Rest In Peace, Kreator Komik Marvel Steve Ditko Telah Meninggal Dunia

Beberapa karakter Marvel ciptaan Ditko antara lain adalah Spider-Man, Doctor Strange, dan Squirrel Girl

Bagi kamu fan sejati Marvel pasti tahu mengenai salah satu kreator Marvel yaitu Steve Ditko. Kreator yang satu generasi dengan Stan Lee ini menghasilkan banyak karakter Marvel. Sayangnya kabar mengenai beliau terkini adalah kabar duka, karena Steve Ditko telah meninggal dunia.

Ditko meninggal pada usia 90 tahun. Pihak kepolisian New York, AS, mengatakan bahwa Ditko ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Manhattan pada 29 Juni 2018 dan dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis yang datang ke tempat itu.

Ditko lahir pada 2 November 1927 di Johnstown, Pennsylvania, AS.  Sejak lahir, Steve Ditko mulai jatuh cinta pada komik karena ayahnya. Komik-komik seperti Batman dan The Spirit menginspirasi Ditko untuk mengejar karir sebagai artis komik. Sejak perang dunia berakhir, Ditko belajar komik langsung di bawah Jerry Robinson, dan akhirnya menjual komik pertamanya pada 1953

Ia mulai terjun di dunia komik Marvel pada awal 1960-an. di industri inilah ia dipertemukan dengan legenda Marvel lainnya yaitu Stan Lee.

Beberapa karakter Marvel ciptaan Ditko antara lain adalah Spider-Man, Doctor Strange, dan Squirrel Girl. Biasanya konseptor memiliki ide mengenai sosok superhero, namun Steve Ditko yang mewujudkan gagasan itu di atas kertas. Contoh saja rupa Spider-Man dengan kostum khas merah biru dan pola jaring adalah perwujudan dari Ditko.

Ditko konon berseteru dengan Stan Lee dan keluar dari Marvel pada 1966. Ia sempat bergabung dengan DC Comics dan menciptakan karakter seperti The Creeper.

Berbeda dengan Stan Lee yang selalu muncul di panggung dunia Marvel baik sebagai cameo film Marvel maupun tampil di konferensi komik, Ditko justru berkebalikannya. Ia memilih diam di balik kemegahan selebritas dan enggan muncul di film-film karakter superhero rekaannya.

Ditko mengelola sebuah studio menulis di Manhattan sampai kematiannya. Hanya saja ia tidak memiliki anggota keluarga yang diketahui masih hidup. Ia juga tertutup, menolak hampir semua tawaran untuk melakukan wawancara, bertemu penggemar, atau muncul di pemutaran perdana film.

Bagaimana menurut kamu mengenai meninggalnya legenda Marvel, Steve Ditko? Manakah inspirasi kesukaanmu? Ingin mendiskusikan topik ini dengan temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag ya!

Oh ya, apa kamu lagi nyari acara budaya pop yang seru? Kamu bisa main game gratis, cobain board game unik, belanja komik dan mainan dengan harga murah, hingga berfoto bareng cosplay Star Wars, bisa kamu lakukan di BEKRAF Game Prime 2018, 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta secara GRATIS! Klik bit.ly/bgp2018 untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia!

 


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial