasal dari GPU Tegra X1 yang digunakan oleh Nintendo.

Tegra X1 sejatinya merupakan GPU yang dikembangkan dan dirilis oleh Nvidia, dan tentu saja jika celah ini berasal dari sisi hardware, Nintendo tidak bisa memperbaiki hal tersebut terkecuali mereka merevisi seluruh Nintendo Switch yang telah dirilis. Bahkan, firmware update pun tidak akan bisa memperbaiki permasalahan ini.

Dan tentu saja, exploit ini sangat mudah untuk dijalankan. Para pengguna yang tertarik untuk membuka celah ini bisa menggunakan peralatan sehari-hari untuk membuka akses di balik sistem Nintendo Switch yang sering kalian mainkan untuk The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Menggunakan kawat atau penjepit kertas, kalian bisa mengakali bagian konektor joy-con kanan untuk membuka akses menuju bootROM. Dengan menyambungkan kedua pin, efek arus pendek akan memaksakan Tegra X1 untuk membuka celah tersebut. Melalui tahap ini, para pengguna bisa mengakses exploit Nintendo Switch untuk berbagai macam hal, seperti homebrew dan instalasi Linux.

Sebagai pengguna anti-bajakan, celah ini sebaiknya digunakan untuk hal yang bermanfaat. Akan amat disayangkan apabila exploit ini digunakan untuk menjalankan game bajakan yang alangkah baiknya kalian beli untuk mendukung para pengembang.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.