Nyadar Gak? Inilah 3 Kerugian Download APK Dibanding Install Via Play Store

Mimin juga suka sih, tapi setidaknya dari situs yang terpercaya..

Suka download APK via situs dibanding install aplikasi via Play Store? Ternyata ada beberapa kerugian ketika mengunduh aplikasi via APK langsung dibanding menggunakan Play Store.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan file APK tidak terawasi dengan baik oleh pihak Google. Sehingga kita tidak tahu apakah file APK tersebut aman untuk di-install atau tidak.

Nah lalu apa saja kerugian yang bisa kita dapatkan jika download APK dibanding install aplikasi via Play Store? Yuk kita langsung saja simak 3 kerugian download APK dibanding install via Play Store.

1

Ada Kemungkinan Bervirus

Kerugian Download APK Dibanding Install Via Play Store

Seperti yang sudah disebutkan tadi. File APK yang di-download tidak menjamin bersih dari berbagai virus atau malware.

Hal ini disebabkan tidak adanya pengawasan dari Google. Satu-satunya yang bisa kamu harapkan adalah situs tempat kamu mengunduh file APK tersebut melakukan scan virus maupun malware.

Hanya saja apakah kamu bisa menjamin bahwa situs tersebut sudah melakukannya? Jika memang situs tersebut legal, seharusnya sih bisa terjamin.

2

Update Harus Manual

Kerugian Download APK Dibanding Install Via Play Store

Kekurangan dari mengunduh file APK adalah kita harus melakukan update secara manual. Berbeda dengan menggunakan Play Store yang bisa langsung mengunduh update secara otomatis.

Hal ini dikarenakan aplikasi berdiri sendiri tanpa ada portal yang mendukung untuk mengunduh secara otomatis. Beberapa aplikasi mungkin sudah memiliki update secara sendiri sehingga tidak perlu lagi melakukan update secara manual.

Hanya saja, ada berapa aplikasi yang memiliki fitur otomatis tanpa harus melewati Play Store?

3

Tidak Kompatibel dengan Gadget

Kerugian Download APK Dibanding Install Via Play Store

Terkadang memang ada aplikasi yang tidak akan muncul di Play Store ketika kamu akan mengunduhnya via Play Store.

Hal ini bisa banyak penyebabnya, bisa karena region lock (sang pengembang aplikasi tidak menyediakan ke daerah tertentu), atau juga karena ponsel kamu tidak kompatibel dengan aplikasi.

Kamu sebenarnya bisa saja memaksakan diri dengan cara download APK via situs luar. Tentu saja, jika kamu paksakan ada kemungkinan bahwa ponsel memang tidak kompatibel, sehingga kamu tetap saja tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut.


Main game gratis, cobain board game unik, belanja komik dan mainan dengan harga murah, hingga berfoto bareng cosplay Star Wars, bisa kamu lakukan di BEKRAF Game Prime 2018, 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta secara GRATIS! Klik bit.ly/GamePrime18DN untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung