Berjasa Banyak! Ini Dia Karakter yang Diciptakan Steve Ditko

Spider-Man dan Doctor Strange itu buatan Steve Ditko, lho!

Dunia komik berduka dengan kepergian Steve Ditko. Salah satu komikus legendaris Marvel ini memiliki banyak karya dan kreasi. Nama-nama besar seperti Spider-Man dan Doctor Strange adalah hasil kreativitasnya. Kepergiannya telah meninggalkan jejak-jejak legenda di dunia Marvel.

Ditko meninggal pada usia 90 tahun. Pihak kepolisian New York, AS, mengatakan bahwa Ditko ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Manhattan pada 29 Juni 2018 dan dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis yang datang ke tempat itu.

Ditko lahir pada 2 November 1927 di Johnstown, Pennsylvania, AS. Sejak lahir, Steve Ditko mulai jatuh cinta pada komik karena ayahnya. Komik-komik seperti Batman dan The Spirit menginspirasi Ditko untuk mengejar karir sebagai artis komik. Sejak perang dunia berakhir, Ditko belajar komik langsung di bawah Jerry Robinson, dan akhirnya menjual komik pertamanya pada 1953.

Ia mulai terjun di dunia komik Marvel pada awal 1960-an. di industri inilah ia dipertemukan dengan legenda Marvel lainnya yaitu Stan Lee.

Steve Ditko tidak hanya berkarya di Marvel saja, namun juga di berbagai industri komik. Berbagai karakter merupakan perwujudan kreativitasnya. Barangkali wawasan mengenai karya beliau akan menjadi hal menarik bagi para fan komik barat.
Berikut adalah karakter yang diciptakan Steve Ditko.

1

Spider-Man

Spider-Man barangkali adalah karya Steve Ditko yang paling terkenal. Stan Lee memang menyusun konsep superhero berkekuatan laba-laba ini, namun Steve Ditko yang mendesain kostum merah biru berjaring ini.

2

Gwen Stacy

Gwen Stacy versi Amazing Spider-Man yang diperankan oleh Emma Stone

Kekasih pertama Peter Parker ini merupakan karakter rekaan Steve Ditko. Perannya tidak hanya sebagai kekasih Peter Parker saja, namun juga berpengaruh pada perkembangan dirinya menjadi Spider-Man. Memang kematian Gwen hingga sekarang berkembang menjadi Spider-Gwen maupun Gwenpool jauh terjadi setelah masa Steve Ditko, namun keberadaan Gwen menjadi kunci penting kisah Spider-Man dan dunia Marvel terkini.

3

Doctor Octopus

Doc Ock barangkali menjadi musuh terbesar Spider-Man. Memang ia bukan yang terkuat, namun keberadaannya terikat secara personal pada Spider-Man. Doc Oc pernah membunuh Spider-Man, bahkan merasukinya menjadi Superior Spider-Man dalam beberapa lama. Keberadaannya yang merupakan kreasi Steve Ditko menjadi berperan penting dalam perkembangan kisah Spider-Man.

4

Hawk & Dove

Sebelum ada Batman & Robin, Steve Ditko dan Steve Skeates menciptakan dynamic duo lainnya yaitu Hawk & Dove. Duet superhero ini terasa canggung, karena mereka memiliki prinsip dan ideologi yang saling bertolak belakang. Sayangnya kepopuleran karakter ini tidak berkembang hingga tak berlanjut di masa kini.


Karakter lain yang diciptakan Steve Ditko bisa dicek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial