Mengenal Callind, Aplikasi Karya Anak Bangsa yang Siap Saingi WhatsApp

Kayak apa sih WhatsApp versi Indonesia ini? Simak ulasannya di sini!

Di era digital seperti sekarang, siapa sih yang tak tahu aplikasi WhatsApp. Aplakasi pesan instan untuk smartphone ini seakan menjadi apalikasi wajib ada di setiap ponsel pintar. Hingga saat ini, aplikasi WhatsApp telah diunduh lebih dari 1 miliar kali.

Nah tahukah Kamu jika Indonesia juga punya “aplikasi WhatsApp” sendiri? Ya, aplikasi itu bernama Callind karya perempuan bernama Novi Wahyuningsih asal Desa Tepakyeng, Kebumen, Jawa Tengah. Aplikasi pesan instan yang diklaim siap menyaingi WhatsApp tersebut sudah diluncurkan pada tanggal 21 April lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.

Sama halnya dengan WhatsApp, aplikasi Callind adalah aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna kirim pesan secara privat, broadcast message, kirim foto, hingga video call. 

Namun ada beberapa fitur yang membuat Callind terlihat lebih hebat dari WhatsApp. Salah satunya adalah Look User. Fitur ini berfungsi untuk mencari  siapa saja pengguna Callind di sekitar Kamu tanpa harus menambahkan nomor teleponnya terlebih dahulu.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pasang iklan. Jadi, di sini pengguna bisa mengiklankan barang-barang yang akan dijual dengan cara memasukkan nama produk, deskripsinya, harganya, serta kata kunci. Jadi, aplikasi ini juga berguna bagi Kamu yang punya hobi berdagang atau bertransaksi online.

Callind yang merupakan singkatan dari Call Indonesia ini diharapkan menjadi aplikasi karya anak bangsa yang bisa diterima oleh banyak orang. “Semoga bisa benar-benar diterima di Indonesia dan bahkan merajai di negeri sendiri. Selain itu, bisa juga digunakan oleh masyarakat di dunia. Target 50 juta pengguna dalam tiga tahun semoga juga bisa tercapai,” ujar Novi seperti dikutip Detik.net.

Novi Wahyuningsih merupakan lulusan D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Callind ternyata bukan satu-satunya aplikasi yang pernah dibuat oleh wanita berusia 26 tahun tersebut. Ia juga sempat membuat lima aplikasi lainnya yaitu Monzter, MeoTalk, Happybid, Metgames, dan Vooilaa.

Bagi yang penasaran seperti apa aplikasi yang siap menyaingi WhatsApp ini, Callind sudah tersedia di Playstore.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca