Westworld Meniru Fallout Shelter? Inilah Jawaban Warner Bros.!

Benarkah Westworld hanyalah copy-paste dari Fallout Shelter?

Masih ingat dengan kasus dari Bethesda yang menyebutkan Westworld meniru Fallout Shelter? Nah, Warner Bros. sebagai publisher dari Westworld menjawab aduan tersebut dengan menyebut Westworld berbeda dari Fallout Shelter. Wah, beda di mananya ya?

Berawal dari kasus yang beredar pada Juni lalu, Bethesda membuat pengaduan mengenai game yang dirilis oleh Warner Bros. yang bernama Westworld. Melalui pengaduan tersebut, Westworld dianggap meniru banyak sekali aspek dari Fallout Shelter.

Dari trailer resmi yang ditampilkan, jelas terlihat banyak sekali kemiripan-kemiripan diantara kedua game, diantaranya adalah fitur untuk membangun berbagai macam ruangan yang dapat diakses di bawah tanah bersama dengan para karakter yang disebut sebagai host.

Aspek grafis dua dimensi yang ditawarkan, dunia bawah tanah yang memiliki layout yang sangat identik dengan Fallout Shelter, hal ini sudah pasti membuat Bethesda kesal, dan dari sinilah pengaduan tersebut berawal.

Ditambah lagi, Bethesda menduga Warner Bros. mencuri kode yang digunakan untuk mengembangkan Fallout Shelter dan diubah sedemikian rupa untuk menambahkan berbagai macam fitur agar tidak terlihat meniru Fallout Shelter.

 

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa pengembang dari Westworld merupakan Behaviour Interactive, studio pengembangan yang juga mengembangkan Fallout Shelter untuk Bethesda. Lantas, apa jawaban dari Warner Bros.?

“Kami (Warner Bros.) telah diyakinkan oleh Behaviour Interactive bahwa tuduhan dari Bethesda tidaklah benar dan tidak ada dari sepucuk kode pun yang diambil dari Fallout Shelter untuk Westworld“, Sebut Warner Bros. melalui wawancaranya bersama GamesIndustry.

westworld meniru fallout shelter - komentar netizen

Komentar para netizen yang menyebut kemiripan antar kedua game, Sumber: GameSpot.

Terlepas dari balasan WB, kedua game tersebut memang memiliki banyak sekali kemiripan, bahkan banyak pengguna yang menyebut kedua game memiliki bug yang sangat identik pada saat pertamakali rilis. Jadi, apakah Warner Bros. terbukti berbohong ataukah mereka ternyata dibohongi oleh Behaviour Interactive?


Main game gratis, cobain board game unik, belanja komik dan mainan dengan harga murah, hingga berfoto bareng cosplay Star Wars, bisa kamu lakukan di BEKRAF Game Prime 2018, 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta secara GRATIS! Klik bit.ly/bgp2018 untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia.

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.