Inilah 6 Teknik Andalan Goku! Masih Ingat Siapa yang Mengajarkannya?

Kamehameha jelas adalah teknik andalan Goku. Ingatkah kamu siapa yang mengajarkan dia teknik ini?

Darah Saiyan Son Goku membuat dia menjadi makhluk fana terkuat di Universe 7. (Kecuali Broly bisa menantangnya di movie nanti).

Namun ingatkah kamu kalau teknik-teknik andalan Goku tidak diperolehnya sendiri? Sebagian teknik itu dia peroleh dari pengajaran seorang guru.

Dipadukan dengan kekuatan Super Saiyan, teknik-teknik itu pun berkembang menjadi senjata yang bisa menyelamatkan semesta.

Inilah teknik andalan Goku dan para guru yang mengajarkannya!

1

Kamehameha (Diajarkan Master Roshi)

Di seri Dragon Ball orisinal, jurus Kamehameha debut pertama kali di episode delapan.

Pengguna teknik ini? Master Roshi, yang memanfaatkan Kamehameha untuk memadamkan Gunung Api. (Dia juga sekalian menghancurkan gunung itu).

Roshi mengaku butuh 50 tahun untuk mempelajari teknik ini.

Goku lalu mempelajarinya dengan sangat cepat, dan ia pun masih menggunakan varian Kamehameha hingga Dragon Ball Super tamat.

Faktor sejarah ini yang membuat Master Roshi menggunakan Kamehameha untuk menyingkirkan Ganos di Tournament of Power terasa sangat epik.

2

Spirit Bomb (Diajarkan oleh King Kai)

Di era Dragon Ball Super, King Kai mungkin adalah bulan-bulanan komedi. Hingga akhir seri dia bahkan masih belum dihidupkan lagi, meski dia sudah mati sejak Dragon Ball Z.

Namun jangan dilupakan kalau King Kai adalah sosok yang mengajarkan Goku salah satu teknik terkuatnya.

Melawan musuh yang tangguh dan beregenerasi terus-terusan? Spirit Bomb bisa jadi solusi, seperti yang Goku tunjukkan saat ia membinasakan Kid Buu.

Goku pertama diperlihatkan menggunakan Spirit Bomb ukuran kecil di bab 212. Spirit Bomb berukuran kecil ini ia gunakan untuk menghancurkan balok yang digerakkan oleh King Kai.

Oh, ngomong-ngomong soal King Kai….

3

Kaio-ken (Diajarkan oleh King Kai)

Sebelum Super Saiyan, inilah teknik andalan Goku untuk melawan musuh-musuh tangguh di era awal Dragon Ball Z.

Lalu Kaio-ken x20 ternyata tidak berguna untuk digunakan melawan Frieza, dan teknik ini pun seakan dilupakan. Terungkap kemudian kalau menggunakan Kaio-ken dalam kondisi Super Saiyan biasa bisa membahayakan penggunanya.

Saat Goku akhirnya bisa menguasai Super Saiyan Blue, yang energi Ki-nya lebih terkendali, Goku pun mulai mengintegrasikan teknik ini lagi.


Teknik andalan Goku lainnya, beserta informasi mengenai siapa guru yang mengajarkannya, dapat kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.