Gile Jadul Banget! Intip Nih Perubahan PC dari Masa ke Masa

Tahu gak sih kalau dulu PC itu segede gaban?

Personal Computer atau PC merupakan salah satu perangkat yang sangat penting saat ini. Dengan berbagai keunggulan serta punya daya tahan yang luar biasa untuk melakukan pekerjaan berat membuat PC menjadi primadona bagi sebagian orang.

Bukan hanya bagi para kaum pekerja saja, PC juga ternyata menjadi pilihan diantara para gamer. Alasannya tentu sangat simpel, selain dari daya tahannya yang luar biasa, PC juga diklaim memiliki kemampuan di atas console.Selain itu, PC juga sangat bertenaga karena mendukung fitur-fitur canggih seperti turbo boost atau overclocking.


CONTINUE READING BELOW

Premium! Sudah Tahu ada 8 Game AAA Keren Tahun ini?

Tahun 2018 tersisa enam bulan lagi dan dipastikan pula, ada game AAA keren tahun ini yang bakal terus menghiasi kalender gaming hingga akhir tahun. Beberapa game AAA tersebut adalah game yang memang sudah ditunggu gamer sejak sekian lama.


Pada akhirnya PC mampu menjalankan game lebih halus serta stabil dan juga memiliki fitur beragam yang tidak dimiliki oleh console. Tapi tahukah kalian perubahan PC itu seperti apa?

Duniaku.net kali ini bakal menjelaskan perubahan PC dari masa ke masa hingga punya teknologi yang gila seperti saat ini.

Awal Perkembangan

Soure: Chemeketa Computer Science

Tahun 1946 bisa dibilang menjadi tahun yang sangat bersejarah karena di tahun tersebut sebuah PC generasi pertama diluncurkan. Komponen dasar dari PC di tahun ini merupakan sebuah tabung vakum. Tapi sayangnya, tabung vacum ini dianggap bukanlah material yang bagus karena membutuhkan daya listrik besar dan sangat panas.

Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) merupakan salah satu contoh komputer generasi pertama dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi serta punya berat hingga 30 ton!

Komputer yang sangat besar ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly. Meski punya ukuran besar, tapi kemampuan PC ini masih sangat terbatas kala itu.

Memasuki PC generasi kedua tepatnya di tahun 1959, manusia semakin banyak melakukan inovasi terhadap teknologi dan hadirlah teknologi transistor yang juga menjadi penanda awalnya PC generasi kedua.


CONTINUE READING BELOW

Maximum Spider! Inilah 7 Alasan Kenapa Spiderman PS4 adalah yang Terbaik

Harus diakui ada beberapa alasan kenapa Spiderman PS4 adalah yang terbaik. Dari segi grafis, game ini memang sangat menjanjikan dan dari segi gameplay, ada improvisasi yang siginfikan untuk game tersebut. Salah satunya tentu dari hidupnya NPC di kota New York.


Sebagai sebuah teknologi baru, transistor tentunya punya banyak keunggulan dibandingkan dengan tabung vakum. Dari segi panas, transistor memiliki tingkat panas yang jauh lebih kecil dan dari segi harga, transistor ini lebih murah namun untuk kemampuan sudah berada di atas PC tabung vakum.

Di PC generasi kedua ini juga sudah dikembangkan bahasa pemrograman seperti Formula Translator(FORTRAN) dan Common Business-Oriented Language (CBOL) yang tentunya punya manfaat yang beragam kala itu.

Peningkatan yang Sangat Signifikan di Awal Generasi Ketiga

Source: Technical.ly

Tahun 1965 menjadi akhir dari era PC transistor. Perubahan PC yang sangat signifikan bisa dibilang terjadi di awal generasi ketiga karena di era ini, PC sudah menggunakan ICs atau integrated circuit.

Pada generasi ketiga ini, transistor sudah dijadikan miniatur untuk kemudian diletakkan pada IC. Nah, biasanya, dalam satu IC bisa terdiri dari beberapa transistor, kapasitor, serta resistor.

Sebagai orang yang senang dengan perkembangan teknologi, sudah sekiranya kita berterimakasih kepada Jack Kilby yang sukses menemukan IC.

Dengan penemuannya, PC di masa ini jauh lebih kecil dari segi ukuran tapi lebih cepat dan efisien dari dua generasi sebelumnya.

Yang lebih kerennya dari penemuan ini, publik bisa ikutan untuk memiliki PC tersebut karena harganya yang cukup terjangkau. Di era generasi ketiga ini juga PC sudah terintegrasi dengan Keyboard, monitor, dan sistem operasi lho.

Peningkatan yang signifikan ini pada akhirnya membawa PC pada perkembangan yang lebih canggih atau kita menamakannya PC generasi keempat.

Komputer Generasi Keempat!

Source: Neweggunlocked

Tahun 1971 menjadi penanda awal dikembangkannya PC dengan menggunakan teknologi microprocessor. Teknologi ini tergolong sangat canggih karena semua sistem bisa saling terhubung hanya dengan menggunakan satu chip saja! Di era ini, besar dari komponen komputer hanya sebesar tangan kita.

Dalam generasi ini kita mengenal banyak perkembangan seperti kartu grafis, internet, bahkan hingga laptop. Khusus untuk perangkat laptop, saat ini perkembangannya tidak kalah keren dari PC lho. Bahkan ada beberapa laptop yang tentunya punya kemampuan setara dengan PC karena saking pesatnya perkembangan teknologi.


CONTINUE READING BELOW

Fenomenal, 5 Hal yang Membuat God of War Jadi Game Eksklusif Terbaik

Bulan kemarin kita kedatangan tamu istimewa yang sangat fenomenal. Ya, tamu itu adalah God of War yang merupakan salah satu franchise terbaik. Dalam game ini kita diperkenalkan sistem baru dan berbagai hal yang membuat God of War jadi game eksklusif terbaik.


Salah satu laptop yang punya kemampuan di atas rata-rata adalah MSI GE 63RGB. Laptop yang satu ini merupakan versi baru dari GE63 Raider. Laptop ini diperkuat dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 terbaru.

Produk ini dirancang bagi kamu yang hobi dengan perangkat ber-RGB, karena di bagian cover laptop, GE63 Raider RGB menyematkan Mystic Light yang bisa kamu kustomisasi sepenuhnya.

Source: MSI

Bermain game action? Kamu bisa atur lighting yang dinamis. Bermain game strategi? Kamu bisa setting pencahayaan yang lebih kalem. Kerennya lagi, keyboard di GE63 Raider RGB ini Per-Key RGB yang juga bisa kamu atur sepenuhnya setiap tombol. Keren kan?

Laptop ini juga diperkuat dengan kartu grafis bertenaga yang siap melibas seluruh game yang kalian mainkan! Kalau penasaran, kunjungi situs resmi MSI Indonesia untuk melihat detail RGB yang lebih mengagumkan.

Hadirnya laptop kelas atas sekarang ini menjadi penanda bahwa kemajuan dan pesatnya perkembangan teknologi.

Tentunya dengan hadirnya laptop-laptop canggih bakal membuat para pekerja yang punya mobilitas tinggi bisa tetap menyelesaikan pekerjaannya.


Nah, sepertinya itulah perubahan PC dari masa ke masa yang bisa kalian ketahui. Dalam perkembangannya, perubahan PC tidak terjadi begitu saja karena di balik perkembangan tersebut terdapat orang-orang yang punya dedikasi tinggi terhadap kemajuan teknologi.

Diprediksikan, perubahan PC akan semakin canggih di masa depan!

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!