Siapa yang Cocok Jadi Pemimpin Baru Wakanda? M'Baku atau Shuri?

Untuk sementara, Wakanda butuh pemimpin baru. Siapa yang cocok? M'Baku atau Shuri?

Siapa yang Cocok Jadi Pemimpin Baru Wakanda? M'Baku atau Shuri?

Pembahasan di bawah ini mengandung spoiler Infinity War.

SPOILER ALERT!!!

Pada dasarnya, T'Challa adalah raja ideal. Selain jago berantem, dia juga adalah pemimpin yang baik, berwibawa, dan tidak ragu membawa perubahan untuk sistem yang mulai kedaluarsa.

Meski begitu dia tidak bisa memimpin Wakanda di Avengers 4. Alasannya? Karena dia juga jadi abu bersama separuh penghuni semesta di Infinity War.

Karena film Black Panther 2 sudah direncanakan, rasanya T'Challa akan dipulihkan di Avengers 4. Namun sebelum itu, Wakanda butuh pemimpin baru.

Sejauh ini ada dua kandidat pemimpin baru Wakanda. Satunya diketahui tidak ikut musnah saat Thanos menjentikkan jari, satunya lagi nasibnya belum jelas namun diasumsikan masih hidup.

Siapa yang Cocok Jadi Pemimpin Baru Wakanda? M'Baku atau Shuri?

Saat Shuri iseng mengangkat tangan di koronasi T'Challa, para hadirin terkejut.

Secara teknis, sebagai anak dari T'Chaka, Shuri memang memiliki hak untuk mengklaim tahta Wakanda dari kakaknya sendiri. Hanya saja dia tidak berminat untuk melakukan itu.

Sekarang, kakaknya hilang. Dia pun bisa mewarisi posisi sebagai pemimpin baru Wakanda bila dia berkehendak.

Shuri sendiri adalah gadis yang genius. Dia rasanya bisa dipercaya untuk menangani masalah teknis dari dunia yang kehilangan separuh penduduk. Terutama bila dia dibimbing oleh sosok seperti Okoye, Nakia, dan ibunya. (Nakia dan ibunya tidak diketahui nasibnya sih).

Hambatan: Mungkin Shuri bisa menjadi pemimpin baru Wakanda yang sehebat kakaknya. Namun hingga saat ini, kepemimpinan Shuri belum pernah diuji.

Dari film Black Panther hingga Infinity War, Shuri lebih disajikan sebagai seorang ilmuwan. Hatinya baik, namun seorang pemimpin kadang harus melakukan tindakan yang benar-benar buruk untuk memastikan keselamatan negerinya.

Shuri mungkin punya waktu untuk beradaptasi kalau saja ia naik tahta di situasi normal. Situasi pasca-Infinity War bukan situasi normal. Wakanda pasti telah kehilangan banyak penduduk dan pemimpinnya. Negerinya berada dalam situasi perang.

Penulis merasa situasi ini akan dengan mudah menghancurkan mental Shuri. Terutama karena dia harus berduka karena kehilangan kakaknya lagi.


Gimana dengan M'Baku? Lanjutan pembahasan pemimpin baru Wakanda dapat kamu cek di halaman kedua!

Siapa yang Cocok Jadi Pemimpin Baru Wakanda? M'Baku atau Shuri?

M'Baku punya satu hal yang tidak dimiliki Shuri: pengalaman memimpin. Dia ini pemimpin Suku Jabari, dan tampaknya sukunya makmur di bawah kepemimpinannya.

Selain itu, kalaupun proses koronasi pemimpin baru Wakanda akan sama seperti di Black Panther (para pemilik darah bangsawan boleh menantang calon raja), yang bisa mengalahkan M'Baku mungkin hanya Okoye dan pasukan Dora Milaje. Itu pun mereka adalah pengawal raja, dan tidak punya hak untuk menantang calon raja.

Sebelumnya, saat Killmonger berkuasa dan T'Challa dikira mati, Ratu Ramonda bersedia menyerahkan Heart-Shaped Herb terakhir untuk M'Baku, agar penguasa suku Jabari ini mengalahkan Killmonger.

Dengan sifat tangguhnya, M'Baku juga mungkin adalah pemimpin yang cocok untuk menyangga Wakanda di situasi membingungkan yang terjadi setelah Infinity War.

Hambatan: Kalau M'Baku menjadi pemimpin baru Wakanda, dia bisa jadi akan memutus bantuan Wakanda ke dunia luar.

Penulis merasa begini: M'Baku melihat sekumpulan orang asing membawa konflik skala kosmik ke Wakanda. Konflik ini sejak awal ia yakini akan menjadi penyebab kehancuran negerinya.

Lalu, ternyata para pahlawan gagal untuk menghentikan ambisi Thanos. Para prajurit Wakanda yang tewas dalam upaya menahan pasukan Outrider mati sia-sia. Sudah begitu T'Challa pun lenyap.

Dalam situasi seperti ini, wajar bila sosok emosional seperti M'Baku menyalahkan pihak tertentu. Bila dia menjadi raja, dan menuding Avengers, maka dia pasti akan mengusir mereka dan kembali menutup Wakanda.

Selain itu, M'Baku adalah pemimpin dari suku yang hingga Infinity War terlihat masih tidak menggunakan teknologi canggih. Penulis kok ragu dia bisa memanfaatkan dengan benar teknologi canggih Wakanda, kecuali dia mau dibimbing oleh Shuri.


Jadi siapa di antara dua ini yang cocok jadi pemimpin baru Wakanda? Cek di halaman ketiga!

Siapa yang Cocok Jadi Pemimpin Baru Wakanda? M'Baku atau Shuri?

Ini situasi yang menarik.

Pada dasarnya, kalau Avengers membutuhkan bantuan Wakanda lagi, Shuri adalah pilihan terbaik untuk menjadi pemimpin. Dia mungkin kurang berpengalaman, namun Shuri rasanya pasti akan terus mencoba membantu Avengers agar mereka bisa memulihkan kakaknya dan mencegah bencana dari Infinity War.

Namun untuk stabilitas Wakanda di jangka pendek, terutama setelah kemusnahan raja dan banyak penduduk dan prajurit mereka, M'Baku dan sifat kerasnya terasa lebih bagus.

Dalam jangka panjang, kepemimpinan M'Baku mungkin akan bikin masalah baru. Namun setelah Infinity War, Wakanda butuh seseorang yang dapat menciptakan stabilitas di tengah kekacauan, dengan cara apapun.

Konsekuensinya, penulis yakin M'Baku akan lebih ogah-ogahan untuk membantu Avengers lagi setelah musnahnya separuh semesta.

Untuk penulis pribadi sih, Shuri tampaknya yang lebih cocok jadi pemimpin baru Wakanda. Dia mungkin tidak punya pengalaman memimpin, tapi lihat di Black Panther dan Infinity War. Meski harus melawan musuh yang berbahaya pun dia tidak mundur; dia mengambil senjata dan mencoba menembak musuhnya.

Ini rasanya menunjukkan kalau Shuri bukan tipe yang akan kabur dari tantangan. Mungkin dia akan stres, tapi dia akan berusaha keras agar Wakanda tidak rontok.

Selain itu, bantuan Wakanda masih diperlukan untuk Avengers. Ini pertimbangan utamanya.


Itulah analisis penulis soal calon pemimpin baru Wakanda. Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU