Cegah Miner, Nvidia Luncurkan GTX 1050 3GB untuk Budget Gamer!

Dengan terus meningkatnya harga GTX 1050 Ti, Nvidia mempersiapkan senjata baru mereka.

Cegah Miner, Nvidia Luncurkan GTX 1050 3GB untuk Budget Gamer!

Wahai para budget gamer, kesal dengan harga GTX 1050 Ti yang terus meroket berkat cryptominers namun tidak ingin beli GTX 1050 karena tanggung? Tenang, Nvidia sediakan GTX 1050 3GB sebagai solusi gaming kalian.

Merakit PC gaming dengan harga yang jangkau saat ini sudah menjadi masalah yang sulit. Dengan 'mata uang' bitcoin yang semakin menjadi, para penggali uang virtual terus mencari cara untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tidak hanya kartu grafis seperti GTX 1080 saja yang kena imbas, bahkan kartu grafis seperti GTX 1050 Ti ikutan menjadi korban dalam cryptomining. Saat ini, harga GTX 1050 Ti sudah menyentuh harga 3 juta. Ini tentu sudah meningkat hampir 50 persen dari harga aslinya.

Sebagai solusi, para budget gamer bisa membeli kartu grafis seperti GTX 1050 atau bahkan GT 730 yang performanya hampir setara dengan GTX 750 Ti. Namun untuk beberapa pemain, kartu grafis tersebut kurang memadai untuk game yang lebih berat.

Solusinya? Mereka akan memilih GTX 1050 Ti yang menghadirkan tenaga dua kali lipat. Namun apa daya, harga yang terus melambung membuat kartu grafis ini susah untuk dijangkau. Tenang saja, Nvidia sendiri memiliki solusinya yang menjembatani antara GTX 1050 dengan 1050 Ti.

Menghadirkan spesifikasi yang cukup identik, GTX 1050 terbaru yang ditenagai dengan VRAM sebesar 3GB ini membawakan solusi gaming yang pas bagi gamer dengan kantong yang tipis. Spesifikasi ini juga tampaknya sengaja dihadirkan demikian sebagai langkah untuk mencegah para miner.

Dalam mining, para penggali mata uang virtual setidaknya membutuhkan kartu grafis dengan VRAM minimal sebesar 3GB. Tentu saja, dengan adanya GTX 1050 3GB, para miner tidak akan membeli kartu grafis ini mengingat spesifikasinya terlalu pas-pasan untuk melakukan kegiatan mining.

Cegah Miner, Nvidia Luncurkan GTX 1050 3GB untuk Budget Gamer!

GTX 1050 3GB hadir dengan 768 CUDA core layaknya 1050 Ti. Secara kecepatan, varian 3GB memiliki clockspeed yang tercatat lebih cepat namun dengan memory bandwidth yang lebih rendah.

Nvidia sendiri menyebut kartu grafis terbaru ini seminimalnya akan menjalankan game dengan performa 10 persen lebih tinggi dibandingkan GTX 1050 standar.

Secara harga, Nvidia belum ingin membeberkan harga resminya namun Nvidia menjamin harganya akan lebih murah dari harga resmi GTX 1050 Ti.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU