Selamat! Inilah Wakil Indonesia yang Akan Bertanding di Cabang PES Asian Games 2018!

Selamat dan sukses untuk Rizki Faidan dan Setia Widianto! Semoga bisa mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2018 mendatang.

Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang bulan Agustus 2018 nanti akan menorehkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya, ada eSports dalam salah satu cabang yang dilombakan. Meskipun masih sekedar eksibisi dan tidak menghasilkan medali, namun tentu saja ini membuat eSports selangkah lebih dekat untuk sejajar dengan cabang olahraga tradisional lain yang menghasilkan medali.

Total ada enam game yang dipertandingkan, antara lain Arena of Valor, Pro Evolution Soccer (PES) 2018, StarCraft II: Legacy of the Void, League of Legends, Clash Royale, dan Hearthstone. 

Beberapa game pun mulai melaksanakan turnamen untuk menentukan siapa wakil Indonesia di kejuaraan Asia tersebut. Salah satunya adalah PES 2018 yang akhir pekan kemarin menggelar pertandingan kualifikasinya.

PES 2018 ASian Games 2018

Turnamen kualifikasi PES 2018 ini sendiri digelar oleh komunitas PES terbesar di Indonesia, Liga1PES dengan didukung oleh Telkom Indonesia, Konami, True Digital Plus Indonesia, IESPA dan AGE Network. Kualifikasi ini digelar selama tiga hari, dengan total ada 64 tim yang bertanding dari seluruh Indonesia plus empat tim undangan.

PES Asian Games 2018

Empat tim undangan ini dipilih berdasarkan prestasi mereka di kancah nasional dan internasional sebelumnya. Sebut saja Station Game Bonek dari Surabaya (Batara Riasta dan Lucky Ma’arif) yang awal tahun ini baru saja membawa pulang gelar dari ajang WESG di Cina. Atau Station Game Borneo dari Samarinda (Adyatma “Q-wa” dan Ade Ananta) yang awal tahun mewakili Indonesia ke turnamen PES League Asia di Bangkok, Thailand.

Tim asal Bandung keluar sebagai juara

Kualifikasi digelar selama tiga hari dengan format Best of Three. Pertandingan pertama menggunakan format 1 vs 1, dimana masing-masing tim memilih siapa wakil mereka yang akan bertanding. Lalu, pertandingan kedua menggunakan format 2 vs 2 secara co-op. Jika hasil seri, maka pemain yang belum bertanding dalam 1 vs 1 sebelumnya akan bertanding untuk memperebutkan poin kemenangan.

Setelah kualifikasi yang sangat ketat, akhirnya tim Aliban Wani Adu dari Bandung yang terdiri dari Rizki Faidan dan Setia Widianto keluar sebagai juaranya dan berhak mewakili Indonesia ke Asian Games 2018. Aliban Wani Adu sendiri tampil sangan impresif sejak kualifikasi dengan rekor kemenangan delapan kali dan hanya kalah sekali.

PES Asian Games 2018

Setia Widianto (kiri) dan Rizki Faidan

Di putaran final, Aliban Wani Adu kembali menunjukkan ketangguhannya dengan menyapu bersih delapan kemenangan dan menyingkirkan beberapa tim undangan seperti Station Game Bonek dan Station Game Borneo. Lantas di pertandingan final, mereka berhasil menyapu bersih dua kemenangan atas tim PJ.


CONTINUE READING BELOW

PES Masuk Sebagai Cabang Olahraga Asian Games 2018. Dapatkah Indonesia Berjaya?

agi gamer yang hobi bermain game sepakbola, adanya PES masuk Asian Games 2018 menjadi salah satu daya tarik. Apalagi animo gamer PES di Indonesia begitu tinggi dibandingkan dengan game-game olahraga sejenis seperti FIFA atau NBA.


Dengan kemenangan ini, Rizki dan Setia berhak mewakili Indonesia di Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Mereka akan bertanding melawan wakil-wakil dari Asia Timur (3 tim), Asia Selatan (1 tim), Asia Tenggara (1 tim) Asia Tengah (1 tim) dan Asia Barat (1 tim). Selamat berjuang!

Sumber foto: Liga1PES

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.