Harus Tahu, Inilah 4 Ciri Game Mobile yang F2P Friendly

Nah ini, mimin pasti mencari ciri-ciri ini pas main game mobile yang F2P, biar ga kalah sama para whale..

Harus Tahu, Inilah 4 Ciri Game Mobile yang F2P Friendly

F2P (Free to Play) adalah salah satu skema bisnis dalam sebuah game, di mana para pemainnya dapat memainkannya secara gratis, akan tetapi memiliki konten premium di dalamnya. Hal yang selalu ditanyakan adalah apakah game ini F2P friendly?

Hal tersebut ditanyakan karena game F2P cenderung Pay to Win, atau konten premium yang disediakan oleh para developer adalah untuk memudahkan para pemainnya agar bisa menang.

Sehingga para pemain yang mengeluarkan uang lebih, akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menang dibandingkan para pemain yang tidak membeli konten premium atau hanya mengharapkan gratisan.

Nah kira-kira bagaimana ya ciri-ciri game mobile yang F2P friendly atau sangat bersahabat untuk para pemain yang hanya mengharapkan gratisan? Yuk kita simak saja langsung di bawah ini.

Harus Tahu, Inilah 4 Ciri Game Mobile yang F2P Friendly Sumber: IceXGame[/caption]

Game online tidak lepas dari berbagai macam event yang biasanya menawarkan banyak hal-hal spesial yang bisa didapatkan oleh para pemain.

Biasanya event ini berisi berbagai quest yang bisa diselesaikan oleh para pemain. Jika para pemain dapat menyelesaikan quest dengan baik, maka akan mendapatkan reward tertentu seperti diamond/ruby untuk membeli konten premium, konten premiumnya langsung dan sebagainya.

Dengan adanya event ini, diharapkan akan menarik para pemain gratisan dan menjadikan game lebih balance dibanding tanpa adanya event sama sekali.

Harus Tahu, Inilah 4 Ciri Game Mobile yang F2P Friendly

Biasanya konsep ini dimiliki oleh game-game MOBA seperti Mobile LegendsAOV, Onmyoji Arena dan lain sebagainya. Sebab, item premium hanya berbentuk kosmetik tanpa ada tambahan kemampuan tertentu.

Dengan adanya skema bisnis seperti ini, menjadikan para pemainnya yang tidak memiliki konten premium, seperti kostum spesial karakter tidak akan merasakan ketidakseimbangan dalam bermain dan tetap bisa bermain secara fair, sehingga menciptakan game yang F2P friendly.

Harus Tahu, Inilah 4 Ciri Game Mobile yang F2P Friendly

Jika kamu bermain beberapa game RPG di mobile. Ada waktu tertentu yang memberikan kesempatan untuk menarik gacha.

Jika kamu cukup beruntung, dari gratisan ini kamu bisa mendapatkan konten premium atau item yang bisa memperkuat karakter kamu dalam bermain. Sehingga kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk bisa bersaing dengan para whale (istilah untuk yang sering membeli konten premium dengan jumlah yang banyak).

Harus Tahu, Inilah 4 Ciri Game Mobile yang F2P Friendly

Hampir sama dengan poin kedua, hanya saja misi-misi ini tidak terpengaruh pada event. Beberapa misi dalam game itu sendiri terkadang ada yang memberikan reward Diamond/Ruby jika berhasil menyelesaikannya.

Diamond/Ruby ini bisa digunakan untuk menarik gacha atau membeli konten premium sehingga para pemain gratisan tentu saja bisa bersaing dengan para whale.


Main board game seru bareng komunitas se-Indonesia? Yuk ke BEKRAF Game Prime 2018! Tanggal 13-15 Juli 2018, di Balai Kartini Jakarta. Kamu bisa masuk secara GRATIS jika mengunjungi bit.ly/GamePrime18DN untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU