Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Selain memperjelas situasi Marley dan Eldia sebelum konflik, Attack on Titan 106 akhirnya mengungkap nasib Annie Leonhart yang sudah lama jadi misteri!

Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Pembahasan Attack on Titan 106 di bawah ini mengandung spoiler.

SPOILER ALERT!!!

Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Kalau kamu bingung mengenai pengungkapan di Attack on Titan 105, maka Attack on Titan 106 memberi penjelasan yang lebih baik. Termasuk jawaban kenapa kapal-kapal Marley menghilang di perairan Pulau Paradis.

Pertama, seorang prajurit Marley bernama Yelena mengkhianati komandannya sendiri. Yelena lalu berdialog dengan Hange Zoe. Ini terjadi sebelum Eren menyelinap ke Marley dan mengacaukan segalanya.

Yelena sendiri mengungkap kalau Zeke berniat untuk membebaskan kaum Eldia dari situasi mereka di dunia saat ini. Zeke juga yang menawarkan jalan diplomasi dan bantuan lain.

Mengingat Zeke adalah Beast Titan yang terkenal cerdik, tak heran kalau taktik ini sempat membangkitkan tanda tanya dan keraguan dari para pejabat Paradis. Rencana Zeke sendiri tampaknya adalah menggunakan para Colossal Titan tersembunyi di tembok Paradis untuk mengamankan nasib kaum Eldia.

Untuk itu, dibutuhkan pemilik kekuatan Founder Titan (saat ini Eren) dan Titan yang memiliki darah dari bangsawan Eldia. Zeke Yeager memiliki darah dari Dina Fritz; sesuatu yang tidak dimiliki oleh Eren. Karena Zeke kooperatif, kerja sama ini bisa membuat Eren memperoleh yang ia inginkan tanpa perlu menjadikan Historia Reiss sebagai Titan.

Yelena sendiri kemudian dimanfaatkan untuk membuat lebih banyak kapal Marley hilang dengan menggunakan panggilan darurat palsu. Kapal yang dijebak lalu diamankan oleh para Titan Shifter dari Paradis.

Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Menarik juga ya.

Dunia Attack on Titan bergerak menuju perang besar. Semua tokohnya sudah lebih menua dibanding dulu. Mereka bukan lagi para pejuang berbakat yang fresh lulus dari Training Corps.

Meski begitu, satu orang tetap membeku seperti sedia kala.

Sosok itu adalah Annie Leonhart, yang diajak bicara oleh Armin. Annie tetap terbungkus di kristal. Selama timeskip, dia ternyata belum juga bisa dikeluarkan dari kristalnya. Kekuatan Female Titan pun masih membeku.

Melihat kejadian di Marley, yang bisa membebaskan Annie dari kristal ini ya kehendak Annie sendiri atau rahang dari Jaws Titan. Mengingat kekuatan Jaws tidak termasuk yang sukses dicuri Eren, Annie bisa jadi masih akan membeku untuk beberapa waktu ke depan.


Lanjutan pembahasan Attack on Titan 106 dapat kamu cek di halaman kedua!

Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Kalau dilihat dari dialog Mikasa, Armin, dan Eren di Attack on Titan 106 ini, pada dasarnya di awal Mikasa, Armin, dan Eren menyadari mereka membutuhkan lebih banyak waktu.

Waktu untuk mencoba membuat kaum Marley memahami mereka, waktu untuk diulur sehingga rencana menggabungkan kekuatan Founder Titan dan darah bangsawan Marley bisa berjalan tanpa intervensi.

Pada dasarnya, situasi Pulau Paradis di kisah masa lalu bab Attack on Titan 106 ini sesuai dengan asumsi awal penulis. Pulau Paradis dengan teknologi mereka yang primitif akan terancam bila harus menghadapi kekuatan penuh Marley. Bahkan kapal pengintai pun bisa menjadi ancaman.

Di bab ini, Yelena dan para Titan Shifter dapat membantu dengan perangkap. Tapi apa yang terjadi kalau akhirnya kekuatan penuh Marley hadir?

Tampaknya, untuk urusan waktu ini juga Eren memutuskan untuk bergerak sendiri, menyelinap ke Marley, lalu menciptakan kekacauan parah yang ujung-ujungnya akan berakhir dengan perang besar.

Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Salah satu syarat yang diajukan Zeke, diwakili oleh Yelena, adalah ia ingin bertemu dengan Eren Yeager.

Mereka sebenarnya sudah bertemu di kapal transport, namun tampaknya Zeke Yeager tetap ingin bertemu dengan saudara beda ibunya (Eren) untuk berdialog.

Dialog Zeke dan Eren bisa sangat menarik sekarang sih.

Kalau interaksi ini terjadi sebelum time skip, Eren pasti akan menggebu-gebu mencoba menyerang Zeke. Namun sekarang ia sudah memperoleh ingatan ayahnya dan juga Eren Kruger. Dia sudah lama hidup di Marley. Zeke juga hadir dengan damai.

Akankah Eren menanggapi dengan baik? Ataukah dialog mereka akan tetap meledak-ledak?


Lanjutan pembahasan Attack on Titan 106 dapat kamu cek di halaman ketiga!

Pembahasan Attack on Titan 106: Nasib Annie Terungkap!

Yah, apapun alasan Eren menyerang mandiri para pejabat Marley dan dunia, dia memastikan kalau jalan rekonsiliasi yang diharapkan Armin dan yang lain tidak akan terwujud.

Sebenarnya, sejak awal pun rekonsiliasi memang bukan pilihan. Willy Tybur sejak awal sudah berencana untuk menggempur Pulau Paradis untuk menyerang "si jahat" Eren Yeager.

Jadi, sejak awal juga pilihan bagi kedua pihak ini memang hanya perang.

Di atas kertas sih, setelah mengetahui situasi di Paradis di Attack on Titan 106, penulis yakin Paradis akan digempur habis kalau mereka tidak punya senjata rahasia. Terutama karena aksi Eren membuat yang murka kepada Paradis bukan hanya Marley, tapi juga perwakilan negara lain yang hadir di kerusuhan.

Tapi kalau memang Zeke dan Eren bisa membangkitkan kekuatan penuh Coordinator dari Founder Titan, maka pasukan Colossal Titan bisa mengakhiri pertempuran dengan sangat heboh. Senjata anti-Titan Marley pun bisa jadi tak ada gunanya untuk mengatasi begitu banyak Colossal Titan.


Itulah hal-hal menarik dari Attack on Titan 106. Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU