Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Kamu wibu? Atau wibu, tapi nggak ngaku?

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Di dalam kehidupan, membahas tentang wibu memang tidak ada habis-habisnya. Di dalam dunia wibu lokal, ada teman-temanmu yang memakai identitas wibunya dengan bangga!

Akan tetapi, sadarkah kalau ada wibu yang memang sengaja menyembunyikan kekuatan wibu-nya yang dahsyat? Atau malah kamu sendiri yang merupakan seorang wibu teladan?

Jangan khawatir! Sekarang sudah ada daftar yang harus kamu perhatikan untuk menemukan salah satunya di antara teman 'awam'-mu, atau jadi cermin untuk kebiasaanmu sendiri!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Tak peduli kamu memiliki diskografi penuh Arctic Monkeys, atau bagaimana Suchmos dan Frederic adalah dua dari beberapa band paling trendy di jepang, kamu tetap menyimpan soundtrack Macross Delta di dalam koleksi musikmu!

Selera musik memang subyektif, tapi tentunya kamu dinilai dari apa yang kamu dengar! Betapapun kamu menyangkal pernah mendengarkan Walkure, fakta bahwa Walkure tersimpan di dalam daftar mainmu tentu membuktikan sebaliknya!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Kamu tidak sabar untuk menyambangi tayang perdana Uchiage Hanabi dan Fate/Stay Night seperti kamu (mencoba) untuk bersemangat mampir menonton Infinity War bersama teman-temanmu!

Supaya tidak ketahuan, kamu tidak membeli tiket luar biasa mahal berbonus kaus dan tumblr dan hanya mengambil tiket (yang masih) mahal untuk kesempatan membocorkan plotnya saat dibutuhkan!

Lantas, bagaimana dengan lima alasan lainnya? Simak di halaman sebelah!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Jelas, kamu tidak hanya menyukai komik Amerika semata karena karyanya, tapi juga karena fannya! Dengan narasi negatif tentang fans dunia Anime dan Manga yang lebih besar dalam kancah fandom lokal, menurutmu justru lebih baik menampilkan koleksi-koleksi geek yang lebih dijunjung tinggi seawam apapun pemirsanya!

Tapi tentu kamu tidak menampik bahwa di luar sana masih ada komik-komik Jepang yang lebih layak untuk diapresiasi dengan sehat, bahkan dibandingkan hegemoni Big Two sehingga koleksi di bagian terdalam lemari virtualmu berisikan Manga-Manga berfaedah seperti Yotsubato, HinamatsuriYokohama Shopping Log, atau Dungeon Meshi!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Kalau saja ada yang berani mengungkapkan teori ini di publik, sembilan puluh persen kemungkinannya adalah dia telah menonton Goku vs Jiren, atau lebih ekstrimnya lagi ikut nonton bareng di Meksiko!

Pertarungan El Hermano vs Goku Blanco ini begitu berpengaruh dengan para wibu, apalagi wibu yang luar biasa tanggap dengan dunia Dragon Ball! Dengan mengetahui kenyataan baru tentang Goku saja, orang tersebut sudah bisa dikatakan sebagai seorang wibu!

Tiga ciri khas terakhir yang harus kamu ketahui ada di halaman sebelah! Jangan sampai terlewatkan!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Dahulu kala hingga saat ini, ekskul yang berhubungan dengan kata Jepang sudah cukup untuk menambalkan identitas wibu terhadap anggota-anggotanya!

Akan tetapi, bagaimana dengan kegiatan ekstrakurikuler lain? Nah, ini dia! Yang lebih tidak umum tapi nyata keberadaannya lagi, adalah banyak juga manusia yang menggunakan sebuah klub ekskul yang sepintas terlihat normal namun memiliki kekuatan wibu yang dahsyat!

Contohnya? Klub nonton Anime berkedok Animasi, klub obrolan Anime berkedok Debat Bahasa Inggris, sampai klub mengobrol mecha berkedok Fisika!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Hal yang tidak terelakkan adalah menggunakan profile picture bergambar Anime di dalam akun medsosmu. Dimanapun.

Bahkan foto pribadimu yang berdiri di belakang sebuah poster wibu pun cukup untuk dikatakan sebagai wibu! Segeralah introspeksi atas citramu di internet, meskipun melakukan hal demikian justru tambah membuktikan identitasmu sebagai 'Wibu tapi nggak ngaku'!

Astaga! Ini Adalah 7 Tanda Kamu Diam-Diam Wibu!

Memang setiap media memang layak untuk mendapatkan analisa setara, apalagi Anime. Dengan kurangnya pandangan kritis terhadap Anime hanya membuktikan bahwa sedikit sekali fan yang lebih tertarik menggemari merchandise Anime daripada menganalisa karya itu sendiri!

Dari serba-serbi adu tokoh maupun pasangan favorit juga tentu saja hanya mengandalkan karakteristik banal yang bisa dilihat oleh kacamata awam. Tentu dengan adanya kritik seperti ini bisa membuat citra wibu lebih baik daripada hanya melempar tuduhan elitis tanpa pandang konteks, bukan? I-ini bukan berarti penulis adalah wibu ya!

Apakah kamu salah satu di antaranya? Ataukah kamu pura-pura bukan kalangan tersebut? Bagikan pendapat dan uneg-unegmu soal fans dunia Jepang di kolom komentar yang terdalam!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU