Jadi Mirip Discord, Valve Perbarui Fitur Chat untuk Steam!

Masih menggunakan Discord? Pindah ke Steam aja, yuk!

Bertahun-tahun lamanya Steam tidak begitu banyak berubah. Melalui update terbaru yang dibagikan untuk pengguna beta, fitur chat untuk Steam dirombak total! Dengan tampilan yang lebih modern, tampaknya Valve ingin mencoba mengikuti tren Discord.

Sebagai salah satu media chatting paling populer untuk para gamer, Discord sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hadir menemani sejak 2015 yang lalu, jumlah pengguna Discord bisa dikatakan lebih dari 80 juta pengguna sejak Desember lalu. Mungkin saja, Discord sudah menembus 100 juta pengguna saat ini.

Mengikuti tren dari desain hingga fungsionalitas Discord, Valve mencoba untuk memperbarui tampilan pada aplikasi Steam. Dengan fokus untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkomunikasi, Valve menambahkan berbagai fitur baru tidak hanya pada sisi chatting namun juga beberapa fungsi yang lama ditunggu penggunanya.

tampilan fitur chat untuk steam

Memberikan tampilan serba baru, sekarang kalian akan dipermudah untuk membuat ataupun menggunakan group chat. Integrasi untuk mengunggah gambar dari jpeg menuju gif merupakan poin plus.

Fitur chat yang terasa sangat familiar juga ditambahkan. Menambahkan fitur seperti text channel dan voice channel, menggunakan group chat terasa semakin menarik. Fitur ini juga sangat bermanfaat untuk grup yang besar layaknya Discord.

tampilan fitur chat untuk steam 2

Fitur favorite juga ditambahkan untuk tampilan menu friendlist. Memiliki teman dekat ataupun grup yang ingin kalian lihat pada kolom paling atas? Tarik teman ataupun grup kalian menuju kolom favorite, dan dapatkan akses yang lebih mudah!

Dan kali ini, pengguna bisa menyamarkan diri dengan fitur offline terbaru yang ditawarkan! Jika sebelumnya kalian akan dipaksakan offline secara sepenuhnya, sekarang Steam memberikan kalian opsi untuk tetap dapat mengakses seluruh konten selagi kalian terlihat offline, termasuk melihat daftar teman kalian!


CONTINUE READING BELOW

Umumkan Update Terbaru, Ubisoft Gratiskan For Honor Starter Edition!

Siapa yang tidak suka dengan gratisan? Melalui konferensi Ubisoft yang diadakan pada ajang Electronic Entertainment Expo 2018 ini, Ubisoft memberikan For Honor Starter Edition secara gratis!


Pengguna non-beta yang tertarik untuk mencoba fitur ini bisa mengakses fitur ini melalui opsi Settings > Account. Setelah itu, kalian bisa memilih untuk memeriksa update terbaru dan mengunduh versi tersebut untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru yang diinginkan.

Fitur chat untuk Steam yang diperbarui ini bisa saja merupakan langkah bagi Valve untuk mengimplementasikan berbagai fitur menarik lainnya di waktu-waktu yang akan datang. Mirip atau tidaknya dengan Discord, ini merupakan suatu kemajuan besar bagi Steam.

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.