Mengintip Lebih Dekat Assassin’s Creed Odyssey: Versi Game dari 300?

Kok sepertinya semakin ke sini, game Assassin’s Creed makin jauh dari identitas aslinya ya?

Setelah dikonfirmasikan jelang E3 2018 dan screenshot-nya sempat bocor, akhirnya dalam konferensi persnya Ubisoft memperlihatkan detail lebih banyak untuk Assassin’s Creed Odyssey. Apakah game ini masih mempertahankan pertempuran Assassin vs Templar yang sudah menjadi ciri khas serial Assassin’s Creed?

assassin's creed odyssey

Ubisoft pun menampilkan dua trailer selama konferensi persnya. Pertama adalah reveal trailer, dimana kamu akan dibawa menuju Yunani kuno, tepatnya era Yunani-Romawi. Dalam game ini, kamu bisa memilih untuk memerankan salah satu karakter yang tersedia, apakah seorang pria bernama Alexios, atau wanita bernama Kassandra.

Siapapun yang kamu pilih tidak akan mempengaruhi jalan cerita game ini secara keseluruhan. Yang membedakan hanyalah voice acting-nya, model karakter, hingga bagaimana sensasi memerankannya. Tidak ada sesuatu yang istimewa yang membedakan keduanya. Akan tetapi, jarang-jarang bukan kita memerankan karakter wanita di serial Assassin’s Creed?

assassin's creed odyssey

Alexios dan Kassandra disebut-sebut sebagai keturunan pahlawan legendaris Sparta. Mereka dikisahkan mewarisi senjata legendaris dari Leonidas, yang membuat mereka berdua sangat kuat.

Minus hidden blade, bakal tinggalkan ciri khas stealth Assassin’s Creed?

Selanjutnya kita intip sedikit gameplay yang ditampilkan Ubisoft. Naval battle akan kembali memegang peranan penting, layaknya di Black Flag dulu. Bahkan di trailer kita bisa melihat bahwa nantinya kita bisa menghancurkan kapal musuh dengan menabrakkan kapal milik kita!

assassin's creed odyssey

Jika melihat sistem pertarungannya, mungkin kamu akan langsung teringat dengan sistem pertarungan dalam Assassin’s Creed Origins. Pertarungan jarak dekat menggunakan pedang dan perisai kemungkinan akan banyak kamu lakukan. Kamu juga bisa melancarkan “surprise attack” dengan melompat dari tanah atau bangunan tinggi.

assassin's creed odyssey

Lalu Ubisoft juga menampilkan beberapa elemen gameplay lain seperti menunggang kuda, berenang, hingga bertarung melawan seekor beruang.

Dilihat dari trailer, Assassin’s Creed Odyssey tampak cukup menjanjikan. Yang menarik adalah absennya hidden blade yang menjadi ciri khas para assassin (setidaknya, sampai trailer ini ditampilkan). Tapi, hadirnya Spear of Leonidas (semacam belati yang kamu lihat di trailer) bisa disebut pengganti dari hidden blade tersebut.

assassin's creed odyssey

Elemen gameplay-nya pun juga sudah bergeser cukup jauh dari Assassin’s Creed yang kita kenal.

Karena banyak elemen yang melenceng jauh, banyak penggemar yang menyebut bahwa Assassin’s Creed Odyssey seharusnya tidak layak menyandang nama Assassin’s Creed. Yah, mungkin bisa menggunakan judul lain, toh game ini tampak cukup menjanjikan kok.

assassin's creed odyssey

Atau mungkin juga, Ubisoft menggunakan nama Assassin’s Creed hanya agar memudahkan strategi pemasaran mereka, dibanding harus mengenalkan IP baru yang belum tentu bisa berhasil di pasaran.

Mungkin lebih cocok bawa nama 300: The Game ya? Hehe

Assassin’s Creed Odyssey menurut rencana akan dirilis untuk PS4, Xbox One dan PC pada tanggal 5 Oktober 2018 mendatang.

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.