Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan

Jika kamu bingung mau nonton apa di bioskop minggu ini, cobalah menonton Tully. Film keluarga yang lucu, manis, dan menghangatkan hati. Ia juga punya kejutan menarik yang akan menghantuimu bahkan setelah filmnya selesai.

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan

Jika kamu bingung mau nonton apa di bioskop minggu ini, cobalah menonton Tully. Itu saja yang ingin saya bilang untuk kamu yang belum nonton, sebab review Tully berikut ini akan mengandung spoiler.

Tapi sebelum itu, review Tully ini akan dimulai dengan sinopsis yang tentunya tidak mengandung spoiler.

Sinopsis

Menjadi orang tua itu berat, apalagi jika kamu mengambil peran sebagai seorang ibu yang sudah punya dua anak dan satu lagi hendak mbrojol. Cobaan semakin berat ketika pasanganmu bekerja membanting tulang saban hari dari pagi sampai malam tanpa sempat membantumu.

Cobaan berat itu semakin berat lagi ketika salah satu anakmu adalah anak berkebutuhan khusus. Rasa-rasanya kepala hendak meledak. Itulah yang dirasakan Marlo (Charlize Theron) yang wajahnya mulai pucat dan keriput serta sudah banyak gelambir lemak di pinggul ketika mendengar krucil-krucil-nya merengek terus.

Hingga pada suatu waktu, seseorang merekomendasikanmu seorang pengasuh bayi yang bekerja khusus malam hari. “Mereka datang dan pergi bagai ninja,” ujar Craig (Mark Duplass), adik Marlo, menjamin.

Maka, Marlo pun memanggil Tully (Mackenzie Davis), wanita muda yang sangat cekatan dalam kerjanya. Hasilnya mulai kelihatan; Marlo jadi lebih punya banyak waktu dan menghadapi hari-hari dengan energi positif.

Namun, kisah too good to be true ini tak berjalan lama sebab ada yang tidak beres...

Lucu dan Penuh Tragedi

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan

 

Melihat kisah Marlo ini mengingatkan kita pada kisah klasik seorang ibu. Sebelum menulis review Tully ini saya merasa bisa ikut terhubung karena ibu saya juga dulu harus ‘menghadapi cobaan’ yang hampir sama, yakni melahirkan bocah-bocah seperti saya dan adik-adik dalam waktu berdekatan.

Jadi, jika ibu saya merasa terdesak karena kami tidak mau membeli minyak goreng di warung, ia keluarkan kartu As-nya berupa keluhan betapa susahnya ia dulu ketika harus mengurus anak-anak nakal seperti kami sambil bekerja.

Beberapa hal memang sedikit berbeda, misal ibu saya tak memakai speaker dan mic agar suara bayi yang menangis bisa membangunkannya dari tidur. Kisah ibu Marlo barangkali lebih berat sebab salah satu anaknya, Jonah, harus mendapat perhatian lebih di rumah maupun di sekolah.

Ini bukan hendak membandingkan yang mana yang lebih berat, sebab itu sia-sia saja; menjadi ibu itu sangatlah berat. Yang saya ingin sampaikan ialah, meskipun terdapat perbedaan yang utamanya dipengaruhi oleh perbedaan budaya Indonesia dan Amerika, soal-soal mengasuh anak ini pada dasarnya sama saja.

Tully secara jujur memotret kehidupan sehari-hari Marlo mengurus anak-anaknya. Ditampilkan bahwa ia selalu kurang tidur dan hampir tidak pernah merawat diri. Ia tidak berhubungan intim dengan suaminya selama berbulan-bulan.

Satu-satunya kesempatan ia bersentuhan dengan hal-hal hiburan adalah menonton acara TV ‘Gigolo’ tengah malam setelah menidurkan anak-anaknya.

Rutinitas itu ‘membunuh’ Marlo secara perlahan-lahan. Ia menderita baby blues, alias sindrom yang bisa terjadi pada ibu yang baru melahirkan. Penderita biasanya bisa tiba-tiba murung tanpa sebab yang jelas, kehilangan gairah pada hal-hal yang tadinya menyenangkan, dan mudah marah. Marlo mendamprat kepala sekolah Jonah, padahal tidak salah apa-apa.

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan

Fenomena ini terjadi di seluruh dunia. WHO mencatat sekitar 13 persen ibu melahirkan mengalami gangguan mental seperti depresi. Bahkan di negara-negara berkembang, persentase ini mencapai 19,8 persen.

Ibu melahirkan rentan memikirkan untuk bunuh diri.

Menariknya, Tully tidak terjebak dengan mengarahkan film menjadi depresif. Ada momen-momen depresi, tapi lebih banyak momen-momen humoris dari kisah keluarga ini. Misalnya, ketika Marlo baru saja mendaprat bu kepala sekolah, keranjang bayi yang ia bawa terantuk kaki meja.

Adapun ketika Marlo nyaris muntab ketika anak-anaknya menjerit minta perhatian, adegan itu dibuat lucu. Namun, kita seperti diarahkan bukan untuk menertawakan Marlo, melainkan untuk menertawakan tragedi.

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan

Marlo mengingatkan saya pada Juno MacGuff dalam film Juno (2007). Juno adalah remaja yang hamil dini. Marlo dan Juno sama-sama ditimpa oleh persoalan anak dan tugas mereka sebagai ibu.

Namun, mereka adalah ibu dan calon ibu yang cerdas; selalu ada sisi baik dari ‘kejadian buruk’. Keduanya menempatkan anak sebagai prioritas dan Marlo melakukan apa saja termasuk menahan amarah yang sudah di ubun-ubun kepada anaknya. Itulah makna kelembutan dan pengorbanan seorang ibu.

Persamaan kedua film ini tidak heran mengingat keduanya sama-sama disutradarai oleh Jason Reitman dan ditulis skenarionya oleh Diablo Cody.

Film Tully memberikan kejutan menarik yang mengingatkan kita akan satu film populer. Apa itu? Baca selengkapnya dalam review Tully di sebelah!

Charlize Theron Adalah Bintangnya

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan Charlize Theron (kiri) menambah berat badan sampai hampir 100 kg dekan makan makanan cepat saji demi aktingnya dalam film Tully.[/caption]

Memerankan tokoh ibu seperti karakter Marlo ini butuh totalitas. Charlize Theron, aktris pemenang Oscar untuk aktingnya dalam film Monster (2003), sampai menambah berat badan dengan ekstrem.

Theron menambah berat badannya sampai hampir 100 kg dalam waktu tiga setengah bulan dengan cara makan-makanan cepat saji. Itulah kenapa bentuknya seperti orang yang hidup segan mati tak mau dalam film ini. Begitu syuting selesai, ia langsung diet selama satu setengah tahun untuk mengembalikan beratnya.

Performanya sebagai ibu memang sangat baik, akan tetapi penampilannya yang paling berkesan adalah saat ia bersama Tully (Mackenzie Davis). Tully bagai teman lama datang bercerita bagi Marlo. Mereka sangat akrab dan ‘satu frekuensi’ dalam hal selera.

Saking dekatnya hubungan mereka, mudah untuk merasakan mereka untuk saling mencintai satu sama lain. Tapi film tidak tertarik untuk mengeksplor sisi tersebut. Hebatnya ialah, performa duo Theron dan Davis membuat kita merasa hubungan tersebut tak perlu dieksplor lebih lanjut.

Twist yang Mengejutkan, tapi Menghangatkan Hati

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan

Peringatan, review Tully bagian ini penuh spoiler.

Twist atau kejutan yang dihadirkan Tully ini bukanlah hal yang baru dalam dunia perfilman. Satu film yang paling mirip dan populer adalah The Sixth Sense (1999), buatan sutradara yang sangat hobi membikin twist, M. Night Shyamalan.

Namun, ada satu hal yang Tully lebih unggul daripada The Sixth Sense, yakni kita tidak tahu bahwa twist ini akan datang. The Sixth Sense membuat kita menebak-nebak sepanjang film, dan kita juga tahu jika sutradaranya Shyamalan, pasti akan ada twist.

Tully tidak seperti itu. Film ini menjual dirinya sebagai film keluarga. Sebagai film keluarga, wajar saja jika kita mengharapkan akhir yang 'cari aman'. Namun, ia justru membelokkan setir ke arah kesehatan jiwa, yakni Marlo yang tampaknya menderita skizofrenia.

Review Tully: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Seorang Ibu Melahirkan Mackenzie Davis sebagai Tully, si pengasuh bayi.[/caption]

Menariknya seperti The Sixth Sense, kita sebenarnya telah diperingatkan sepanjang film lewat tanda-tanda yang sebenarnya juga cukup terang benderang. Misalnya, Tully hanya berinteraksi pada Marlo dan sekali pada suaminya, Drew (Ron Livingston).

Nah, interaksinya pada Drew inilah yang paling terang, seterang ketika Cole Sear (Haley Joel Osment) mengatakan kutipan ikonik “I see dead people.” pada Malcolm Crowe (Bruce Willis). Apakah beres mengajak pengasuh bayimu untuk berhubungan intim dengan suamimu sendiri?

Jika The Sixth Sense penuh misteri, film ini tetap setia pada koridornya sebagai film keluaga. Seperti halnya momen depresi seorang ibu sebelumnya, momen twist ini juga dibuat humoris sehingga akhir yang dicapai menghangatkan hati.

Menghangatkan hati karena twist ini sebenarnya bukan inti sebenarnya dari film Tully. Inti sebenarnya bagi seorang ibu adalah pentingnya menyayangi diri sendiri.

Sementara itu bagi keluarga di sekitar ibu, ada baiknya untuk lebih perhatian dan berusaha membantu untuk meringankan beban. Melahirkan bayi bukan selamanya menyenangkan seperti ucapan selamat; di baliknya ada ibu yang menderita.

Demikian review Tully dari Duniaku.net. Bagaimana pendapatmu tentang film ini? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU