Bikin Kangen, Inilah 5 Film Berlatar Kota Jogja yang Harus Kamu Tonton

Nontonnya pasti bikin kangen suasana Jogja

Jogja dan rindu adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Kla Project pun secara sempurna menafsirkan suasana  kota Joga lewat lagunya.

Setiap sudut kota Joga memberikan kehidupan penuh drama, romantika dan cinta, yang mungkin akan sulit untuk dilupakan begitu saja. Tak aneh mengapa banyak sineas mengambil latar kota Jogja dalam film-filmnya. Contohnya seperti deretan film yang berlatar kota Jogja berikut ini.

1

Siti

Mungkin tak banyak yang tahu tentang film yang berlatar kota Jogja yang satu ini. Padahal, film Siti banyak memenangkan penghargaan di berbagai festival film.

Siti berkisah tentang Sekar Sari alias Siti yang digambarkan terlilit banyak utang. Untuk bisa membayarnya, ia rela berjualan peyek di sekitar Pantai Parangtritis. Pada malam harinya, Situ menjadi pemandu karaoke ilegal.

Banyak pesan moral yang bisa diambil dari kisah perjananan Siti. Tak aneh mengapa film yang dirilis pada tahun 2016 ini mendapat banyak sanjungan positif.

2

Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Dibintangi oleh Didi Petet, Alex Komang, dan Reza Rahadian, Guru Bangsa: Tjokroaminoto adalah film yang berlatar kota Jogja selanjutnya.

Seperti judulnya, film ini merupakan film biopik perjuangan salah satu pahlawan nasional Oemar Said Tjokroaminoto (Tjokro) di era penjajahan Belanda. Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar kala itu, sehingga bisa mencapai 2 juta anggota. Perjuangan inilah yang kelak menjadi benih dari gerakan nasional kemerdekaan Indonesia.

3

AADC 2

Sebagai tempat penyimpan rindu, tak salah jika Joga dipilih sebagai latar film Ada Apa dengan Cinta 2. Digambarkan jika Jogja menjadi saksi dari pertemuan Cinta dan Rangga setelah puluhan purnama.

Lewat perjalanan romantis Cinta dan Rangga, AADC 2 seakan ingin benar-benar mengeksplor setiap sudut kota Jogja yang membuat penonton baper berat.

4

Kapan Kawin?

Apa rasanya terus diteror pertanyaan kapan nikah? Inilah perasaan yang sedang dialami oleh Dinda (Adinia Wirasti) dalam film Kapan Kawin?. Meski sudah memiliki karier yang mapan sebagai seorang general manager, namun kehidupan cinta Dinda sangat memprihatinkan. Bahkan ia masih belum memiliki pasangan hingga umur 30 tahun.

Film yang juga dibintangi oleh Reza Rahadian ini mengambil latar di kota Jogja yang asri dan penuh kenangan.

5

Java Heat

Tak cuma film romantis saja yang mengambil tempat di suasana Joga. Cotohnya seperti Java Heat, film laga kolaborasi Indonesia dan Amerika.

Java Heat mengisahkan tentang petualangan seorang detektif bernama Hashim (Ario Bayu) yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus bom bunuh diri yang menyerang sebuah pesta amal.


Nah, mana film yang berlatar kota Jogja favoritmu?

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca