Bikin Bingung! Inilah Perbedaan Resident Evil 2 Versi Remake dengan Versi Jadul

Resident Evil 2 Remake diperkirakan bakal meluncur Januari 2019, ketahui perbedaannya dengan versi jadul!

Bikin Bingung! Inilah Perbedaan Resident Evil 2 Versi Remake dengan Versi Jadul

Resident Evil 2, bila menyebut nama game yang satu itu kita sebagai gamer pasti langsung tertuju pada satu gagasan bahwa game tersebut sangat seram di masanya. Di zaman dulu, hanya sedikit gamer yang mampu menamatkan game yang satu ini.

Sebagaian gamer lainnya harus menyerah karena memang game ini menyajikan tingkat kengerian di level yang berbeda. Bahkan game ini bisa dikatakan sebagai pionir dari perkembangan game horor zaman dulu.

Tapi era kejayaan itu telah usai dan Resident Evil 2 hanya menjadi legenda semata di benak para gamer khususnya gamer tahun 90-an. Tapi seperti melihat cela, Capcom sebagai developer dari game yang satu ini bangkit dan membuat ulang Resident Evil 2 dengan cita rasa kekinian.

Pengumuman itu dilontarkan di E3 2018 dan kita juga bisa melihat bagaimana game tersebut dibuat. Cita rasa kekinian yang kental membuat segalanya berbeda tentunya. Lantas apa sih bedanya Resident Evil 2 versi remake dengan versi jadul? Duniaku.net bakal membahasnya untuk kalian.

Source: Gamer Escape[/caption]

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok tentu saja sudut pandang kamera. Di versi remake, sudut pandang kamera yang ada di game ini adalah over the shoulder yang merupakan kamera 3rd person shooter andalan Capcom untuk seri Resident Evil.

Sudut pandang ini pertama kali diperkenalkan di Resident Evil 4 dan jagoan utama di seri tersebut juga Leon S kennedy. Di versi jadulnya, game ini memiliki sudut pandang kamera bebas layaknya God of War atau seri Devil May Cry.

Bikin Bingung! Inilah Perbedaan Resident Evil 2 Versi Remake dengan Versi Jadul Source: Player Theory[/caption]

Harus diakui, sudut pandang versi jadul memang sangat seram karena ketika kita masuk ke ruangan, bisa-bisa kita dikagetkan dengan zombie yang tiba-tiba muncul. Di versi remake, kita bisa langsung siaga ketika memasuki tempat atau ruangan baru. Tapi bila berbicara seram, versi remake ini juga sudah pasti seram kok dan pas pada era gaming saat ini.

Bikin Bingung! Inilah Perbedaan Resident Evil 2 Versi Remake dengan Versi Jadul Source: Dan of Geek[/caption]

Karakter di Resident Evil 2 remake juga ternyata diubah lho. Segala aspek yang ada diubah oleh Capcom untuk menghadirkan banyak kejutan dan juga agar kita merasakan sesuatu yang baru di dalam game ini. Desain Leon dan Claire yang merupakan sosok utama ditampilkan lebih realistis tentunya.

Selain itu jalinan cerita juga sedikit diubah untuk membuat kesan baru pada game ini. Salah satu yang mencolok adalah alasan Leon pergi ke Racoon City dan juga peran Marvin Branagh dalam kelangsungan gameplay di versi remake ini.

Di versi jadul, Leon datang ke Racoon City untuk perjalanan tugas, sedangkan di versi baru ia sengaja datang karena mengetahui bahwa Racoon City sedang dalam keadaan tak aman karena adanya sebuah larangan untuk datang ke sana.

Apalagi ya perbedaan antara Resident Evil remake dengan versi jadul? Yuk langsung meluncur ke halaman selanjutnya!

Source: Techraptor[/caption]

Salah satu hal yang berubah adalah item yang digunakan di dalam game ini seperti pistol, shotgun, atau yang lainnya. Pistol di dalam game ini berganti nama menjadi seperti milik Leon di Resident Evil 4 yakni Matilda dan pelurunya pun menjadi lebih sedikit yang tentunya saja punya tujuan agar game tersebut terasa lebih survival.

Di samping itu, ada juga beberapa item yang berbeda yang bisa kita dapatkan dan letaknya diacak oleh Capcom untuk memperkuat kesan baru pada versi remake ini. Karena tentunya bagi para veteran survival horor, menemukan item-item yang tersebar di Resident Evil 2 versi jadulnya adalah hal yang mudah. Bila diacak, siapa yang tahu?

Bikin Bingung! Inilah Perbedaan Resident Evil 2 Versi Remake dengan Versi Jadul Source: popgeeks.net[/caption]

Harus diakui bahwa perubahan paling kentara yang ada di game ini adalah maps. Resident Evil 2 versi remake menghadirkan maps yang jauh lebih kompleks, maklum saja, terkadang perspektif over the shoulder benar-benar membuat kita bingung. Apalagi di demonya kita diperlihatkan bahwa versi remake terdiri dari banyak ruangan dan banyak tikungan yang membuat kita pusing sendiri.

Di versi jadul, karena kameranya merupakan kamera bebas dan diam, kita bakal mengetahu patokan-patokan ketika sedang melakukan penelusuran untuk memecahkan puzzle atau mengoleksi item.

Dengan adanya perubahan maps ini gamer bakal merasa bahwa mereka disuguhkan oleh sesuatu yang benar-benar berbeda dan harus memutar otak dari awal lagi untuk melakukan eksplorasi atau memecahkan puzzle. Jangan lupa, dengan map berbeda kita juga jadi lebih waspada karena ada jumpscare yang bakal mengintai kita!


Sepertinya itulah beberapa hal yang berubah dari Resident Evil 2 versi remake. Perubahan yang ada tentunya bakalan membuat kita penasaran dan sulit untuk menerka apa yang bakal terjadi. Jika demonya sudah keluar, mungkin kita bisa menyimpulkan, apakah versi remake ini lebih baik dari versi jadul atau tidak?

Sumber: Gamerevolution dan Youtube/TheLazyMonday">

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU