Spekulasi: Dapatnya Sulit, Apa Sebenarnya Kegunaan Soul Stone?

Di antara semua koleksi batu akik Thanos, tampaknya Soul Stone yang fungsinya paling misterius!

Spekulasi: Dapatnya Sulit, Apa Sebenarnya Kegunaan Soul Stone?

Spekulasi soal kegunaan Soul Stone ini jelas mengandung spoiler. Jadi kalau kamu masih belum juga nonton Infinity War, tidak dianjurkan untuk lanjut membaca artikel ini.

Untuk yang memang sudah nonton filmnya dan sama-sama penasaran, atau memang belum nonton dan tidak keberatan bocoran, silakan simak ulasan di bawah ini!

SPOILER ALERT!!!

Thanos menggunakan Space Stone untuk teleportasi.

Power Stone ia gunakan untuk menyiksa beberapa tokoh atau melepaskan energi yang dapat merontokkan musuh. Dikombinasikan dengan Space Stone, batu ini juga dapat menghancurkan dan menarik puing-puing bulan Titan ke permukaan planet.

Reality Stone digunakan Thanos untuk mengubah tembakan laser Star-Lord menjadi gelembung sabun, serta membuat ilusi Knowhere.

Time Stone digunakan sang Mad Titan untuk memutar waktu agar dia bisa mengambil Mind Stone dari Vision. Sementara itu Mind Stone, uniknya, tak pernah digunakan sendirian oleh Thanos karena ia memperoleh batu itu terakhir.

Spekulasi: Dapatnya Sulit, Apa Sebenarnya Kegunaan Soul Stone?

Tapi Mind Stone sih semua orang tahu fungsinya. Batu ini sempat digunakan Loki untuk mengendalikan pikiran tokoh seperti Selvig dan Hawkeye. Batu ini juga dijadikan dasar untuk menciptakan Ultron dan kemudian Vision.

Tidak demikian dengan Soul Stone. Batu ini adalah yang paling mendatangkan tragedi untuk Thanos. Thanos dapat dengan mudah menghajar pemilik Infinity Stone lain, namun untuk Soul Stone dia sampai harus menangis karena mengorbankan orang yang paling ia sayangi.

Meski begitu, selain untuk digunakan bersama batu lain demi memusnahkan separuh semesta, kegunaan Soul Stone tampak yang paling minor.

Ada satu momen di mana kekuatan batu ini tampaknya terlihat: tepat setelah Thanos menjentikkan jari. Tiba-tiba dia berada di dunia oranye dan bertemu dengan jiwa Gamora, yang sudah dia bunuh. Warna batu Soul Stone sendiri oranye.

Apakah hanya itu saja kegunaan Soul Stone? Penulis berpendapat tidak.


Penasaran apa kegunaan Soul Stone? Simak lanjutan pembahasan di halaman kedua!

Salah satu kemampuan paling menarik Soul Gem (versi komiknya Soul Stone) adalah batu ini mampu memerangkap jiwa di dalamnya.

Yep, Soul Gem memiliki dunia di dalamnya. Tempat yang namanya Soulworld ini tenang dan indah.

Ini menarik karena bisa jadi Soul Stone adalah biang kerok dari kejadian mengejutkan di akhir Infinity War. Kevin Feige bilang kalau semua yang mati di Infinity War tidak akan kembali lagi. Namun tampaknya para korban jentikkan Thanos bukan mati. Bisa jadi mereka hanya terperangkap di Soulworld, menunggu untuk dibebaskan. Beberapa tokohnya siap kembali untuk membintangi film seperti Black Panther 2, Spider-Man Homecoming: 2, dan Guardians of the Galaxy 3.

 

Spekulasi: Dapatnya Sulit, Apa Sebenarnya Kegunaan Soul Stone?

Yep, menurut penulis jentikkan jari Thanos itu dipengaruhi terutama oleh dua batu: Power dan Soul.

Power Stone memperkuat Soul Stone. Sebelumnya, bila Power Stone memperkuat Space Stone, Thanos jadi bisa menghancurkan dan menarik puing-puing bulan. Yang ini efeknya berbeda.

Kemungkinan besar, Soul Stone pada dasarnya memang bisa memerangkap jiwa di dalamnya. (Sama seperti di komik). Hanya saja, karena diperkuat pula oleh Power Stone dan batu-batu lain, jentikkan jari Thanos itu membuat ia bisa memerangkap sekaligus separuh semesta di dalam Soul Stone. Kemungkinan Space Stone pun berperan besar dalam tindakan ini, karena dengan kemampuan manipulasi ruang kekuatan Infinity Gauntlet benar-benar dapat menjangkau seluruh semesta.

Oh, satu fakta menarik lagi soal Soulworld versi komik:

Spekulasi: Dapatnya Sulit, Apa Sebenarnya Kegunaan Soul Stone?

Lihat perempuan hijau di atas? Itu adalah Gamora, dan dia serta Adam Warlock sedang berada di Soulworld. Dalam satu momen di komik, Gamora pernah dibunuh oleh Thanos. Jiwanya lalu terperangkap di alam itu.

Hmmmm, kok mirip versi film ya.


Hmmm, kalau benar begitu, maka kemungkinan plot Avengers 4 akan berkutat ke Soul Stone. Simak lanjutan pembahasan kegunaan Soul Stone di halaman ketiga!

Untuk sekarang, asumsinya adalah jiwa dari semua manusia yang terkena jentikkan Thanos terperangkap di Soul Stone.

Mungkin di Avengers 4 nanti, para pahlawan yang tersisa, serta Captain Marvel dan tokoh-tokoh baru lain yang akan membantu, akan mengetahui informasi tersebut. Siapa tahu mereka akan mendapatkan petunjuk itu dari sang penjaga Soul Stone, yang kini terbebas dari pekerjaannya.

Masalahnya, butuh semua batu akik untuk menciptakan fenomena kemusnahan separuh semesta. Untuk memulihkan kembali para korban ini jelas dibutuhkan seluruh Infinity Gauntlet.

Spekulasi: Dapatnya Sulit, Apa Sebenarnya Kegunaan Soul Stone?

Masalahnya, terakhir kali terlihat Infinity Gauntlet terbakar di tangan Thanos. Thanos masih bisa menggunakan Space Stone untuk kabur, serta sepertinya memulihkan diri dari Stormbreaker. Namun, kecuali Time Stone bisa memulihkan Infinity Gauntlet, tampaknya Eitri sang Raja Dwarf harus menciptakan sarung lengan kedua.

Masalah kedua adalah menemukan sosok yang cocok untuk menggunakan Infinity Gauntlet. Thanos jelas tidak akan mau memulihkan lagi semesta; usahanya jadi sia-sia. Para pahlawan butuh pengguna Gauntlet baru.

Seperti sudah dispekulasikan Duniaku.net sebelumnya, kemungkinan Captain Marvel yang nantinya dipercaya menggunakan Infinity Gauntlet. Soalnya sosok yang seharusnya menjadi pemegang selanjutnya Infinity Gauntlet, Adam Warlock, masih belum juga debut di Marvel Cinematic Universe.


Itulah spekulasi penulis soal kegunaan Soul Stone. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU