Penuh dengan Kenangan, Yahoo Messenger Akan Tutup!

Sedih juga. Mulai bulan Juli nanti Yahoo Messenger akan tutup secara resmi!

Penuh dengan Kenangan, Yahoo Messenger Akan Tutup!

Sekitar awal tahun 2000-an, Yahoo Messenger, salah satu aplikasi chatting yang dikembangkan oleh Yahoo! sangat digemari oleh para remaja. Sayangnya mulai bulan Juli nanti Yahoo Messenger akan tutup secara resmi.

Kabar tersebut memang benar adanya. Berdasarkan dari salah satu kabar langsung dari situs Yahoo! mengatakan bahwa Yahoo Messenger (YM) akan dihentikan masanya pada tanggal 17 Juli nanti.

Para pengguna YM ketika tanggal 17 Juli tersebut tidak akan bisa melakukan login. Seluruh kontak yang ada di YM juga tidak akan bisa diakses.

Dalam situs resmi Yahoo! tersebut juga dituliskan apa penyebab YM ditutup oleh Yahoo!. Mereka mengatakan bahwa Yahoo! merasa bahwa YM sudah mulai ditinggalkan oleh para penggunanya.

Hal tersebut yang juga menjadikan Yahoo! untuk fokus pada salah satu media komunikasi lain yang bisa lebih memenuhi kebutuhan pengguna dibanding YM ini.

Meskipun begitu, Yahoo! belum memiliki rencana apakah ada pengganti dari YM ini. Selama ini Yahoo! masih melakukan eksperimen terhadap berbagai kemungkinan aplikasi baru yang bisa menggantikan YM.

YM dihapus, tapi tidak akan menjadikan ID Yahoo kamu juga ikut terhapus. ID Yahoo kamu akan tetap seperti semula tanpa ada perubahan apa-apa. Kamu hanya tidak bisa mengakses YM saja meskipun aplikasinya masih terpasang di gadget kamu.

Lalu bagaimana dengan berbagai riwayat chat yang telah kita lakukan? Bersyukurlah karena Yahoo! memberikan kesempatan untuk mengunduh berbagai riwayat chat kamu. Bagaimana caranya?

  1. Kunjungi Situs Request Data Yahoo!.
  2. Masuk dengan akunmu
  3. Pilih metode verifikasi dan masukan kode yang dikirimkan.
  4. Klik Download.
  5. Masukan alamat e-mail untuk menerima file.


Bagi para remaja di awal tahun 2000-an pasti Yahoo Messenger meninggalkan banyak kenangan. Salah satunya adalah menggunakan Yahoo Messenger dengan aplikasi chat portal seperti E-buddy, SH Messenger dan lain sebagainya.

Biasanya Yahoo Messenger digunakan untuk mencari kecengan atau sekedar kenalan.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU