Review New Gundam Breaker: Game yang Terlalu Terburu-buru!

Wah ada apa nih dengan New Gundam Breaker, yaitu game terbaru dari serial Gundam? Langsung saja kamu simak review New Gundam Breaker berikut ini!

Review New Gundam Breaker: Game yang Terlalu Terburu-buru!

Jika penggemar serial Gundam seperti penulis mengatakan bahwa game New Gundam Breaker adalah game yang terlalu terburu-buru rilis, maka ada sesuatu yang tak baik di sini, lanjut baca review New Gundam Breaker berikut ini! New Gundam Breaker adalah game terbaru dari jajaran game Mobile Suit Gundam, dan menjadi serial keempat dari jajaran game Gundam Breaker. Meskipun begitu, New Gundam Breaker mengusung sesuatu yang berbeda.

 Kamu adalah sang protagonis di dalam cerita ini. Di sini, kamu adalah murid pindahan ke sekolah Gunbre High, yang mana pertarungan Gunpla Battle adalah salah satu topik panas di sini. Selayaknya cerita Shonen, ternyata ada organisasi jahat di sekolah ini, yaitu Lapras Nest. Tentu saja kamu sebagai anak baru harus bisa membawa kedamaian di sekolah Gunbre, dan jadilah kamu menghadapi organisasi tersebut dengan Gunpla milikmu. Dibalut dengan Unreal Egine 4, maka grafis yang ditampilkan game ini benar-benar ciamik dan memukau mata.

 Satu hal yang baru dan menarik di sini adalah sistem Inner Frame. Di sini, kamu bisa memilih beberapa Inner Frame atau rangka sesuai dengan gaya bermainmu. Selain itu, sistem Inner Frame ini memungkinkanmu untuk merubah bagian Gunpla milikmu di tengah pertarungan langsung. Singkatnya, kamu bisa memungut bagian Gunpla lawan yang lepas. Percaya atau tidak, bagi penulis ini adalah poin kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya adalah kita bisa merubah bagian Gunpla kita langsung jika merasa tidak cocok, kekurangannya tidak seperti game sebelumnya, kamu tidak bisa mengutil banyak bagian Gunpla lawan, karena hanya lima maksimal yang bisa kamu bawa, kecuali kamu menuju tempat recovery part dan di sana seperti tempat aman untuk meletakan bagian Gunpla yang kamu ambil.

Entah hanya perasaan penulis saja atau apa, namun game ini sepertinya menganut beberapa konsep gaya permainan Moba. Jika di tiga game sebelumnya peraturannya cukup sederhana, yaitu kalahkan semua musuhmu (yang sebagian besar musuh dengan Gunpla spesial) atau menghancurkan Monolith (semacam tower) milik lawan, maka di New Gundam Breaker ada beberapa kondisi untuk menang. Kamu harus menyelesaikan beberapa tantangan, dan tentunya harus rebutan dengan tim lawan. Setiap kali tantanga diselesaikan, maka kamu akan mendapatkan poin tergantung tingkat kesulitannya. Saat waktu habis, tim yang memiliki poin tertinggi maka dia yang menang. Loh, Moba-nya mana? Sama seperti game Moba, di mana semua karakter muncul dengan level rendah dan harus leveling di dalam pertandingan, ini juga, meskipun agak sedikit berbeda. Ex-Skills yang di game sebelumnya bisa langsung digunakan saat pertandingan dimulai, ini semuanya terkunci, dan bisa dibuka jika kita naik level di dalam pertandingan. Naik levelnya dengan cara membuka kotak yang berisi runner Gunpla (yang di tiga game sebelumnya runner ini adalah bagian Gunpla yang kita dapat), atau bisa dengan cara mengalahkan Gunpla kroco yang lemah.


Oke, langsung saja kita bahas tentang kelemahan game ini di halaman selanjutnya, karena itu, buka halaman kedua untuk lanjutan review New Gundam Breaker!

Bukan game Hentai

Sesuatu yang tidak pernah penulis sangka akan datang ke game Gundam, yaitu sistem Sim Dating atau berkencan dengan karakter di dalam game! Tentunya akan masuk ke dalam review New Gundam Breaker. Mungkin sistemnya memang tidak seekstrim game Sim Dating lain, namun tetap saja mengejutkan. Serial Gundam bahkan sejak Gundam 0079 memang penuh dengan Harem, meskipun beberapa tidak (contohnya Garrod yang sangat setia dengan Tiffa), namun memasukan unsur ini ke dalam game jelas sangat baru. Apakah sistem ini buruk? Tidak sepenuhnya buruk, namun tetap buruk. Karena hal ini, game utama memiliki enam jalur, yang masing-masing jalurnya datang dari 6 Waifu yang bisa kamu pilih. Lalu apa buruknya? Satu jalur tamat dengan sangat cepat! Penulis memainkan Gundam Breaker 3 membutuhkan waktu tamat selama 2 hari (dengan waktu permainan 4-5 jam seharinya), dan di game ini, tak sampai satu jam penulis sudah menyelsaikan satu jalur Waifu (mungkin bisa lebih cepat jika penulis tidak mix n match selama prosesnya).

 Secara mengejutkan untuk game PlayStation 4, masih ditemukan lag yang sangat mengganggu! Bahkan ada satu kondisi di mana game benar-benar diam dan tidak bergerak dalam waktu mungkin sekitar 10 detik. Loading dalam beberapa bagian juga terasa cukup lama. Ini adalah kekurangan yang sangat terasa, dan mungkin bisa diperbaiki dengan update.

 Tunggu di-update saja! Itulah kesimpulan dari penulis. Menariknya game ini mungkin kita bisa mendapatkan Gunpla dari serial baru, contohnya Atlas Gundam, Barbatos Lupus Rex, Tryon 3 (kesukaan penulis), dan yang terbaru bahkan sampai ke Gundam 00 Diver dan Age 2 Magnum. Namun dengan kondisi gaya permainan yang terkadang cukup menganggu (Seperti yang disebut di atas), maka penulis sarankan, tunggulah sampai ada berita update. Meskipun begitu, New Gundam Breaker tetaplah game Gundam yang sangat seru dan wajib kamu mainkan! Itulah review New Gundam Breaker dari Duniaku Network. Penilaian: 7,5/10


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi http://bit.ly/GamePrime18DN untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU