Tak Ada Alasan Jelas, Tuntutan PUBG Corp untuk Epic Games Dibatalkan!

Sudah dituntut, eh ternyata dibatalkan. Gimana sih?

Masih ingat dengan kasus tuntut-menuntut dari PUBG Corp? Sudah hampir sebulan semenjak tuntutan PUBG Corp menuju Epic Games dilayangkan, dan saat ini PUBG Corp secara tidak jelas mencabut tuntutan tersebut.

Kasus tuntut dan menuntut bukanlah hal yang baru di industri gaming. Ditambah lagi, dengan sebegitu banyaknya game tiruan yang mencoba meniru suatu game, pengembang asli dari game tersebut tentu saja akan melindungi IP mereka.

Sudah ada berapa banyak game yang meniru PlayerUnknown’s Battlegrounds? Banyak! Bahkan, untuk smartphone saja sudah ada beberapa game yang terlihat sangat mirip baik dari sisi tampilan maupun gameplay yang ditawarkan.

NetEase selaku pengembang dari Knives Out dan Rules of Survival mendapatkan tuntutan dari pengembang PUBG. Tentu, kedua game ini memiliki kemiripan yang sangat identik dengan PUBG, namun kasus yang berbeda datang dari Fortnite yang dikembangkan oleh Epic Games.

 

Dikabarkan semenjak Mei lalu, PUBG Corp melemparkan tuntutan menuju Epic Games Korea pada bulan Januari. Alasannya cukup sederhana, pelanggaran hak cipta. wakil Presiden dari Bluhole sendiri menyebutkan kekhawatiran mereka akan Fortnite yang diduga meniru mekanika dari PUBG.

Melalui laporan ini, kedua belah pihak akan disidangkan di Seoul, Korea Selatan untuk membuktikan tuntutan PUBG Corp. Sudah sebulan semenjak berita tersebut terdengar dan tampaknya pengembang PUBG mulai mengundurkan diri dari tuntutan tersebut.

Tanpa ada alasan yang jelas, PUBG Corp membatalkan tuntutan tersebut. Hal ini cukup mengagetkan, pasalnya sang pengembang semenjak tahun lalu selalu melemparkan rasa kebencian mereka atas Fortnite yang hadir dengan mode permainan yang mirip.

 

Bahkan, PUBG Corp sendiri merasa resah dengan Epic Games karena engine yang digunakan untuk mengembangkan Fortnite merupakan engine yang sama yang digunakan untuk PlayerUnknown’s Battlegrounds.

Mungkinkah tuntutan ini akan kembali berlanjut? Mungkin saja, kita tunggu saja kelanjutannya.


Jadi yang pertama cobain game-game seru buatan developer Indonesia, dan menangkan banyak hadiah menarik! Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta, GRATIS! Klik bit.ly/GamePrime18DN untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia.

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.