Tahu Gak? Lukisan Jepang Ini Jadi Inspirasi Oda untuk Wano Kingdom!

Oda dan idenya yang menggila!

One Piece tampaknya telah memasuki Wano Kingdom arc. Kerajaan bernuansa Jepang kuno ini memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan budaya di wilayah One Piece lainnya.

Tidak hanya budaya seperti samurai, ninja, geisha, dan lainnya khas Jepang kuno, jika disimak lebih detil, nuansa di Wano ini seperti lukisan Jepang. Benarkah Oda terinspirasi dari lukisan Jepang untuk Wano nanti?

Barangkali jawabannya baru ketahuan di SBS mendatang, namun Duniaku.net akan membahas bukti bahwa Wano kingdom terinspirasi dari lukisan Jepang.

Lukisan Jepang yang dikenal sebagai ukiyo-e adalah sebutan untuk teknik cukil kayu yang berkembang di Jepang pada zaman Edo yang digunakan untuk menggandakan lukisan pemandangan, keadaan alam dan kehidupan sehari-hari di dalam masyarakat.

Dalam bahasa Jepang, “ukiyo” berarti “zaman sekarang,” sedangkan “e” berarti gambar atau lukisan.

Setidaknya pada bab 910, terdapat beberapa adegan dan desain yang berupa mirip lukisan ukiyo-e ini. One Piece sendiri pada dasarnyamemang mengadaptasi berbagai budaya di dunia dalam lokasi-lokasinya. Dan dengan nuansa Jepang kuno di Wano kingdom, maka gaya lukisan ukiyo-e semakin memperkental suasana Jepang kunonya.

Beberapa lukisan Jepang yang menginspirasi Wano kingdom di One Piece adalah sebagai berikut.

1

Kanagawa-oki nami ura

Kanagawa-oki nami ura (Arus Besar di lepas Kanagawa ) adalah lukisan pertama dari Fugaku Sanjūrokkei (36 Pemandangan Gunung Fuji) karya pelukis ukiyo-e, Katsushika Hokusai. Ini merupakan salah satu lukisan ukiyo-e terkenal karena keunikannya melukiskan ombak yang unik.

Suasana ini terasa pada saat Luffy dan kawan-kawan mengarungi ombak dan cuaca ekstrim di sekitar Wano kingdom. Bentuk ombaknya mirip dengan ombak di lukisan ini.

2

Rokujūyoshūmeishozue Awa Naruto no fūha

Rokujūyoshūmeishozue Awa Naruto no fūha (Provinsi Awa: Naruto Pusaran Air) adalah lukisan karya pelukis ukiyo-e, Utagawa Hiroshige. Lukisan ini merupakan bagian dari Rokuju-yoshu Meisho zue (60 pemandangan provinsi di Jepang).

Pada bab 910, ada pusaran air yang mirip lukisan ukiyo-e saat Luffy dan kawan-kawan baru saja mendaki air terjun.

3

Shimotsuke Kurokamiyama Kirifuri no taki

Shimotsuke Kurokamiyama Kirifuri no taki (Air Terjun Kirifuri di Gunung Kurokami di Shimotsuke) adalah lukisan karya pelukis ukiyo-e,Katsushika Hokusai. Lukisan ini merupakan bagian dari seri Shokoku taki meguri (air terjun dari berbagai provinsi).

Pada bab 910, air terjun yang didaki oleh Luffy dan kawan-kawan mirip dengan lukisan ukiyo-e ini.


Cek lanjutannya di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin