Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Jika terjadi duel antara Indominus Rex vs Indoraptor dari Jurassic World, kira-kira siapa yang unggul? Simak dalam Gelut Jumat kali ini!

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Sudah menonton film Jurassic World: Fallen Kingdom? Jika sudah, pasti kamu sudah bertemu dengan Indoraptor, bukan?

Indoraptor adalah dinosaurus yang menjadi antagonis di film tersebut, dan menjadi antagonis kedua selain manusia yang "jahat" di film tersebut.

Setelah menonton filmnya, apakah kamu berpikir, bagaimana jadinya jika Indominus Rex vs Indoraptor terjadi? Keinginannmu terkabul, karena dalam Gelut Jumat kali ini, kita akan mengadu Indominus Rex vs Indoraptor!

Namun ada sedikit perbedaan dengan Gelut Jumat sebelumnya. Karena Indominus Rex dan Indoraptor bisa dibilang memiliki kemiripan yang sangat banyak, karena itu, kita akan lebih membandingkan mereka dibandingkan menduelkannya, dan di akhir kita lihat angka yang tertinggi, dia yang menang!

Kemungkinan besar, artikel ini mengandung spoiler dari film Jurassic World: Fallen Kingdom, jadi disarankan jangan lanjutkan membaca untuk kamu yang belum menonton filmnya, ya. Oke, mari kita mulai Indominus Rex vs Indoraptor!

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Indominus Rex dan Indoraptor adalah sama, yaitu sama-sama dinosaurus bertipe Hybrid, yang mana tidak ada di dunia nyata, dan mereka sama-sama diciptakan oleh doktor Henry Wu.

Sekarang coba kita lihat bahan pencampuran sampai akhirnya lahir masing-masing dari mereka. Paling pertama adalah Indominus Rex, dan dia adalah campuran dari gen: T-Rex, Velociraptor, Majungasaurus, Carnotaurus, Giganotosaurus, Therizinosaurus, Rugops, Sotong, Katak Pohon, Ular Tanah, dan beberapa hewan modern lainnya.

Bagaimana dengan Indoraptor? Indoraptor sih hanya gabungan dua saja, yaitu Indominus Rex, ditambah Velociraptor. Bedanya di sini, jika Indominus Rex mengambil bentuk tubuh dinosaurus berkaki dua yang lebih besar (contohnya T-Rex atau Carnotaurus), Indoraptor memiliki gen Indominus Rex dengan tubuh Velociraptor, dan kecerdasan yang diperkuat.

Bisa dibilang, Indoraptor adalah versi tambahan gen dari Indominus Rex. Jadi siapa yang keluar sebagai pememang di poin ini? Tentu dia adalah Indoraptor.

Poin:

Indoraptor: 1

Indominus Rex: 0

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Soal penampilan, keduanya terlihat sangat mirip, tentu saja karena Indoraptor juga memiliki gen dari Indominus Rex. Meskipun begitu, masih ada beberapa perbedaan.

Singkatnya begini, sama seperti nama belakang mereka, Indominus Rex memiliki penampilan seperti T-Rex, lengkap dengan tangan yang lebih mungil dibandingkan tubuh, serta kepala yang lebih besar.

Indoraptor berukuran lebih kecil dengan bentuk kepala yang agak berbeda dengan Indominus Rex (meskipun bentuk rahang mereka sama). Kepala Indoraptor menyerupai Velocriaptor. Tangan dari Indoraptor juga lebih panjang, bahkan dia bisa berjalan dengan empat kaki jika mau.

Duri-duri di punggung mereka tetap ada. Soal warna, Indominus Rex berwarna keputihan, dan Indoraptor berwarha hitam pekat. Untuk pemenang di poin ini, mari kita berikan masing-masing 1 poin karena penampilan mereka memang memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing.

Poin:

Indoraptor: 2

Indominus Rex: 1


Bagaimana dengan tingkat kecerdasan dan teknik bertarung? Cek halaman kedua untuk lanjutan duel Indominus Rex vs Indoraptor!

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Karena keduanya memiliki gen Velociraptor, dikatakan kecerdasan mereka berada di level yang berbeda dengan dinosaurus lainnya.

Indominus Rex diperlihatkan menunjukan kecerdasasannya saat dia bisa mengingat di mana para manusia memasang alat pelacak di tubuhnya. Selain itu, Indominus Rex juga sempat berpura-pura kabur, sehingga kandangnya diperiksa (dan tentunya terbuka), barulah dia benar-benar kabur.

Bagaimana dengan Indoraptor? Di filmnya, Indoraptor juga memiliki cara yang kurang lebih sama, yaitu mengelabui lawan-lawannya.

Saat dalam kondisi gelap, Indoraptor justru bersembunyi, menunggu "musuh"nya keluar. Jika ini dinosaurus lain, mungkin dia tidak akan secerdas itu sampai bersembunyi, melainkan bertindak ceroboh seperti binatang, atau mungkin kabur.

Ingatan Indoraptor juga hebat, karena dia akan mengejar mangsa yang sama sampai dapat, tanpa memperdulikan mangsa lainnya (setidaknya itu yang ditunjukan di film).

Oke, siapa yang menang? Sayangnya kecerdasan Indoraptor kurang diperlihatkan di film, karena dia memang masih purwarupa. Seandainya gen dari Blue sempat diberikan ke Indoraptor, maka dia akan menjadi hewan tercerdas di dunia. Karena itu untuk saat ini, Indominus Rex juara untuk kecerdasan.

Poin:

Indoraptor: 2

Indominus Rex: 2

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Harus diakui, sejak Jurassic World, kita melihat dinosaurus yang memang didesain untuk bertarung satu sama lain, tidak terkecuali Indominus Rex dan Indoraptor.

Secara mengejutkan, kedua mahluk dengan gen yang sama itu memiliki gaya bertarung yang berbeda! Indominus Rex lebih memanfaatkan tubuhnya yang lebih kuat dan besar untuk menyerang sesama musuh yang berbadan besar (contohnya saat melawan T-Rex).

Selain itu, Indominus Rex menggunakan beberapa strategi, termasuk yang disebut di poin ketiga, dan juga strategi lain seperti berkamuflase di antara dedaunan, maupun berkomunikasi dengan para Velociraptor.

Indoraptor sebenarnya lebih tricky lagi. Dia dilatih agar bisa mengunci target, terutama yang dikunci menggunakan laser pembidik dari senapan, ditambah suara sebagai perintah.

Dinosaurus ini juga kategorinya sudah masuk seperti jahat dan licik, bukan lagi berstrategi seperti Indominus Rex. Dia menunjukan kemampuan untuk berpura-pura tak berdaya, lalu dia akan mengoyak tubuh musuhnya.

Indoraptor lebih seperti pembunuh berdarah dingin dibandingkan monster yang cerdas. Melihat kengerian gaya bertarungnya, tentu Indoraptor keluar sebagai pemenang!

Poin:

Indoraptor: 3

Indominus Rex: 2


Bagaimana dengan ukuran tubuh? Apakah berpengaruh?? Kira-kira siapa yang keluar sebagai pemenang di duel Indominus Rex vs Indoraptor, ya? Cek halaman ketiga!

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Besar itu lebih baik? Mungkin iya, mungkin juga tidak, mari kita bahas di sini soal ukuran tubuh Indominus Rex dan Indoraptor.

Indominus Rex memiliki ukuran tubuh yang besar, bahkan lebih besar dari T-Rex, yaitu sekitar 8-10 meter. Sementara itu, ukuran T-Rex hanya 4 sampai 6 meter saja (ini hanyalah ukuran perkiraan, meskipun begitu seharusnya tidak berbeda jauh).

Sementara itu, Indoraptor lebih tinggi dari Velocirpator, dan memiliki tubuh yang kemungkinan satu sampai 2 meter lebih tinggi dari manusia. Kemungkinan tingginya adalah 3 meter sampai 4 meter.

Karena tubuhnya yang tidak terlalu besar, Indoraptor sangat lincah, dan bisa masuk ke tempat-tempat yang tidak bisa dimasuki oleh Indominus Rex.

Contohnya saja seperti kamar Maisie di filmnya. Jika itu Indominus Rex, atau bahkan T-Rex sekalipun pasti tidak bisa ke sana.

Dengan kelincahan dan tubuhnya yang lebih mungil, Indoraptor unggul di sini!

Poin:

Indoraptor: 4

Indominus Rex: 2

Gelut Jumat: Indominus Rex VS Indoraptor, Siapa yang Unggul? Duel Predator Berbahaya!

Dengan skor 4 melawan 2, Indoraptor keluar sebagai pemenang di dalam duel ini! Meskipun begitu, Indominus Rex juga tidak tertinggal terlalu jauh, dan masalah utamanya memang termasuk ukuran dari tubuh serta gaya bertarungnya saja.

Bagaimana menurutmu? Punya pendapat lain? Silahkan tulis di kolom komentar dan bagikan ke teman-temanmu, ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU