Orang Awam Sering Melakukan 3 Kesalahan ini Ketika Install Windows!

Install Windows itu mudah kok, caranya adalah bawa ke tukang service minta diinstallin.. :3

Windows adalah salah satu nama sistem operasi yang sangat populer digunakan untuk menjadi sistem operasi PC. Sistem operasi ini banyak digunakan oleh orang awam hingga para ahli komputer. Kegiatan penting yang sering dilakukan adalah melakukan install Windows.

Salah satu hal yang sebenarnya mudah tapi dianggap susah adalah cara meng-install Windows di PC. Baik install ke harddisk yang baru maupun install ulang karena adanya kerusakan pada PC.

Meskipun mudah, ternyata kebanyakan orang awam sering melakukan beberapa kesalahan dalam melakukan instalasi Windows.

Kesalahan ini biasanya membuat mereka panik karena tidak bisanya masuk ke sistem Windows itu sendiri. Hal itulah yang membuat mereka bingung karena tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Nah pada umumnya, orang awam sering melakukan 3 kesalahan ini ketika install Windows. Apa sajakah itu? Yuk kita simak!

1

Bluescreen karena AHCI

Orang Awam Sering Melakukan 3 Kesalahan ini Ketika Install Windows!

Biasanya hal ini dialami oleh para pengguna Windows versi lama seperti XP dan Windows 7 versi pertama. Setelah meng-install Windows ke dalam harddisk.

Mereka mengalami Bluescreen (pesan eror yang fatal dan tidak bisa boot ke sistem) dan tidak tahu apa penyebabnya. Mencoba untuk install ulang hingga mengganti hardware, tapi ternyata tidak berpengaruh apa-apa.

Hal ini terjadi biasanya karena Windows versi lama tersebut belum mendukung teknologi SATA atau biasa disebut dengan AHCI.

Teknologi tersebut baru bisa digunakan jika pengguna meng-install driver SATA atau AHCI setelah meng-install Windows. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kamu bisa memperbaikinya dengan cara mengganti mode pembacaan harddisk dari AHCI ke IDE di BIOS Setup. Caranya adalah ketika baru menyalakan PC atau laptop, kamu akan melihat tampilan dengan tulisan pencet tombol tertentu untuk masuk BIOS Setup.

Setelah itu, cari opsi dengan nama AHCI. Ubah pilihan AHCI itu ke IDE maka kamu akan bisa langsung masuk ke dalam sistem Windows.

2

File Corrupt

Orang Awam Sering Melakukan 3 Kesalahan ini Ketika Install Windows!

File corrupt juga menjadi kesalahan penting dalam melakukan instalasi Windows. Biasanya hal ini terjadi karena sudah rusaknya media instalasi seperti CD/DVD instalasi Windows.

Cara yang paling baik dalam melakukan instalasi Windows adalah menggunakan flashdisk karena lebih stabil dan lebih cepat.

Selain karena CD/DVD yang sudah rusak, ada juga kemungkinan hal tersebut terjadi karena memang ada beberapa file yang rusak karena beberapa faktor, seperti mengunduh file instalasi Windows yang belum sempurna.

3

Format Partisi

Orang Awam Sering Melakukan 3 Kesalahan ini Ketika Install Windows!

Jika kamu belum begitu mengerti masalah komputer, ada baiknya kamu meminta bantuan kepada teman atau orang lain yang lebih ahli dalam hal ini.

Kesalahan paling fatal dalam melakukan instalasi Windows atau bahkan sistem operasi lainnya adalah melakukan format partisi.

Format partisi pada dasarnya hanyalah melakukan format agar bisa dikenal oleh sistem operasi. Masalahnya adalah melakukan format ini akan menghapus seluruh isi partisi dalam harddisk.

Bayangkan saja jika terdapat file penting dalam harddisk kamu dan setelah itu file-file tersebut hilang karena terformat. Ya lebih baik serahkan saja pada ahlinya.

Nah itu dia berbagai kesalahan ketika install Windows yang sering dilakukan oleh orang awam. Sebelum melakukan instalasi, memang ada baiknya membaca cara menginstal dan melakukan backup berbagai file ke harddisk yang lain.


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi bit.ly/GamePrime18DN untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

Share this article

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung