Nyadar Gak? Inilah 4 Teknologi Canggih yang Hadir di Piala Dunia 2018

Benarkah teknologi ini malah menghilangkan sisi drama dalam sepak bola?

Di era modern seperti sekarang, kehidupan manusia sudah tak akan lepas dari teknologi. Bahkan untuk urusan olahraga pun, peran teknologi tak bisa dikesampingkan.

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia menghadirkan beragam teknologi canggih demi meningkatkan mutu dan kualitas sebuah pertandingan. Selain itu, kehadiran teknologi diharapkan bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya keputusan eror yang berujung kontroversi.

Nah apa sajakah teknologi canggih di Piala Dunia 2018?

1

Video Assistant Referee

teknologi canggih di piala dunia 2018

Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi sejarah untuk pertama kalinya teknologi Video Assistant Referee atau VAR digunakan dalam ajang akbar sepak bola empat tahunan ini.

Teknologi VAR berfungsi untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang adil bagi kedua tim. Terdapat 13 wasit yang bertugas sebagai wasit video assisten. Mereka inilah yang akan terus mengamati jalanannya pertandingan dari beragam sudut kamera di stadion. Jika ada keputusan yang keliru dari wasit utama, maka para wasit ini bakal memberikan pemberitahuan.

Meski begitu, VAR hanyalah berperan sebagai pemberi saran. Semua keputusan akan diambil oleh wasit di lapangan.

Sayangnya, kehadiran teknologi canggih di Piala Dunia 2018 yang satu sempat mendapat kecaman. Pasalnya, VAR membuat sepak bola kehilangan sisi kemanusian dan dramanya.

2

Goal Line Technology

Mungkin kamu masih ingat dengan kejadian di Piala Dunia 2010 saat tendangan Frank Lampard ke gawang Jerman tidak disahkan menjadi gol oleh wasit padahal bola terlihat jelas sudah melewati garis gawang.

Pada Piala Dunia 2018 kali ini, hal tersebut tak akan terjadi. Pasalnya, FIFA sudah memakai teknologi garis gawang atau Goal-line Technology. Berkat teknologi canggih di Piala Dunia 2018, wasit akan dengan pasti menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.


CONTINUE READING BELOW

Ini Dia! 5 Fakta Unik Bola Resmi Piala Dunia Telstar 18 Yang Perlu Kamu Tahu!

Adidas menyediakan berbagai keperluan penyelenggaraan Piala Dunia. Dan sebagai aparel olahraga, Adidas menyediakan bola yang dijadikan bola resmi Piala Dunia. Untuk tahun ini, bola resmi Piala Dunia bernama Telstar 18.


Nah apalagi teknologi canggih di Piala Dunia 2018? Cek di halaman selanjutnya!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca