Sempat Viral, Inilah 4 Fakta Mengerikan Tentang Kuyang

Hayoh, siapa yang mau nangkep Kuyang nih? Hahahaha

Sumatra

Kuyang

Source : Boombastis

Untuk daerah Sumatra, Kuyang dikenal dengan nama Palasik yang sebenarnya menurut wujud sama yaitu kepala wanita terbang yang organ tubuhnya masih menempel. Orang yang meramalkan ilmu Palasik ini di Sumatera biasanya tidak hanya dari kemauan sendiri, tapi juga bisa dari keturunan. Bisa saja dulunya ibu atau neneknya adalah pelaku ilmu Palasik juga.

Pelaku Palasik bisa dilihat dari ciri tubuh yang bisa dikenali, yaitu tidak adanya parit atau cekungan diantara bibir atas dan hidung nya. Kemampuan Palasik disini dikisahkan agak berbeda, Palasik bisa memangsa korbannya hanya dari tatapan matanya saja.

Bali

Sementara di Bali Leak memiliki kisah panjang sejak jaman kerajaan di Indonesia. Dikisahkan pada masa pemerintahan Airlangga (1006 – 1042 M) di Jawa Timur, hidup seorang janda yang sakti mandraguna. Janda tersebut bernama Dayu Datu dari Desa Girah. Desa ini terletak di wilayah pesisir Kerajaan Kediri. Dayu Datu inilah yang kemudian dikenal sebagai Nyi Calonarang.

Entah bagaimana kemudian Nyi Calonarang mempunyai banyak pengikut, akhirnya dia kemudian menuliskan semua ilmu sihirnya ke dalam sebuah kitab yang oleh pengikutnya disebut Kitab Calonarang. Namun kemudian, Mpu Bharada salah seorang pemuka agama dari Kediri yang juga guru dari Airlangga berhasil mengalahkan Calonarang dan mengamankan kitab tersebut agar ilmunya tidak tersebar luas.

Semestinya masalah selesai di sini bila saja murid-murid Calonarang ikut dibunuh dan seluruh alirannya ditumpas. Sayang, mereka berhasil melarikan diri ke Bali. Ilmu yang pernah mereka pelajari dari sang guru akhirnya dilestarikan hingga kini kita menyebutnya sebagai Leak.

3

Mangsa Kuyang

Kuyang

Source : Tribun

Kuyang, Palasik, atau Leak memangsa hal yang sama, yaitu darah bayi, atau darah ibu sehabis melahirkan. Disini kita bisa melihat suatu hal yang penting yaitu betapa rapuhnya ibu setelah melahirkan sehingga membutuhkan perhatian dan perlindungan ekstra.

Tidak hanya oleh Kuyang, ibu hamil atau yang setelah melahirkan pun rawan gangguan dari makhluk halus lain seperti Kuntilanak atau Genderuwo, hal ini disebabkan, kerapuhan mental dan fisik si ibu yang saat itu energi kehidupannya dibagi dua antara dia dan buah hatinya.

Untuk Palasik malah lebih mengerikan lagi, dikutip dari situs Boombastis.com menurut kepercayaan masyarakat Minang, Palasik terbagi menjadi 3 jenis. Ketiga jenis ini memiliki mangsa yang sama yaitu balita atau anak-anak. Namun, yang membedakannya adalah mangsa yang mereka makan.

Palasik yang pertama gemar memakan bayi yang masih ada dalam kandungan. Wanita hamil di Minang sangat menakuti palasik jenis ini. Mereka akan berhati-hati ketika hamil, agar bayi yang dikandungnya tak hilang dimakan palasik. Jenis kedua menghisap darah bayi atau balita. Selama bayi atau balita di bawah pengaruh palasik, mereka seperti terkena penyakit. Palasik terakhir gemar memakan jasad bayi atau balita yang ada di dalam kubur.

Bayi atau balita yang sedang dimangsa Palasik tak seketika meninggal. Sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir mereka akan mengalami sebuah penyakit yang dinamakan penyakit ‘Ain. Ciri-ciri dari bayi atau balita yang ada di bawah kuasa Palasik adalah suhu badan yang semakin tinggi. Suhu badan tinggi tersebut membuat bayi susah tidur dan menangis terus menerus pada malam hari.

Karena hal tersebut, mereka tak mau tidur dan susah untuk ditenangkan. Ketika sudah parah, mereka akan lemas secara mendadak dan ubun-ubun atau ujung kepala terlihat cekung. Ujung-ujungnya mereka menjadi kurus kering dan bisa sampai meninggal dunia.

Lalu cara menangkalnya bagaimana? Eh katanya bisa ditangkap loh? Simak halaman berikutnya yah.



Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Gerry Eka

Pria penikmat Nasi Goreng yang mengklaim dirinya sebagai atlit Diablo 3 Profesional, mengidamkan punya SEGA Genesis lagi biar bisa main Bare Knuckle 3.