Ternyata Yellowjacket dan Ghost Ant-Man Berbeda Banget! Ini Buktinya!

Ghost yang merupakan penjahat Ant-Man and the Wasp ini menarik karena dia bener-bener kebalikan dari Yellowjacket. Ini buktinya!

Ghost dari Ant-Man and the Wasp adalah penjahat yang misterius.

Kalau kamu hanya mengikuti trailer saja, kamu mungkin akan mengira dia penjahat generik yang ingin memanfaatkan Alam Quantum untuk kehancuran. Namun ternyata dia lebih rumit dari itu.

Nah, penulis mencoba membandingkan Yellowjacket dan Ghost. Yellowjacket adalah antagonis dari film pertama Ant-Man.

Hasilnya? Sepertinya Ghost memang sengaja dibuat sebagai kebalikan total dari Yellowjacket! Inilah bukti-buktinya.

…tentu saja artikel ini mengandung spoiler untuk yang belum nonton Ant-Man and the Wasp.

SPOILER ALERT!!!

1

Gender dan Ras

Bahkan dari ini saja Yellowjacket dan Ghost sudah terbalik total, haha.

Yellowjacket adalah eksekutif laki-laki berkulit putih yang seratus persen penduduk Amerika Serikat. Sementara Ghost adalah antagonis perempuan berkulit cokelat dari Amerika Latin. (Argentina tepatnya).

2

Motivasi dan Moralitas Sebagai Antagonis

Nah, ini perbedaan antara Yellowjacket dan Ghost yang lebih menarik.

Tidak ada keraguan sedikit pun kalau Yellowjacket di Ant-Man adalah penjahat. Dia tidak ragu mengabaikan etika untuk meraih ambisinya.

Dia bahkan sudi bekerja sama dengan sisa-sisa HYDRA, kelompok yang sudah diungkap sebagai penjahat di The Winter Soldier.

Pada akhirnya, Yellowjacket melakukan semua yang ia lakukan sepertinya ya hanya untuk keuntungan dan ketamakannya.

Bagaimana dengan Ghost?

Ghost adalah sosok yang sudah menderita sejak kecil. Tubuhnya terjebak di dalam kondisi mengerikan akibat kecelakaan yang dialaminya dulu.

Pada dasarnya, yang diinginkan Ghost sekarang hanyalah cara untuk memulihkan dirinya sebelum dia lenyap. Memang ia ingin menyerap energi Janet van Dyne, namun ia melakukan itu murni karena ia tidak bisa memikirkan cara lain dan waktunya sangat terbatas.

Salah satu perbedaan paling jelas Ghost dengan Yellowjacket adalah saat mereka memiliki kesempatan menyandera anak Scott Lang.

Yellowjacket dengan senang hati memanfaatkan kesempatan itu. Di sisi lain, Ghost bisa ditenangkan oleh Ben Foster untuk tidak melakukannya.

Ghost pun hingga akhir tidak menyentuh Cassie Lang.

Rasanya karena ini sutradara Ant-Man and the Wasp menambahkan Sonny Burch yang memang penjahat tulen. Konflik Ant-Man menghadapi Ghost terasa lebih abu-abu, sampai penonton pun mungkin ada yang mendukung Ghost di awal.

Lanjutan pembahasan perbedaan Yellowjacket dan Ghost bisa kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.