7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!

Kamu tahu Blackbeard asli di dunia nyata? Dia adalah Edward Teach! Ada beberapa fakta tentang Bajak Laut asli ini, simak daftarnya di sini!

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!

Apakah kamu tahu, ternyata ada Bajak Laut Blackbeard asli di dunia nyata, lho! Tentunya dunia nyata ini adalah dunia kita, dan dia sudah hidup pada masa lalu. Dia adalah Edward Teach. Di One Piece, nama ini terkesan familiar, namun nama Edward Teach sebenarnya tidak ada di One Piece, yang ada adalah Edward Newgate dan Marshall D. Teach. Lalu, siapa sih Bajak Laut Blackbeard asli di dunia nyata? Simak ketujuh faktanya berikut ini!

1. Menginspirasi Oda menciptakan 2 karakter One Piece, Blackbeard dan Whitebeard

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!Whitebeard berhadapan dengan Blackbeard. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Karakter Edward Teach memang tidak ada di anime dan manga One Piece, namun tetap saja Blackbeard asli di dunia nyata ini menginspirasi Eiichiro Oda. Seperti yang disebut di atas, nama dari Bajak Laut ini menjadi dua karakter di One Piece, yaitu Edward Newgate, dan juga Marshall D. Teach. Karakter yang menyandang julukan Blackbeard di One Piece adalah Marshall D. Teach, sedangkan yang membawa nama Edward menjadi Whitebeard.

2. Edward Teach lahir tahun 1680

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!Ilustrasi sketsa Blackbeard (Dok. nc.gov/sketsa blackbeard)

Pada masa itu, lebih tepatnya tahun 1700 an memang belum ada catatan sejarah yang resmi untuk beberapa kejadian dan tokoh, terlebih soal Bajak Laut yang memang sekelompok kriminal. Ada beberapa cerita tentang Edward Teach, mulai dari tempat kelahirannya yaitu di kota Bristol, Inggris pada tahun 1680. Beberapa lagi mengatakan dia lahir di Jamaika. Untuk nama aslinya, di beberapa dokumen sejarah, namanya disebut sebagai Edward Thatch, dan sebagian lagi menyebutnya Edward Teach. Satu hal yang pasti, nama julukannya datang dari penampilannya yang berjanggut, dan karena itu dia dipanggil Blackbeard.

3. Edward Teach merupakan anak buah dari bajak laut terkenal

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!Ilustrasi Benjamin Hornigold (Dok. piratehalloffame)

Ternyata, Edward Teach awalnya adalah anak buah dari Bajak Laut yang sudah terlebih dahulu terkenal, yaitu Benjamin Hornigold. Saat itu, Benjamin Hornigold adalah Bajak Laut yang juga berbahaya dan juga suka melakukan pencurian di atas lautan. Tadinya Edward Teach masih ikut bersama Benjamin, lalu dia menunjukan kehebatannya dalam menjadi Bajak Laut, sampai akhirnya dia diberikan kapal sendiri. Edward Teach dan Benjamin Hornigold sering bekerja bersama untuk merampok kapal-kapal, sampai akhirnya Benjamin Hornigold pensiun menjadi Bajak Laut, dan memohon pengampunan pada kerajaan Inggris.

4. Memiliki sebuah kapal yang bersejarah, Queen Anne's Revenge

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!Ilustrasi kapal Queen Anne's Revenge (Dok. wikipedia)

Setelah memimpin anak buahnya sendiri dan sudah tidak ikut lagi bersama Benjamin Hornigold, Blackbeard memiliki sebuah kapal yang cukup terkenal. Nama kapal tersebut adalah Queen Anne's Revenge, dan sering diidentifikasikan sebagai wanita (karena kebetulan di beberapa bahasa Eropa, termasuk Perancis yang dikatakan sebagai asal-usul lahirnya kapal ini menggunakan jenis kelamin bahkan untuk benda mati). Sama seperti Edward Teach itu sendiri, kapal ini juga memiliki beberapa kisah yang simpang siur. Cerita yang paling diyakini benar adanya adalah kapal ini dibuat di Bristol, pada tahun 1710. Nama kapal ini awalnya adalah Concord, lalu dicuri oleh Perancis, dan dinamai La Concorde de Nantes. La Concorde de Nantes sebelumnya digunakan untuk membawa budak. Akhirnya, Blackbeard mencurinya lagi, dan dinamai Queen Anne's Revenge.

5. Termasuk salah satu Bajak Laut yang gagal

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!Ilustrasi Edward Teach (Dok. wikipedia)

Maksud dari gagal di sini adalah, Blackbeard adalah Bajak Laut yang tidak terlalu sukses merebut kapal atau mencuri harta targetnya. Masih ada beberapa Bajak Laut yang jauh lebih sukses dalam hal perebutan seperti yang disebut di atas. Namun meskipun begitu, Blackbeard tetap Bajak Laut berbahaya yang diperhitungkan. Tidak hanya itu, diyakini bahwa Blackbeard tidak meninggalkan harta karun apapun, berbeda dengan Bajak Laut lainnya.

6. Memiliki kemiripan dengan Blackbeard One Piece

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!Berbagai sumber

Ketika siap bertempur, Blackbeard akan mengenakan pakaian serba hitam dan siap bertempur. Di sini, lawan-lawannya menggambarkan Blackbeard seperti Iblis yang menakutkan. Blackbeard sendiri memang petarung yang hebat, dan tidak ragu turun ke lapangan untuk melawan musuh-musuhnya. Namun ada yang unik, ternyata Blackbeard tidak sesadis itu, karena dia masih membiarkan beberapa musuhnya hidup. Bahkan dia sengaja membebaskan musuh-musuhnya agar cerita tentang Blackbeard tersebar, dan akhirnya dia menjadi lebih terkenal dan lebih disegani.

7. Kisah Blackbeard nyata digunakan ke anime dan manga One Piece

7 Fakta Edward Teach, Bajak Laut Blackbeard Asli di Dunia Nyata!onepiece.fandom.com

Ternyata ada beberapa kisah Blackbeard asli di dunia nyata yang juga digunakan dalam Blackbeard di anime dan manga One Piece. Pertama, kedua Blackbeard ini sama-sama ikut dengan Bajak Laut terkenal sebelum akhirnya memiliki panggungnya sendiri. Edward Teach dengan Benjamin dan Marshall D. Teach dengan Edward Newgate. Keduanya sama-sama dianggap memiliki penampilan yang menyeramkan, dan bahkan Marshall D. Teach dianggap memiliki bentuk tubuh yang aneh. Selain itu, keduanya juga cerdas, yang mana mereka memiliki tujuan, dan menggunakan beberapa cara untuk memuluskannya, contohnya dengan cara menjadi terkenal dan diakui dunia. Edward Teach dengan cara di poin keenam, dan Marshall D. Teach dengan cara menangkap orang kuat, lalu menginginkan sebuah posisi.

Itulah fakta Edward Teach, Blackbeard asli di dunia nyata. Bagaimana menurutmu? Ingin Duniaku seterusnya membahas tokoh Bajak Laut lain? Silahkan tulis di kolom komentar dan bagikan ke teman-temanmu, ya.

Baca Juga: Prediksi One Piece 1054: Akankah Topi Jerami Menghadapi Ryokugyu?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU