Tahu Gak? Ini Dia Evolusi 30 Logo Spider-Man dari Masa ke Masa!

Manakah logo Spider-Man yang menurut kamu paling keren?

Spider-Man merupakan salah satu tokoh superhero Marvel yang populer. Tokoh rekaan Stan Lee ini memiliki berbagai hal ikonik seperti halnya kostum, kekuatan, alter egonya, sudah dikenal fans. Salah satu hal yang ikonik adalah logo Spider-Man, yang ternyata berkembang dari masa ke masa.

Seperti namanya, logo Spider-Man tentunya berbau ikon laba-laba. Namun perlu diketahui, “umur” Spider-Man itu sudah 56 tahun. Sejak kemunculannya di Amazing Fantasy #15 (1962), tentunya Spider-Man telah berevolusi berkali-kali hingga kini. Apalagi dengan kemunculan terakhirnya di Avengers Infinity Wars, Spider-Man kembali mendapatkan penyegaran desain kostumnya, yang tentunya berdampak pada logonya juga.

Seperti apa ya evolusi logo Spider-Man? Yuk kita simak pembahasannya di sini.

1

1962 Steve Ditko

Awal kemunculan Spider-Man di Amazing Fantasy #15 (1962). Lambangnya masih sederhana dan terkesan buntek bulet.

2

1966 John Romita Sr

Logo Spider-Man menjadi lebih ramping dengan perut yang panjang. Masih terasa pengaruh logo orisinilnya.

3

1967 Animated TV Series

Spider-Man mulai dibuat versi animasinya. Logonya masih terpengaruh desain John Romita Sr, namun lebih bulat bagian perutnya. Ini Spider-Man yang suka dibuat meme kocaknya itu lho.

4

1973 Pasca kematian Gwen Stacy

Pasca kematian Gwen Stacy, logo laba-labanya agak berubah. Seperti yang terlihat jarak kakinya lebih lebar dan proporsi logo lebih bulat.

5

1978 Spectacular Spider-Man

Dengan kemunculan judul Peter Parker the Spectacular Spider-Man, logo laba-laba pun mengalami desain baru. Logo Spider-Man mulai tampak variasi, seperti sepasang kaki menghadap ke atas dan sepasang kaki lainnya menghadap ke bawah.

6

1984 Alien costume

Symbiote Venom mulai muncul di masa ini. Logo yang muncul ketika symbiote merasuki Spider-Man, dan sempat meramaikan Secret War.

7

1988 Todd McFarlane

Logo Spider-Man saat digarap oleh Todd McFarlane. Salah satu masa yang meninggalkan khas karena keunikan Todd McFarlane. Ia kini lebih banyak menggarap komik Spawn.

8

1992 Spider-Man 2099

Konsep Spider-Man masa depan dimana Miguel O’Hara yang menjadi jagoan kita ini. Logonya unik karena lebih menyerupai lambang tengkorak.

9

1994 Spider-Man: The Animated Series

Spider-Man kembali ke dunia animasi yang lebih modern. Logonya juga masih mengikuti tren empat kaki ke atas dan empat kaki ke bawah.

10

1994 Scarlet Spider

Memasuki clone saga, Spider-Man ini diperankan oleh klon bernama Ben Reily. Mengikuti kostum jaket jeans terbaik yang unik, lambangnya juga ikutan unik karena agak miring berbeda dari biasanya.

11

1996 Ben Reily (Sensational)

Masih melanjutkan clone saga, Ben Reily pun ganti kostum. Begitu juga dengan logonya yang berganti, dengan keunikan kaki laba-labanya lebih panjang dari biasanya.

12

1999 Spider-Man Unlimited

Spider-Man kembali ke dunia animasi yang lebih modern. Spider-Man ini sekilas seperti Spider-Man 2099

13

2000 Ultimate

Memperkenalkan semesta baru Earth-1610, Spider-Man juga ikutan beraksi di dunia Ultimate ini. Konon ini adalah semesta yang mendekati semesta Marvel Cinematic Universe, namun ini jauh sebelum isu Spider-Man akan gabung di MCU.

14

2002 Spider-Man Movie

Sony akhirnya merilis film Spiderman. Dengan kesan modern, lambang dari Spider-Man juga diremajakan. Kesan tajam terasa pada logo ini.

15

2004 Spider-Man 2 Movie

Film Spider-Man pun berlanjut ke sekuel. Logonya kembali diremajakan walau masih mirip dengan movie pertama.

16

2006 Spectacular Spider-Man TV Series

Seri televisi ketiga dari Spiderman. Logonya kembali menggunakan kaki pendek walaupun terkesan kotak-kotak.

17

2006 Iron Spider

Spider-Man di Civil War saat memihak Tony Stark. Ia pun mendapatkan kostum Iron Spider yang didukug teknologi canggih Stark. Logonya memberi kesan canggih.

18

2007 Spider-Man 3 Movie

Sekuel kedua dari film Spider-Man, logonya lebih besar karena logo ini juga memenuhi bagian dada dari kostum Spider-Man. Logo ini juga dibuat seperti terpengaruh logo symbiote.

19

2010 Future Foundation

Spider-Man dekat dengan Fantastic Four, maka tidak aneh jika Spider-Man pernah menggantikan personil saat salah satu anggotanya absen. Kali ini Spider-Man direkrut oleh Reed Richards untuk mengembangkan perusahaan teknologi dengan nama Future Foundation. Kostum Spidey saat ini bernuansa putih nan canggih.

20

2011 Miles Morale Ultimate Spider-Man

Spider-Man menghadirkan karakter yang mengejutkan karena ia adalah bocah kulit hitam dengan nama Miles Morales. Siapa sangka bahwa ia nantinya akan menggantikan Spider-Man orisinil yang tewas untuk menjadi Spider-Man utama di Earth-1610.

21

2011 Big Time Stealth Suit

Saat saga Big Time! Spider-Man menggunakan kostum canggih lainnya yang bernuansa stealth dan bernuansa hijau. Tapi desain ini tidak lama umurnya karena hanya sebentar dikenakan Peter Parker.

22

2012 Amazing Spider-Man Movie

Sony pun me-reboot film Spider-Man, dengan logo berkaki sangat panjang dan tipis karena menyatu dengan desain kostum barunya.

23

2012 Scarlet Spider (Kaine)

Salah satu clone Peter Parker mengemban nama Kaine. Ia mengenakan kostum Spider-Man bernuansa merah-hitam.

24

2013 Superior Spider-Man

Hadiah edisi Spider-Man ke 700, Peter Parker “dibunuh”. Otto Octavius yang kita kenal sebagai Dr. Octopus berhasil mentransfer jiwanya ke tubuh Parker. Penuh dengan ilmu pengetahuan, Otto mengubah Spider-Man yang lebih hi-tech menjadi Superior Spider-Man.

2014 Amazing Spider-Man 2 Movie

Sekuel dari reboot Spider-Man. Logonya mempertahankan kaki panjang namun terlihat lebih berisi dan kekar.

26

2015 All-New All-Different

Refresh semesta Marvel, jiwa Peter Parker berhasil kembali ke tubuhnya. Ia harus menghadapi banyak perubahan karena ulah Otto Octavius. Ia menjadi kepala Parker Industries dan masih memanfaatkan teknologi canggih pada kostumnya sepeninggal Superior Spider-Man.

27

Refresh semesta Marvel juga meliputi dunia 2099. Logonya justru bernuansa elektrik dengan sedikit kesan tengkorak ala Spider-Man 2099.

28

2017 Spider-Man Homecoming

Spider-Man akhirnya bergabung di MCU dengan debut di Captain America: Civil War. Logonya juga ikut berubah, kembali pada logo klasik yang gemuk dan bulat. Namun terdapat aksen canggih mengingat kostum ini dibuat oleh Stark Industries.

29

2018 Avengers: Infinity War

Spider-Man MCU kembali beraksi di Avengers Infinity War. Seperti yang diduga, ia mengenakan kostum Iron Spider untuk melawan Thanos. Kostum ini pun memiliki perubahan logo yang terlihat canggih, dan kembali dengan kaki panjangnya.

30

2018 Spider-Man PS4

Salah satu yang terlihat fresh adalah penampilan Spider-Man di PS4 nanti. Ia kembali mendapat kostum yang baru dan tentunya juga logo yang baru. Sekilas logo ini mirip logo saat terkena symbiote, apakah nanti akan berhubungan dengan game-nya? Tentunya ini akan menarik untuk dinanti!!

Untuk melihat rekapannya, bisa dilihat di sini:

sumber: twitter Ricky Franklin

Bagaimana menurut kamu mengenai evolusi logo Spider-Man? Manakah yang menurut kamu paling keren? Ingin mendiskusikan topik ini dengan temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag ya!

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin