Ini Daftar Rentetan Kesalahan Fatal Loki yang Berujung ke Tragedi!

Cukup menyedihkan juga kalau dipikir-pikir. Hampir semua upaya Loki selalu berujung kepada kegagalan, yang menghantuinya sampai ke Infinity War

Pembahasan rentetan kesalahan fatal Loki ini mengandung spoiler untuk Infinity War dan film-film Thor sebelumnya.

SPOILER ALERT!!!

Kebanyakan antagonis di Marvel Cinematic Universe berumur pendek. Ajaib bila ada yang bisa bertahan lebih dari dua film.

Loki adalah termasuk salah satu tokoh yang ajaib itu. Pertama kali dia muncul sebagai penjahat tragis di Thor 1. Lalu dia benar-benar menjadi supervillain berbahaya di Avengers 1. Situasi mendorongnya menjadi anti-hero di Thor: The Dark World dan Thor: Ragnarok.

Lalu, saat ia benar-benar mencoba melakukan tindakan heroik di Infinity War, umurnya berakhir dengan singkat.

Yang cukup tragis juga, kalau kita lihat-lihat lagi, kematian Loki di Infinity War itu tampaknya disebabkan oleh rentetan kesalahannya sendiri. Bahkan dia juga yang bertanggung jawab pada masalah yang diderita Asgard dan kemudian seluruh semesta.

Apa saja? Mari kita cek rentetan kesalahan fatal Loki.

1

Mengabdi Kepada Thanos

Diceritakan kalau setelah ending Thor 1 Loki berjumpa dengan Thanos di wilayah Chitauri. Ia diberikan tongkat yang diperkuat Mind Stone untuk merebut Tesseract dari SHIELD.

Lalu Loki gagal, dan Thanos kehilangan dua Infinity Stone sekaligus. Kesalahan fatal Loki ini juga tampaknya yang membuat dia kemudian menyamar menjadi Odin dan memalsukan kematiannya sendiri. Sang Mad Titan baru memburunya setelah Asgard hancur dan dia diketahui hidup lagi.

Di satu sisi, ini rasanya salah satu alasan Loki kehilangan nyawanya. Kalaupun dia tidak mencoba menyerang Thanos di awal Infinity War, Thanos tampaknya tetap akan mengeksekusinya kemudian. (Ebony Maw sendiri yang bilang Thanos tidak suka kegagalan).

Di sisi lain, sebenarnya ada sisi positif dari kesalahan fatal Loki ini, tapi bukan untuk dirinya. Thanos awalnya sudah punya Mind Stone. Kalau saja Loki tidak gagal, Thanos akan memulai petualangannya dengan batu yang bisa mengendalikan pikiran orang lain. Dia bisa berhasil lebih cepat dari di Infinity War.

Karena Loki gagal juga Thanos jadi tidak langsung memperoleh Tesseract. Kalau saja Thanos memperoleh Tesseract, kemusnahan separuh semesta juga dapat terjadi jauh lebih cepat dari seharusnya, mungkin tak lama dari kejadian Avengers 1. Soalnya Thanos jadi bisa berpindah tempat dengan sangat mudah.


Lanjutan pembahasan rentetan kesalahan fatal Loki dapat kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.