4 Persamaan Para Pemilik Haoshoku Haki di One Piece! 

Mungkin ini memang ciri pemilik Haoshoku Haki ya

4 Persamaan Para Pemilik Haoshoku Haki di One Piece! 

Sejauh ini, ada 16 orang yang diketahui punya Haoshoku Haki. 12 masih hidup dan 4 sudah mati.

Orang-orang ini memiliki latar belakang yang beda-beda. Beberapa bahkan saling bermusuhan.

Namun semua pemilik Haoshoku Haki sejauh ini punya persamaan. Apa saja? 

1. Bisa mendapat loyalitas dari pengikutnya

4 Persamaan Para Pemilik Haoshoku Haki di One Piece! mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Yep, kesepuluh pemilik Haoshoku Haki sejauh ini semuanya selalu berhasil memperoleh loyalitas dari pengikut mereka. Padahal para pengikut mereka ini juga bukan orang lemah, melainkan petarung-petarung tangguh.

Kita ambil contoh Doflamingo. Meski luar biasa jahat, dan ujung-ujungnya dia memang dikhianati oleh Viola, anak buah seperti Pica dan Trebol benar-benar loyal kepadanya sejak dia masih kecil.

Edward Newgate? Semua anggota kelompok bajak laut Whitebeard bersedia untuk mati jika ayah mereka memimpin mereka ke pertempuran besar.

Charlotte Linlin? Dengan intimidasi dan ikatan darah, anak-anaknya kebanyakan loyal kepadanya.

Kaido pun punya kekuatan yang begitu menakutkan, hingga banyak orang memilih jadi anak buahnya ketimbang tersiksa. Mereka semua merasa kalaupun mereka melawan Kaido, mereka kalah. 

Boa Hancock? Dengan kecantikan dan kekuatan (karena memang di Amazon Lily kecantikan itu kekuatan sih) seluruh pasukan Kuja yang menguasai Haki tunduk kepadanya.

Lalu jangan lupakan Luffy. Zoro dan Sanji tidak akan mengikuti sembarangan orang, namun sejauh ini mereka luar biasa loyal.

Ada pengguna Haoshoku Haki yang mengandalkan rasa takut (Linlin), ada yang mengandalkan ikatan kekeluargaan (Whitebeard), ada juga yang mengandalkan ikatan persahabatan (Luffy). Bagaimanapun caranya, mereka selalu berhasil meyakinkan para petarung tangguh untuk mengikuti mereka.

Bahkan pemilik Haoshoku Haki yang sifatnya adalah pengikut, seperti Rayleigh, Katakuri dan Zoro, pun biasanya didengar oleh rekan-rekannya perintahnya saat terjadi situasi genting. 

Tak heran kan, para penguasa Haoshoku Haki biasanya bisa mencapai New World dalam petualangan mereka?

Baca Juga: Teori One Piece: Gak Bisa Lawan Kaido, Akazaya Nine Akan Lawan Siapa?

2. Semuanya tipe petarung

4 Persamaan Para Pemilik Haoshoku Haki di One Piece! Berbagai sumber

Ada beberapa pemimpin bijaksana di One Piece yang tipe konvensional, dalam arti mereka tidak bisa bertarung. Contohnya ya Raja Nefertari Cobra. Para pengguna Haoshoku Haki seluruhnya bukan pemimpin seperti itu.

Semua pemiliki Haki langka ini sejauh ini adalah para pemimpin yang bisa bertarung. Bukan hanya itu, mereka pun biasanya luar biasa kuat.

Hancock adalah yang terkuat dari suku Kuja. Luffy adalah yang terkuat di kelompok Topi Jerami. Doflamingo jelas yang terkuat dari kelompoknya. 

Bahkan pemilik Haoshoku Haki yang mengikuti kapten lain pun tetap salah satu yang terkuat di kelompok mereka. Seperti Rayleigh, Katakuri, dan Zoro. 

3. Mereka semua punya nyali besar

4 Persamaan Para Pemilik Haoshoku Haki di One Piece! twitter.com/ToeiAnimation

Ada pemimpin di One Piece yang cenderung pengecut begitu harus berhadapan dengan ancaman. Wapol dan Spandam adalah contohnya.

Sejauh ini, para pengguna Haoshoku Haki semuanya memiliki nyali yang besar. Mereka ini biasanya tipe yang akan berhati-hati atau melarikan diri dari musuh yang tangguh, seperti yang dulu dilakukan Luffy setiap berjumpa Smoker. Linlin juga tidak sembarangan menyerang Kaido, Shanks, dan Teach.

Namun bila tak ada pilihan lain, mereka semua ini adalah tipe yang akan bertarung hingga akhir, bukan tipe yang memikirkan untuk menyerah saat situasi sudah tidak lagi menguntungkan.

Salah satu contoh yang paling terasa sudah tentu adalah Edward Newgate. Meski sudah terluka dan dikeroyok, pemimpin bajak laut Whitebeard ini tetap bertempur hingga dia mati berdiri.

4. Semuanya memiliki semacam otoritas

4 Persamaan Para Pemilik Haoshoku Haki di One Piece! Toei Animation/One Piece

Katanya, siapa pun yang memiliki Haoshoku Haki memiliki kualitas seorang raja. Uniknya, sejauh ini memang semua pemilik Haoshoku Haki memegang semacam posisi otoritas.

Big Mom, Shanks, Edward Newgate, dan Luffy? Mereka semua diakui sebagai salah satu kaisar lautan dan pemimpin utama dari kelompok yang sangat kuat.

Di masa lalu juga ada Gol D. Roger, yang akhirnya jadi Raja Bajak Laut. 

Portgas D. Ace? Dia salah satu komandan kelompok Whitebeard. Charlotte Katakuri? Dia adalah salah satu dari tiga Sweet Commander, dan merupakan andalan utama kelompok Big Mom.

Silvers Rayleigh? Dia dulunya tangan kanan Gol D. Roger dan dijuluki sebagai Raja Kegelapan. Boa Hancock? Dia dijuluki Ratu Bajak Laut dan memang pemimpin para Kuja.

Chinjao? Sebelum digantikan Sai, dia ini Don dari Angkatan Laut Happo.

Bahkan Zoro pun sekarang biasanya dianggap sebagai tangan kanan Luffy oleh orang lain, meski sebenarnya tak ada hierarki begitu di Topi Jerami. 

Penyebab hal ini, menurut penulis, adalah pemilik Haoshoku Haki memang biasanya didorong oleh ambisi. Mereka memiliki tujuan yang ingin dicapai, dan mereka akan mengumpulkan orang-orang untuk mencapai tujuan tersebut.

Selama ambisi itu belum tercapai, mereka pun akan berjuang keras untuk meraihnya. Akhirnya, ujung-ujungnya mereka pun biasanya berada dalam posisi sebagai penguasa.

Nah, itulah kemiripan pemilik Haoshoku Haki yang dapat penulis temukan. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Inilah 10 Penjahat One Piece Terpopuler di Dunia!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU