Setelah Windows 10 S, Kini Microsoft Persiapkan Windows 10 Lean yang Lebih Ringan!

Ingat dengan Windows 10 S yang gagal? Kini, Microsoft persiapkan Windows 10 Lean sebagai alternatif dari Windows 10 Pro!

Setelah Windows 10 S, Kini Microsoft Persiapkan Windows 10 Lean yang Lebih Ringan!

Jika sebelumnya Microsoft sempat menghadirkan Windows 10 S sebagai alternatif dari Windows 10, kini keluarga Windows akan semakin bertambah dengan Windows 10 Lean yang lebih ringan dibanding Windows 10 Pro!

Saat ini, Windows 10 merupakan pilihan OS paling populer. Melalui statistik yang diambil dari TechRadar pada Februari yang lalu saja, Windows 10 mendapatkan jumlah pengguna sebanyak 42,78%. Angka ini terasa cukup signifikan, apalagi mengingat dengan jumlah ini saja Windows 10 menduduki peringkat pertama.

Sebagai perbandingan, Windows 7 yang sebelumnya duduk di peringkat pertama harus takluk kepada Windows 10. Melalui statistik yang sama, Windows 7 hanya mendapatkan total 41,86%. Dari sini, dapat disimpulkan seberapa besar popularitas dari sistem operasi terbaru milik Microsoft ini.

Hadirnya Microsoft Store dan game-game eksklusif XBOX dan Windows tentu saja merupakan salah satu faktor inti bagi para pengguna untuk memperbarui versi Windows mereka. Game apik seperti Forza Motorsport 7 dan Forza Horizon 3 hanya dapat dimainkan pada Windows 10 versi terbaru.

Saat ini, Windows 10 memiliki beberapa varian yang sudah kita kenal bahkan sebelum Windows 10 sendiri. Ada varian homepro, namun Microsoft pada tahun lalu sempat menghadirkan versi yang cukup aneh bernama Windows 10 S.

Berbeda dari versi Windows 10 lainnya, Windows 10 S dapat dikatakan sebagai varian W10 paling simpel dan 'secure' menurut Microsoft sendiri. Hal ini dapat dicapai oleh Windows mengingat 10 S sendiri hanya bisa menambahkan aplikasi-aplikasi yang ada pada microsoft store.

Sayangnya, Windows 10 S tidak bertahan lama. Microsoft mengubah Windows 10 S sebagai mode tambahan pada Windows 10 Pro yang dapat diaktivasikan. Bahkan, pengguna Windows 10 S diberikan kesempatan untuk meng-upgrade versi Windows mereka menjadi Pro dengan biaya $49.

https://twitter.com/tfwboredom/status/987400226913779712

Kali ini, penemuan baru menginformasikan hadirnya varian Windows 10 terbaru. Dinamakan Windows 10 Lean, versi terbaru ini akan hadir di saat pengguna ingin melakukan instalasi Windows 10. Perbedaan paling mencolok pada Lean adalah hilangnya beberapa hal seperti desktop wallpaper hingga MMC Management console.

Hilangnya sejumlah fitur tersebut berhasil memangkas ukuran Lean menjadi 2GB lebih ringan dibanding varian Pro. Namun, tidak ada alasan jelas untuk apa dan siapa Windows 10 Lean ini ditujukan.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU