Internetan di Hotspot Umum? Pastikan Laptopmu Terlindungi dengan 3 Cara Ini

Jangan pernah buka situs p*rno di hotspot umum! Ya karena malu aja sih, buka gituan di umum..

Internetan di Hotspot Umum? Pastikan Laptopmu Terlindungi dengan 3 Cara Ini

Kuota internet habis? Rasanya mungkin sudah begitu paniknya bahkan lebih panik dibanding kehabisan uang atau kehilangan dompet. Tapi bukan berarti "kehidupanmu" berakhir di saat itu. Kamu bisa mencari solusi salah satunya adalah internetan di hotspot umum.

Ketika ber-surfing ria di tempat umum, ada hal yang harus kita waspadai terutama dalam hal keamanan. Selain melindungi data diri atau jangan pernah melakukan transaksi banking di hotspot umum, selalu waspadai mengenai keamanan laptop yang kamu gunakan.

Setidaknya lakukanlah 3 di bawah ini, yuk langsung kita bahas saja!

Internetan di Hotspot Umum? Pastikan Laptopmu Terlindungi dengan 3 Cara Ini

Ketika berinternet menggunakan hotspot umum pastika selalu menggunakan Netcut Defender. Apa sih Netcut Defender itu? Itu merupakan sebuah aplikasi untuk melindungi dari eksploitas ARP Spoofing.

ARP Spoofing sendiri adalah sebuah kegiatan hacking di mana sang hacker menyerang dengan cara membelokkan ARP (Address Resolution Protocol) sehingga menjadikan sang korban tidak mengakses jaringan.

Ya singkatnya adalah dengan Netcut ini kamu terhubung dengan wifi, akan tetapi kamu tidak bisa mengakses internet sama sekali padahal orang lain yang tidak terserang bisa internetan sepuasnya.

Oleh karena itu, gunakanlah Netcut Defender agar terhindar dari hal ini, yang bisa kamu unduh di sini!

Internetan di Hotspot Umum? Pastikan Laptopmu Terlindungi dengan 3 Cara Ini

Ketika masuk ke wilayah hotspot, biasanya Windows akan meminta konfirmasi mengenai profil jaringan. Apakah jaringan tersebut wilayah rumah, kantor atau publik. Jika kamu sedang berada di hotspot umum, pastikan untuk menggunakan profil publik.

Hal ini bertujuan untuk melindungi kamu dari kemungkinan laptop kamu di-hack. Jika kamu memilih profil kantor atau rumah, maka secara otomatis kamu membuka opsi share di dalam jaringan, yang artinya orang-orang di jaringan tersebut dapat mengakses segala hal yang kamu share di shared folder.

Jika hacker tersebut cukup berpengalaman, maka sang hacker akan dengan mudah masuk dan mengobrak-abrik seluruh isi laptop kamu.

Internetan di Hotspot Umum? Pastikan Laptopmu Terlindungi dengan 3 Cara Ini Sumber: Daniel Miessler[/caption]

Keren ya? Ini bukan jurus di berbagai game lho. Istilah ini memang ada di dunia komputer. Firewall secara harfiah memang artinya dinding api, dan memiliki fungsi yang mirip yaitu melindungi laptop kamu untuk terhindar dari berbagai serangan di jaringan.

Firewall yang bagus biasanya memiliki fitur-fitur perlindungan seperti perlindungan dari DDOS Attack, ARP Spoofing, situs berbahaya bahkan virus. Ada banyak sekali Firewall yang bisa kamu coba, dari yang gratis hingga berbayar yang bisa kamu googling saja.


Nah itu dia berbagai cara untuk melindungi kamu dari berbagai serangan hacker di hotspot umum. Pastikan amankan segala data pribadi, ya setidaknya jangan sampai dicuri lah.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU