Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar

Kamu bisa bela diri? Terinspirasi dari mana? Coba baca manga di daftar ini dan mungkin saja kemampuanmu akan bertambah!

Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar

Manga dengan tema bela diri banyak ragamnya, dari mulai bertema futuristik, ancient, sampai yang masa kini. Penulis mengumpulkan 5 manga bela diri dengan jurus paling ajaib tapi tetap realistis, ini dia contohnya.

Bela diri sejatinya selalu menjadi daya tarik tersendiri dari setiap manga aksi yang ada di pasaran. Metode bela dirinya pun sangat beragam, dari yang sekedar adu jurus biasa, sampai yang terbang ke langit dan berlomba Naga siapa yang paling besar dan bercahaya.

Di sini penulis memberikan sedikit batasan mengenai seni bela diri yang akan dibahas. Seni bela diri dalam manga bela diri yang akan dibahas adalah yang tidak mengandung unsur keajaiban berlebih namun tetap sulit ditangkap nalar.

Keajaiban berlebih itu sendiri seperti contoh: sekali pukul maka badan musuh bisa terurai layaknya apem yang dilindas truk manggis, atau hanya dengan mengulurkan tangan ke depan maka ada angin topan maha dahsyat yang skalanya bisa memporak-porandakan kecamatan kecil di pegunungan Dieng.

Manga bela diri yang akan dibahas di sini juga mempunyai kecenderungan pertarungan antara tokoh yang ada didasari dari sebuah turnamen, atau pertarungan 1 lawan 1 yang adil dan beradab meskipun pasti akan berujung kehilangan nyawa atau harga diri sebagai petarung.

Baiklah, dari pada banyak cakap, lebih baik kita segera menuju ke bahasan utama kita, ini dia:

Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar source : Kengan Wikia[/caption]

Kengan Ashura langsung saya taruh di urutan pertama karena penulis memiliki kemiripan dengan tokoh utama sedang membaca dengan khusyuk manga bela diri ajaib ini. Kengan Ashura menceritakan kisah seorang petarung bernama Tokita Ohma yang memulai petualangannya di sebuah turnamen gelap bernama Kengan Annihilation Tournament yang diprakarsai oleh bos-bos perusahaan besar di Jepang.

Di dalam turnamen ini Tokita Ohma bertemu dengan beragam petarung dengan tingkat kemampuan yang sangat luar biasa ajaib, tapi mereka mempunya dasar seni bela diri yang jika dipikir secara nalar masih bisa diterapkan di kehidupan nyata. Yang tidak nyata adalah bagaimana orang orang atau petarung di dalamnya menerapkan jurus-jurusnya tersebut.

Tokita Ohma sendiri sangat kuat dan sanggup menghabisi lawan dengan postur jauh diatas dirinya, best part darinya adalah dia bisa melakukan simulasi pertarungan di dalam alam bawah sadarnya untuk kemudian mempelajari gerakan lawannya.

Ada juga Adam Dudley dari Amerika Serikat yang pernah memukuli lawan sampai ringsek ke dalam sebuah truk layaknya terbuat dari tahu. Tak lupa ada petarung dari Afrika, yang ternyata buta, tapi layaknya Daredevil dia mempunyai kemampuan sonar yang luar biasa.

Manga ini masih dalam status on going untuk versi bahasa Inggris di chapter 109, namun buat kamu yang bisa atau mengerti bahasa Vietnam manga ini sudah sampai ke chapter 228. Tokita Ohma di dalam Kengan Annihilation Tournament menghadapi musuh yang tak kalah bengis dan hebatnya dibanding dia.

Beralih ke halaman berikut nya untuk manga yang lebih seru lagi yuk!

Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar Source : Digital Journal[/caption]

Hajime No Ippo bisa dibilang manga bela diri paling realistis di artikel ini, karena pada dasarnya manga ini memang didasari dari gerakan tinju asli pada umumnya. Namun tetap di dalamnya terdapat gerakan gerakan ajaib yang di luar nalar manusia atau bahkan petinju normal, seperti jab dengan kecepatan yang layaknya cambuk menghantam ke muka lawannya (really dude? a whip?).

Hajime No Ippo menceritakan tentang perjuangan Makunouchi Ippo seorang petinju muda (yang akhirnya pensiun dini - maaf spoiler) berbakat yang punya cita-cita jadi juara dunia. Langkah Ippo cukup berat mengingat dia tidak memiliki dasar bertinju, dia mendapatkan kemampuannya itu dari berlatih keras tanpa henti di sebuah sasana tinju bimbingan Kamogawa Genji.

Beberapa gerakan di luar nalar yang ajaib yang ada di manga bela diri ini diantaranya : Dempsey Roll ala Ippo yang sebenarnya didasari gerakan roll n drop nya Mike Tyson, namun jika dilakukan seperti Dempsey Roll mungkin Mike Tyson sudah cedera bahu dan punggung sejak lama, lalu ada gerakan jab supercepat ala Mashiba Ryou yang kelenturannya seolah lengannya adalah cambuk yang siap menghajar lawan.

Simak video dibawah untuk tahu betapa absurdnya Dempsey Roll ala Ippo dan pertandingan pertandingan tinju di luar nalar yang lain:

Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar source : Vignette Wikia[/caption]

Tough tidak jauh dari Kengan Ashura, manga bela diri tingkat tinggi yang menceritakan kisah seorang petarung muda mencari jati diri di sebuah turnamen yang akhirnya Kiichi Miyazawa atau Kiibo si protagonis utama dalam manga ini bisa menjadi juara.

Kiibo dilahirkan di keluarga bela diri yang kental dan ditakdirkan untuk menjadi penerus seni bela diri mematikan yang turun temurun diwariskan di keluarganya.

Alkisah Kiibo adalah pewaris aliran bela diri Nadashinkage-Ryu yang sangat hebat dan mematikan, jurus-jurusnya bisa dibilang yang terbaik di antara aliran bela diri lain yang ada di serial manga tersebut.

Kiibo merupakan anak tiri dari Seiko Miyazawa, seorang petarung kebapakan yang mirip dengan ayah Nobita jika digambar ulang oleh mangaka Sakigake Otokojuku (manga apa ini? Tenang nanti dia ada di nomor 5) atau dengan penggambaran detail berupa otot 8 pack di perut dan kaki yang panjang nya menyerupai Tsubasa Ozora ketika dewasa.

Selain itu keluarga Kiibo yang lain adalah paman-pamannya yaitu Kiiryu dan Son-O yang masing masing mempunyai kemampuan bela diri tingkat tinggi yang sangat luar biasa, kamu akan menemukan jurus-jurus aneh yang mungkin hanya bisa didapatkan dari bertapa selam 32 tahun di Gunung Hua Kuo.

Tough juga menggambarkan teknik bela diri yang menghasilkan kerusakan amat parah yang terjadi di tubuh lawan bermain, memar berlebih, otot membengkak 10 kali ukuran normal, patah tulang yang aneh, serta kemampuan penyembuhan yang secara nalar sulit untuk dicerna. Sayang nya versi manga dan anime dari serial ini berbeda 180 derajat.

Masih ada dua lagi nih, kira kira manga favoritmu masuk tidak ya?

Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar source : Anime Wikia[/caption]

Karate Shoukoushi Kohinata Minoru menceritakan kisah Minoru seorang Karateka muda yang berawal dari olahraga senam kala SMA dan mengaplikasikannya ke tendangan berputar yang secara aneh memiliki kecepatan dan kekuatan layaknya seorang petarung. Minoru kemudian diselamatkan oleh Mutou Ryuji seorang karateka senior yang sangat hebat kemampuan bela dirinya saat di bully di universitas.

Kisah ini sebenarnya tidak terlalu bombastis dalam penggambaran seni bela diri, yang agak membuat diluar nalar adalah bagaimana seorang Karateka yang kemudian banting setir menjadi atlet bela diri gaya bebas atau MMA??

Memang secara basic hal ini memungkinkan karena karate sendiri memiliki kemampuan merusak yang cukup besar dari pukulan dan tendangannya, tapi tetap saja membuat dahi berkerut saat si tokoh utama berusaha untuk mempelajari grappling atau teknik kuncian yang secara ajaib kemudian diterapkan di pertarungan gaya bebas.

Judul terakhir agak jadul tapi tetap menarik untuk disimak.

Hantam Mereka! 5 Manga Bela Diri Ini Punya Jurus di Luar Nalar Source : Vignette Wiki[/caption]

Sakigake Otokojuku menceritakan kisah di sekolah khusus pria bernama Otokojuku yang sangat terkenal di Jepang, awalnya kisahnya hanya berputar di sekitar konflik sekolah dan kemudian melebar sampai ke pengkhianat negara dan kisah turnamen bela diri melawan sekolah atau kelompok vigilante yang lain.

Manga ini berpusat di 5 tokoh sentral yang mempunyai kemampuan bela diri di luar nalar, karakternya sentralnya adalah: Tsurugi Momotaro, J, Date Omito, Toramaru Ryuji, Togashi Genji, dan si kepala sekolah Edajima Heihachi.

Sebenarnya masih banyak tokoh lain yang bisa dibahas namun biasanya kelima nama diatas yang lebih banyak berinteraksi di dalam kisah manga itu sendiri.

Momotaro adalah seorang samurai muda serba bisa yang secara ajaib di usianya yang masih belia sudah menguasai beragam ilmu bela diri rahasia yang sanggup membuat pembaca mengernyitkan dahi. J adalah petinju yang kekuatan tangannya bisa menghempaskan pintu baja, sementara Date Omito adalah seorang kepala gank yang kemudian secara aneh masih ke sekolah Otokojuku.

Tora dan Genji adalah sahabat sejati layaknya Upin Ipin dengan tingkat intelegensia dibawah standar namun memiliki semangat yang tinggi dan pantang menyerah, kemampuan mereka apa? Ya itu tadi.. semangat dan pantang menyerah.. Sementara Edajima Heihachi adalah kepala sekolah dari Otokojuku itu sendiri, kemampuannya sudah tidak bisa dipungkiri lagi, dia pernah secara ajaib selamat dari berondongan peluru senapan mesin yang ada di pesawat tempur, dan pernah juga terjun ke bumi dari luar angkasa bermodal satelit rusak.... absurd..

Itulah 5 manga bela diri yang mempunyai jurus dan kemampuan di luar nalar, mana yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar yang ada di bawah ya.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU